Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi Agar Normal Kembali

Kenari adalah jenis burung yang hingga sampai sekarang ini masih banyak penggemarnya. Khususnya di negara kita yaitu Indonesia. Kenari memeliki banyak sekali kelebihan yang menjadikannya digemari oleh para pecinta burung kicauan yang ada di indonesia.

Tak hanya memiliki suara kicauan yang merdu. Burung kecil yang cantik ini juga banyak digemari sebab cara perawatannya yang cukup mudah dilakukan.

Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi
Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi

Sama halnya dengan burung kicau yang lainnya, untuk burung kenari ini juga tidak lepas dari masalah. Dan masalah yang paling kerap dialami atau dihadapi oleh pemilik burung, yaitu jika burung kenari sedang over birahi. Para pemeliharanya tentu harus tau cara mengatasi burung kenari over birahi.

Burung Kenari Over Birahi

Permasalahan over birahi pada burung kenari tentu saja sangat tidak diinginkan. Sebab hal tersebut sangat mengganggu para pecinta burung kenari, terlebih lagi untuk burung kenari yang sering diikutkan dalam acara lomba.

Mempunyai burung kenari yang over birahipastinya akan sangat mengganggu. Meskipun saat kenari sedang berada digantang, tempat lomba atau di rumah.

Pada burung kenari yang sedang mengalami over birahi biasanya tingkah lakunya akan sering menabrak jeruji tangkringan maupun naik-turun dari tangkringan satu ke tangkringan yang lain.

Khusus untuk burung Kenari lomba, pastinya harus memiliki level birahi yang dinilai sangat baik. Karena pada saat Kenari dalam kondisi birahi yang rendah birahi menyebabkan burung tidak mau kerja maksimal. Misalnya pada saat di gantangkan burung tidak ngotot serta banyak sekali diam maupun ngetem.

Keadaan burung kenari yang sedang over birahi tidak ada untungnya. Hal itu akan berdampak dengan kondisi burung justru kerap berubah galak serta burung menjadi agresif. Jadi untuk tenaganya akan cepat terkuras.

Banyaknya tenaga yang terkuras membuat burung kenari tidak bisa konsentrasi dalam mengeluarkan suara terbaik serta yang dimilikinya.

Dan hasilnya kenari yang kita ikut sertakan pada lomba maupun gantangan tidak memperoleh respon serta nilai dari juri . Cara mengatasi burung kenari over birahi bisa anda lakukan dalam perawatan hariannya atau perawatannya menjelang lomba.

Namun, jika ada hal seperti ini anda tidak perlu merasa khawatir, apabila burung kenari anda sedang over birahi. Berikut ini tips mudah atau cara mengatasi burung kenari over birahi yang bisa anda lakukan.

Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi

Anda bisa mengurangi porsi pemberian pakan biji-bijiannya pada burung kenari anda. Berikanlah buah mentimun dan buah pir secara rutin dan bergantian setiap harinya.

Jangan lupa untuk mengurangi makanan yang membuat birahi kenari jantan semakin tinggi misalnya seperti telur rebus, buah apel, kroto dan juga egg food. Kurangi juga waktu penjemuran dari yang pada umumnya anda lakukan.

Makanan Kenari Over Birahi
Makanan Kenari Over Birahi

Tambahlah frekuensi mandi burung kenari anda tersebut menjadi 3x sehari, jangan lupa untuk mencampurkan shampoo yang memiliki kandungan Aloevera.

Cara mengatasi burung kenari over birahi yang lainnya adalah dengan mengawinkannya. Caranya yaitu dengan menyatukan Kenari jantan yang sedang kondisi over birahi tersebut pada sangkar yang terdapat kenari betina siap kawin.

Anda bisa mengawasi sampai terlihat burung kenari jantan tersebut mengawini betina tersebut.

Lalu sesudah burung kenari jantan selesai dalam melakukan perkawinan, maka kenari jantan yang mengalami over birahi bisa segera diambil dari sangkar betina.

Selanjutnya dijauhkan jangan sampai melihat maupun mendengar suara yang betina lagi.

Hal tersebut bisa anda lakukan di setiap harinya hingga burung kenari bisa normal lagi seperti sedia kala.

Tinggalkan Komentar