Ciri-ciri Burung Kancilan Bakau dan Habitatnya Di Alam Liar

Burung Kancilan Bakau nama latinnya adalah Pachycephala Grisola. Kancilan bakau merupakan burung kicauan endemik asli Indonesia. Adanya burung endemik ini sebagian besar masyarakat telah mengenalnya.

Kepopuleran yang dimiliki oleh burung Kancilan Bakau terlihat dari banyaknya julukan pada burung tersebut. Diantaranya adalah burung Salakan dan juga burung Drodot.

Kancilan Bakau juga termasuk jenis burung kicauan yang terkenal mempunyai kicauan yang cukup merdu.

Habitat Burung Kancilan Bakau

Habitat Burung Kancilan Bakau
Habitat Burung Kancilan Bakau

Untuk daerah persebaran burung kancilan bakau ini berada di hampir seluruh daerah seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan juga di Lombok.

Bahkan burung Samyong yang termasuk kerabat dari burung ini hanya bisa ditemukan di daerah Lombok. Begitu pula dengan habitat hidup dari burung Kancilan Bakau yang banyak ada di wilayah dataran rendah kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut.

Dataran rendah yang menjadi habitat burung Kancilan Bakau pada umumnya di tepian pantai, hutan yang berada di pesisir, dan juga di hutan dataran rendah lainnya.

Ciri-ciri Burung Kancilan Bakau

Ciri-ciri Burung Kancilan Bakau
Ciri-ciri Burung Kancilan Bakau

Melihat ciri-ciri burung Kancilan Bakau memang terlihat serupa dengan burung Pelanduk Semak jika diamati dari sisi ukuran fisk serta corak pada warna bulunya.

Namun burung Kancilan Bakau bisa ditandai dengan warna abu-abu pada bagian hampir semua bagian tubuhnya. Hal ini juga tampak di bagian mahkota, tengkuk, punggung, dan sayap dibalut dengan warna abu-abu yang terlihat mencolok.

Di bagian ekornya terlihat berwarna cokelat muda yang menjorok pada cokelat keabu-abuan. Sedangkan di bagian dada serta perut yang termasuk bagian bawah tubuh burung tampak berwarna keputihan.

Kemudian untuk ukuran fisiknya tergolong cukup kecil yakni hanya kurang lebih 14 cm yang terhitung mulai dari pangkal paruh sampai bagian ujung ekornya.

Kehidupan burung Kancilan Bakau di alam liar terus hidup menyendiri dan sesekali pergi bersama dengan kelompoknya. Namun hanya pada jumlah yang begitu kecil sekitar dua atau lima ekor saja.

Tak hanya itu, burung Kancilan Bakau juga termasuk burung pemalu yang lebih gemar mengeluarkan kicauannya dari pada dengan menampakkan dirinya kepada manusia yang berada di dekatnya.

Sedangkan untuk makanannya jenis burung ini sangat menyukai serangga sebagai makanan utamanya. Kemudian untuk membangun sarangnya pada umumnya meletakkannya di atas puncak pohon supaya tidak ada satupun peredator yang mengincar dirinya serta telur yang dierami oleh burung betinanya.

Suara Burung kancilan Bakau

Kicauan burung kancilan bakau ini terdengar sangat nyaring seperti halnya suara yang melengking dengan nada cukup tinggi. Tak hanya itu saja, burung Kancilan Bakau yang berkicau juga bisa membunyikan nada kurang lebih enam tipe.

Selanjutnya akan di akhiri dengan memakai nada tinggi, namun menyentak seperti halnya suara cambuk yang dilibaskan pada permukaan lantai. Maka dari itulah menjadi ciri-ciri burung Kancilan Bakau yang khas ini.

Kemudian kelebihan dari burung Kancilan Bakau ini yaitu keahliannya dalam berkicau yang bisa mengingat banyak suara dari burung kicauan lainnya. Banyak juga yang menjadikannya sebagai burung masteran untuk burung kicauan lainnya.

Burung kancilan bakau ini bisa bersaing dengan jenis burung yang lainnya, sebab kicauannya cukup dikenal berkualitas. Di samping itu dibutuhkan berbagai macam perawatan yang khusus untuk menjadikan burung ini bisa berkualitas dan bisa dijadikan burung lomba.

Jika ingin menjadikan burung masteran anda juga harus melatihnya terlebih dahulu. Hal iniditujukan agar bisa gacor dan lantang suaranya.

Tinggalkan Komentar