Mengetahui Perbedaan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina

Di alam ini banyak sekali burung yang bisa dipelihara. Dari banyaknya jenis burung kicauan tersebut ada yang suka berkeliaran di sekitar kawasan perumahan atau perkebunan. Nah, untuk burung kicauan yang dimaksud adalah burung Ciblek Gunung.

Mungkin anda semua sudah banyak yang mengetahui burung ciblek gunung. Ciblek gunung ini merupakan jenis burung mungil yang memiliki mental tempur yang bagus. Selain itu, jenis burung i ni juga memiliki suara tembakan yang nyaring.

pinterest.com

Karena suara nyaring yang dikeluarkannya ini, burumg Ciblek Gunung ini memang kerap di jadikan sebagai burung masteran ataupun dijadikan sebagai burung lomba. Biasanya untuk jenis burung yang dijadikan sebagai burung lomba yaitu burung yang berjenis kelamin jantan.

Perlu anda ketahui jika antara Ciblek jantan dan betina perbedaanya memang tidak begitu terlihat mencolok. Namun, tetap saja kita masih dapat mengamati dengan jelas perbedaanya. Akan tetapi burung ciblek gunung jantan dan betina yang masih usia anakan akan sangat sulit sekali untuk dibedakan. Sebab, ciri khas yang dimilikinya sangat mirip.

Perbedaan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina

hbw.com

Ada beberapa cara yang mungkin dapat anda gunakan untuk membedakan mana burung ciblek yang jantan dan mana burung ciblek yang betina. Untuk langkah yang pertama anda semua dapat melihat warna bulunya.

Lalu untuk cara membedakan burung ciblek gunung jantan dan betina yang kedua bisa dengan melihat bentuk fisiknya. Sedangkan untuk yang cara yang ketiga bisa juga dengan melihat bentuk fisiknya.

Namun, berbagai macam cara ini mungkin hanya akan akurat apabila yang anda lihat ini merupakan burung ciblek gunung yang sudah dewasa. Berikut cara lengkap untuk membedakan ciblek jantan betina yang dapat anda coba.

Ciri Ciblek Gunung Jantan

Ciblek gunung yang jantan pada umumnya memiliki warna yang lebih gelap dari pada dengan yang berjenis kelamin betina. Untuk warna ini juga akan terlihat jelas di bagian dadanya. Dengan melihat ini anda bisa mengetahui perbedaan antara burung ciblek gunung yang jantan dengan yang betina.

Anda juga bisa melihat pada bagian paruhnya, untuk burung ciblek jantan pada umumnya akan memiliki warna yang berwarna hitam. Apabila anda mencoba membuka mulutnya / paruhnya rata-rata ciblek jantan memiliki warna yang lebih gelap atau cenderung berwarna hitam.

Selain itu, anda juga bisa mengamati pada bagian ciblek jantan cenderung mempunyai bentuk yang agak kecil dan cukup panjang. Untuk suara kicauannya yang dikeluarkan juga bisa lebih mantap apabila di bandingkan dengan ciblek betina.

Ciri Ciblek Gunung Betina

Untuk ciri khas dari burung ciblek betina ini pada umumnya mempunyai warna yang lebih cerah dari pada burung ciblek gunung yang berjenis kelamin jantan. Lalu, untuk bagian paruh juga mempunyai warna yang lebih cerah. Lain halnya dengan burung cbilek gunung jantan yang paruhnya terlihat berwarna hitam.

Mulutnya juga mempunyai warna yang lebih cerah serta cenderung berwarna agak kuning apabila di bandingkan dengan burung ciblek gunung yang berjenis kelamin jantan. Suara kicauannya pun juga tidak sepanjang yang dikeluarkan oleh ciblek jantan.

Kesimpulan yang bisa anda dapatkan yaitu anda bisa membedakan ciblek gunung jantan dan betina dengan mengidentifikasi warna paruh. Selain itu juga dengan melihat warna mulut dan juga warna bulu. Untuk cara tersebut telah terbukti ampuh untuk burung ciblek yang sudah dewasa.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar