Mengetahui Ragam Jenis Pakan Ciblek Agar Cepat Ngebren

Setiap pemelihara burung kicauan pastinya ingin burung kicauannya bisa memiliki suara yang berkualitas. Sama halnya dengan anda semua yang memelihara burung ciblek. Tentunya ingin burung ciblek anda bisa cepat ngebren dan memiliki suara kicauan yang bervariasi.

infobudaya.com

Jika anda ingin mendapati burung ciblek yang anda pelihara memiliki kicauan yang berkualitas, maka perhatikan pola perawatan di setiap harinya. Semuanya harus dilakukan dengan baik dan benar. Mulai dari masalah pemandian, penjemuran, pengembunan dan lain sebagainya

Jenis Pakan Ciblek Agar Cepat Ngebren

Namun, agar hasilnya bisa lebih maksimal, sebaiknya dalam pemeliharaan jenis burung ini juga didukung dengan makanan ciblek terbaik agar bisa cepat bunyi. Selain itu, untuk jenis pakan yang bisa diberikan kepada burung bersuara khas ngebren dan nembak ini juga bervariasi. Berikut ini adalah jenis pakan ciblek agar cepat ngebren.

Kroto

Kroto adalah jenis makanan yang memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Dan untuk jenis kroto yang biasanya diberikan yakni telur semut rangrang. Kemudian untuk pemberian jenis pakan telur tersebut, kicaumania biasanya memberikannya dengan jarang-jarang.

areablogger.com

Sebab, kandungan protein tinggi yang ada pada kroto, ada yang mengatakan jika jenis pakan ini bisa menjadikan suhu panas tubuh burung jadi meningkat. Dengan demikian bisa lebih rentan over birahi apabila disajikan secara berlebihan.

Serangga

Jenis pakan ciblek agar cepat ngebren adalah serangga. Ciblek menjadikan serangga sebagai makanan utamanya. Dalam serangga terdapat kandungan kadar protein tinggi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang burung.

Serangga yang diberikan yaitu belalang hijau, jangkrik, serta orong-orong. Beberapa jenis serangga tersebut memiliki ukuran yang lebih besar paruh burung, jadi tidak bisa langsung dilahap olehnya.

Agar mudah dicerna, sebaiknya anda memotong motong serangga tersebut sebelum memberikannya. Lalu pada bagian kepala, kaki, dan bulu atau sayap serangga sebaiknya dibuang karena cukup sulit untuk dikonsumsi.

Ulat

Ulat adalah salah satu jenis pakan ciblek agar cepat ngebren yang bisa anda berikan. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan protein yang tinggi. Selain itu, ulat juga termasuk pakan utamanya ketika ada di alam bebas serta sering digunakan untuk meloloh maupun menyuapi anaknya.

Telur Puyuh

Pakan ciblek seperti halnya telur puyuh ini sebenarnya bukan merupakan jenis makanan utama. Akan tetapi, hanya sebagai asupan tambahan yang berprotein tinggi. Dari pada dengan telur ayam dan itik, telur puyuh ini juga dinilai lebih bagus untuk diberikan pada burung.

Sebab, kandungan yang terdapat pada telur puyuh ini sering dipercaya bahwa lebih tinggi jika dibandingkan telur ayam dan itik. Maka dari itu, sebelum disajikan kepada burung telur harus direbus terlebih dahulu.

Untuk bagian yang paling bagus untuk diberikan yaitu berupa kuning telur atau yolk. Untuk bagian kuning telur yang ada memang lebih tinggi kandungan protein dibanding dengan bagian putih telur.

Voer atau Poor

Voer juga termasuk jenis makanan ciblek yang bermanfaat sebagai pakan pendamping tetapi juga harus selalu tersedia di wadah makannya. Karena pada voer tersebut ada kandungan protein, mineral, serta zat-zat lain yang belum tentu terdapat pada ktoro, serangga, ulat, dan juga telur puyuh.

Maka sediakan voer untuk burung peliharaan anda setiap harinya. Akan tetapi, sebab burung pemakan serangga seperti sirtu yang dijual di pasaran kebanyakan merupakan hasil tangkapan. Maka belum terbiasa mengkonsumsi poor.

Jadi anda harus selalu berusaha untuk melatihnya supaya mau menyantapnya. Untuk voer yangbisa anda berikan pada burung ciblek anda, yaitu yang berkadar protein sedang kurang lebih 12 sampai dengan 18%.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar