Cara Melatih Mental Burung Ciblek Agar Bisa Siap Lomba

Dalam perlombaan burung kicau, khususnya ciblek, penilaiannya tidak hanya berfokus pada suara kicauannya saja. Akan tetapi juga dilihat dari mentalnya yang bagus dan tidak takut dengan lawan mainnya. Maka dari itu, anda perlu melatih mental burung ciblek agar siap lomba.

Burung Ciblek yang memiliki mental kuat memang tidak didapatkan secara alami. Berbagai macam latihan harus diterima burung Ciblek. Diantaranya dari memperhatikan proses penjemuran, mandi, pakan, hingga dengan cara terbaik dalam menggantangnya. Berikut ini cara melatih mental burung ciblek agar siap lomba.

Cara Melatih Mental Burung Ciblek

Cara Melatih Mental Burung Ciblek
burungpedia.com

Rutin Memandikan

Supaya burung Ciblek anda memiliki mental yang kuat maka harus diperhatikan terkait dengan proses penjemuran dan memandikan. Mungkin, pada umumnya burung Ciblek hanya dimandikan dua atau tiga kali seminggunya. Atau untuk penjemurannya pun tidak dilakukan setiap hari.

Dalam masa pembentukan mentalnya, anda harus menambah porsi penjemuran serta memandikannya. Memandikan burung Ciblek untuk melatih mentalnya dapat anda lakukan setiap hari. Diantaranya dengan cara menyemprot memakai sprayer maupun dengan menyediakan keramba mandi di sangkarnya.

Supaya burung ciblek anda mau mandi setiap hari ini memang perlu waktu, sebab biasanya hanya mandi sekitar dua atau tiga kali dalam seminggu. Langkah yang harus anda lakukan supaya burung Ciblek dapat merespon untuk mandi yaitu dengan memancingnya menyemprotkan air pada beberapa bagian tubuhnya.

Penjemuran Burung Ciblek

Untuk melatih mental burung ciblek, anda perlu melakukan penjemuran setiap hari. Durasi penjemurannya bisa anda lakukan kurang lebih setengah hingga satu jam yang disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Penjemuran Burung Ciblek
ocehankenari.blogspot.com

Jika penjemuran dilakukan saat kondisi cuaca yang terlalu panas, maka durasinya bisa anda lakukan hanya sekitar setengah jam saja. Sebaiknya untuk waktu penjemuran pada pagi hari sekitar pukul delapan hingga pukul sepuluh pagi.

Apabila anda bisa rutin memandikan dan menjemur burung Ciblek setiap hari, maka secara perlahan mentalnya pun bisa terbentuk dan mendorongnya lebih rajin bunyi dan juga bisa lincah.

Pemberian Pakan Bernutrisi

Makanan yang anda berikan untuk burung Ciblek ternyata juga berpengaruh terhadap kualitas mentalnya supaya tidak mudah takut dengan burung sejenis. Ciblek sebaiknya anda berikan pakan yang mengandung ragam nutrisi seperti protein, lemak, vitamin, dan lainnya.

Dengan pemberian pakan yang bernutrisi, maka bisa mendorongnya untuk rajin bunyi dan semangatnya tetap terjaga. Tak hanya itu saja, jenis makanan yang diberikan kepada burung Ciblek ketika masa pembentukan mentalnya juga sangat beragam.

Diantaranya mulai dari voer, jangkrik, ulat hongkong, kroto, telur puyuh, serta bernagai macam sayuran. Pakan tersebut bisa anda berikan langsung kepada burung Ciblek dengan ditaruh pada tempat pakannya.

Bisa juga anda mengolah terlebih dahulu dengan menggabungkan beberapa jenis pakan. Hal ini dilakukan supaya pemberian berbagai jenis pakan yang bernutrisi ini bisa memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuhnya.

Selain itu, tujuannya upaya mental burung ciblek bisa menjadi semakin kuat untuk mudah merespon ketika dilatih berkicau serta bisa mengulanginya kembali.

Perhatikan Letak Gantangan

Melatih mental burung ciblek bisa anda lakukan dengan menggantangkannya sekitar 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Menggantang burung Ciblek ternyata harus dengan ketinggian sekitar empat meter dari atas tanah.

Sebaiknya ketika menggantang tidak berdekatan dengan burung sejenis atau yang mempunyai sifat petarung seperti burung Murai Batu dan juga burung Kacer. Tujuannya supaya burung ini tidak banyak bergerak dan menabrak-nabrak sangkar.

Tinggalkan Komentar