Cara Melatih Burung Cililin Makan Voer dengan Mudah dan Cepat

Cara melatih burung cililin makan voer dengan mudah dan cepat perlu dilakukan saat anda ingin mencoba memelihara burung cililin di rumah. Perlu diketahui jika voer menjadi salah satu makanan yang harus diberikan pada burung peliharaan anda mulai dari trotolan.

Manfaat voer juga banyak sekali untuk sarapan, terlebih lagi cililin. Perlu anda ketahui jika voer sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung cililin.

Akan tetapi, terkadang terjadi pada saat cililin tak mau makan voer. Oleh sebab itu, anda harus tau bagaimana cara mengatasinya supaya burung mau makan voer.

Voer juga menjadi makanan pokok untuk burung pemakan serangga seperti halnya cililin, jalak suren, jalak putih, anis kembang, cucak ijo, burung cucak cungkok, dan lain sebagainya.

Untuk masalah perawatannya, voer juga kerap dicampur dengan kroto supaya rasa dan nutrisinya bisa menjadi lebih banyak. Tak hanya itu saja, voer juga membantu dalam meningkatkan volume tubuh, dengan demikian burung terhindar dari kekurusan.

Cara Melatih Burung Cililin Makan Voer

hbw.com

Rata-rata cara melatih burung cililin makan voer diberikan untuk burung bakalan atau anakan. Maka dari itu, pemilik diwajibkan supaya bisa telaten dan konsisten, supaya bakalan cililin tidak mudah mati.

Dalam mengatasi burung cililin yang susah atau tidak mau makan voer, sebaiknya anda bisa konsisten, ketekunan, dan kesabaran, sebeb cililin kadang memang susah dalam perawatan.

Terlebih lagi burung cililin ini termasuk burung yang mudah sekali terkena stress. Berikut ini merupakan bagaimana cara mengatasi serta melatih cililin makan voer untuk burung cililin.

Memakai Pisang atau Buah-Buahan

Pada umumnya, burung cililin juga suka dengan buah-buahan. Buah segar dapat anda manfaatkan sebagai pancingan supaya burung cililin mau memakan voer. Anda bisa mencoba untuk menaburkan voer pada pisang maupun buah-buahan yang lain.

Anda bisa memakai buah yang mempunyai kadar air yang banyak supaya voer kering dapat menempel dengan baik. Penggunaan voer jenis lain dapat dipakai dalam metode ini, yang penting semuanya bisa menempel.

Dengan pemberian makanan yang disukai cililin, maka voer akan dimakannya. Sehingga, pancingan seperti ini bisa sangat bermanfaat. Tak hanya itu saja, pemberian campuran buah dan voer juga tidak berbahaya, namun dapat menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung.

Lakukan Dengan Konsisten

flickr.com

Apabila burung cililin anda benar-benar tak mau memakan voer, jangan hanya melakukannya sekali. Lakukan cara ini dengan sabar dan konsisten. Pada saat hari pertama, anda bisa memberikan voer yang sedikit dan dapat anda makanan lain supaya bisa menarik perhatikan.

Pada saat hari kedua, anda bisa meningkatkan sedikit untuk memberikan kesanjika voer enak dimakan oleh burung itu. Lakukan terus hingga burung cililin mau memakan voer secara langsung tidak dengan campuran apapun.

Pada saat anda menerapkan metode yang pertama, kurangi pemberian namun pemberian campuran voer tetap pada takaran

Letakkan Voer di Bawah Gantungan Jangkrik

Untuk cara melatih burung cililin makan voer selanjutnya masih dengan sedikit pancingan. Untuk bahan yang harus digunakan yaitu berupa tali, seekor jangkrik, dan cepuk makanan yang sudah di isi voer.

Anda bisa memberikan jenis voer apa saja, yang terpenting burung cililin suka dengan voer tersebut. Anda bisa menggantungkan satu ekor jangkrik yang ada tepat berada di atas capuk makanan yang berisi voer.

Dengan melakukan berbagai macam cara melatih burung cililin makan voer ini dengan telaten, maka burung cililin anda akan bisa terbiasa makan voer.

Tinggalkan Komentar