Mengenal Lebih Dekat Tentang Burung Kolibri Kelapa

Kali ini kita akan mengenal lebih dekat tentang burung kolibri kelapa. Seperti jenis burung madu yang lain, burung manggar atau kolibri kelapa ini juga memiliki warna bulu mengkilap metalik dan khas.

Kolibri kelapa mempunyai warna metalik yang menghiasi bagian kepala sampai tengkuk dengan warna biru yang cantik. Terlebih lagi bila terkena sinar matahari, keindahan warnanya akan tampak mengkilap seperti berminyak.

youtube.com

Burung kolibri kelapa jika ditinjau dari suara kicauannya memiliki kualitas yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan jenis lain. Suara dari kolibri kelapa juga identik dengan crecetan atau besetan khas yang sangat rapat ,melengking dan kencang.

Dengan demikian, suara kicauan dari kolibri manggar atau kolibri kelapa ini sangat khas. Ditambah dengan parasnya yang begitu cantik, menjadikan banyak orang tertarik untuk merawatnya.

Karakteristik Burung Kolibri Kelapa

Sementara untuk membedakan jantan dan betina juga sangat mudah. Saat sudah dewasa, kolibri kelapa jantan akan tampak jelas memiliki tanda warna hijau mengkilap di bagian punggungnya, serta mempunyai mahkota.

Sementara itu untuk kolibri kelapa mempunyai sifat yang cukup agresif. Umumnya, burung ini sering mengusir burung madu yang lain bila ada yang datang mencari madu di sekitarnya.

Keunikan lain juga terlihat pada sarang burung kolibri kelapa. Sarangnya membentuk seperti kantung yang menggantung. Sarang terbuat dari serat rumput kering, umumnya berada di lokasi yang sepi, rindang dan nyaman.

Kolibri manggar atau kolibri kelapa mempunyai nama latin yaitu Anthreptes Singalensis. Saat berada di alam liar, maka burung ini sering kali dijumpai di kawasan perkebunan kelapa, hutan mangrove dan pinggir pantai.

Mereka sering berkeliaran di sana untuk mencari makanan berupa berbagai macam serangga kecil. Seperti kupu-kupu kecil, laba-laba dan menghisap nektar dari bunga yang bermekaran. Seperti bunga pisang, bunga kelapa, bunga sepatu dan lain sebagainya.

Perawatan Kolibri Kelapa

Untuk merawat burung kolibri memang tergolong dalam perawatan yang cukup sulit. Bila dibandingkan dengan berbagai macam burung kicau yang punya bentuk paruh pendek, maka kolibri lebih memerlukan perhatian ekstra. Sebab jenis burung madu ini mempunyai paruh yang berbentuk kecil dan panjang.

Tipsburung.com

Dengan begitu, hal ini akan membuatnya sulit jika harus menyantap makanan yang disediakan oleh pemilik dalam wadah pakan dalam sangkar. Seperti serangga kecil dan voer.

namun ternyata itu semua tak berlaku bagi jenis burung kolibri kelapa ini. Sebab, bentuk paruh kolibri kelapa relatif besar, sehingga perawatannya juga lebih mudah.

Persebaran Kolibri Kelapa

Hal yang perlu anda ketahui tentang kolibri kelapa ini adalah, burung ini persebarannya cukup luas di kawasan Asia. terbukti dari semenanjung Malaysia, Filipina sampai ke Negara Indonesia sudah cukup banyak ditemukan burung ini.

Di wilayah Indonesia sendiri, kolibri kelapa ini banyak dijumpai di provinsi Sunda besar, Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Burung ini mempunyai volume suara yang keras. Sehingga burung ini pantas untuk dijadikan sebagai masteran untuk burung kicau. Khususnya untuk mengikuti perlombaan. Jadi tak heran, jika saat ini banyak orang yang telah menerapkan mastering dengan memanfaatkan kolibri kelapa ini.

Dengan mengetahui seperti apa karakteristik, ciri khas dan persebaran burung kolibri kelapa ini. Sekarang anda semakin tahu dan mengenal seperti apa kolibri kelapa itu. Bagi anda yang sedang mencari masteran untuk burung kicau. Maka kolibri kelapa ini bisa jadi alternatif terbaik untuk anda.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar