Cara Budidaya Burung Ciblek Kristal dengan Mudah

Burung ciblek termasuk salah satu burung kicauan berukuran kecil dan memiliki suara kicauan yang cukup merdu. Ada beberapa jenis burung ciblek yang perlu anda ketahui. Salah satu diantaranya yaitu burung ciblek kristal.

Ciblek kristal memiliki ciri khas, diantaranya seperti bulu yang ada di bagian punggung berwarna hitam agak kebiruan. Kemudian, untuk bentuk tubuhnya ideal memanjang, suara tembakan yang bening, rapat dan juga panjang. Kemudian, untuk bulu di bagian dada sampai dengan bagian pangkal ekor berwarna putih polos dan warna abu abu yang ada sekitar leher yang berbentuk seperti kalung.

Cara Budidaya Burung Ciblek Kristal

pengicau.net

Untuk anda yang ingin memeligharanya dengan dibudidayakan, untuk budidaya burung ciblek kristal ini caranya sebenarnya hampir serupa dengan ternak burung ciblek lain seperti yang akan diulas berikut ini.

Persiapan Kandang Budidaya

Untuk tahap persiapan awal budidaya ciblek kristal, kandang juga menjadi salah satu hal yang sangat penting. Ukuran minimal kandang yang dapat anda pakai yaitu 60 cm x 90 cm x 90 cm. Anda bisa mengisi pada bagian dalam kandang dengan tanaman semak supaya ada sensasi seperti di alam. Pastikan anda menempatkan kandang pada kondisi yang aman dan nyaman.

alihamdan.id

Memilih Indukan

Pemilihan induk adalah hal yang paling penting untuk budidaya burung ciblek kristal. Sebab, tujuannya untuk memberikan hasil anakan juga berkualitas. Untuk ciri jantan berkualitas diantaranya yaitu sehat serta tidak mempunyai cacat tubuh.

Kemudian juga memiliki suara yang sudah mengkristal, tubuh besar, dan sifat fighternya tinggi. Setelah itu, untuk indukan betina yaitu merupakan indukan yang sehat dan tidak memiliki cacat tubuh, agresif, telah berumur lebih dari 6 bulan.

Membedakan Jenis Kelamin Indukan

Di dalam membedakan antara ciblek kristal jantan dengan betina, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Diantaranya dengan melihat ciri ciri fisik dari indukan yang berbeda. Ukuran tubuh ciblek kristal jantan lebih besar jika dibandingkan dengan yang betina. Untuk suara kicauan ciblek kristal lebih aktif dari pada dengan yang betina. Ekor ciblek kristal jantan lebih panjang, kemudian warna sayap yang lebih gelap dari pada yang betina.

Ciblek kristal jantan paruh bawahnya berwarna putih dengan ujung hitam atau hitam menyeluruh. Kemudian untuk yang betina paruh bawahnya yang berwarna putih pucat. Burung ciblek kristal yang jantan juga mempunyai kuku yang terlihat kusam pada waktu masih muda. Kemudian untuk yang betina mempunyai kuku yang terlihat bersih.

Penjodohan Ciblek Kristal

Untuk proses penjodohan ciblek kristal dalam budidaya burung ciblek kristal, burung ciblek kristal jantan dan betina dapat didekatkan pada kandang yang berbeda. Untuk jangka waktunya yaitu selama 1 hari. Dan jika masih belum ada respon maka jauhkan terlebih dulu agar tidak saling melihat.

Ulangi cara yang sama untuk hari yang berikutnya serta tambahkan dengan makanan tambahan berupa 1 sendok teh ulat hongkong pada pagi hari. Kemudian 1/2 sendok makan kroto pada siang hari serta 2 ekor jangkrik untuk sore hari.

Calon indukan yang saling respon ditunjukkan dengan kedua burung yang berkicau saling bersahutan dengan irama yang serasi. Akan tetapi, jangan langsung disatukan pada kandang yang sama dan jaga jarak antara indukan, akan tetapi tetap bisa saling melihat dan sesekali dijauhkan kembali. Lakukan cara ini berkali kali sampai ciblek kristal anda saling berjodoh.

Persiapan Sarang Ciblek Kristal

Untuk cara budidaya burung ciblek kristal selanjutnya yaitu dengan persiapan sarang dan tempat bertelur. Untuk sarangnya anda bisa memakai gelas plastik atau juga bisa menggunakan kotak kayu yang seukuran sama dengan gelas. Setelah itu, di dalanya bisa anda kasih serat nanas.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar