13 Jenis Pakan Tambahan Burung Kenari yang Bikin Rajin Bunyi

Punya suara merdu, jenisnya beragam dan warnanya indah, itulah burung kenari. Saat mendengar suara kicauan burung kenari, para pecinta burung terutama burung kicau baik yang masih pemula maupun yang sudah senior pasti bisa menebak walaupun belum melihat sosok burung kenari itu.

Pakan tambahan burung kenari sangat diperlukan supaya burung kenari bisa semakin gacor dan rajin bunyi. Agar burung bisa ngerol panjang dan rapat serta diiringi cengkok merdu bisa memikat hati para pecinta burung.

Populasi burung kenari ini kian hari kian meluas dan sudah tersebar di mana-mana karena penangkaran yang dapat dibilang mudah dan bisa membawa hasil memuaskan.

Perawatan dengan Pakan Tambahan Burung Kenari

hobi-burungku.blogspot.com

Jika anda memelihara burung kenari, bisa dibilang perawatannya cukup mudah. Sebab, pada prinsipnya burung ini mudah untuk beradaptasi. Selain itu juga cepat berkicau dan gacor. Namun tak menutup kemungkinan bahwa burung ini bosan bila di dalam perawatan kesehariannya tak ada perlakuan lebih. Khususnya dalam pemberian pakan.

Pemberian pakan tambahan burung kenari sangat penting untuk dilakukan. Pada dasarnya pemberian pakan utama burung kenari seperti biji-bijian, tapi tetap saja memerlukan berbagai macam nutrisi tambahan dari sayuran, buah dan protein hewani.

Burung kenari yang hidup di alam liar biasanya akan memakan segala macam biji-bijian yang punya manfaat dan kandungan yang beragam.

Salah satu kunci agar sukses merawat burung kenari supaya bisa menghasilkan yang terbaik yaitu dengan berusaha menjaga burung selalu sehat.

Kesehatan burung kenari selain didapatkan dari segi perawatan juga dari pemberian pakan berkualitas. Tentunya ini sudah pasti jadi faktor paling utama.

Saat memberikan  pakan tambahan yang beragam dan selang seling. Hal ini diyakini dapat menjadikan burung nyaman dan betah. Burung juga akan terhindar dari stres. Tapi dalam hal ini anda harus tetap paham seperti apa kandungan serta durasi pemberian makanan tersebut. Sebaiknya jangan memberikan pakan burung walaupun banyak mengandung gizi bila makanan itu tidak disukai. Seperti saat anda memberikan makanan burung cendet seperti ulat jerman atau jangkrik kepada burung kenari. Sudah bisa dipastikan burung kenari tak mau  menyantapnya.

Lantas seperti apa makanan tambahan kenari yang disukai agar kondisi serta kualitasnya bagus? simak jawabannya selengkapnya di bawah ini.

1. Kroto

Sebenarnya banyak kandungan protein di dalam kroto. Tetapi saat ini kroto itu keberadaannya sudah mulai langka di kios burung. Jadi, ada banyak kicau mania yang sekarang beralih ke pakan tambahan yang lain yang lebih mudah didapat.

2. Daun Ginseng

Sebagian besar orang Korea memanfaatkan daun ginseng sebagai alternatif pengobatan tradisional. Manfaat daun ginseng ternyata baik juga untuk burung kenari.

Daun ini bisa menjadi sumber energi untuk meningkatkan sirkulasi darah, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bisa menjaga berat badan kenari. bahkan keseimbangan hormon kenari juga bisa terjaga dengan daun ginseng ini.

3. Apel

Kenari suka makan buah-buahan yang manis seperti apel. Kandungan vitamin dalam buah apel baik sekali untuk tumbuh kembang burung dan untuk menjaga kebugarannya.

Sebagai pakan kenari, sebaiknya anda pilih apel yang manis dengan memotong buah apel dan digantung dalam sangkar.

4. Jagung Muda

Pemberian jagung muda cocok sekali untuk burung kenari lomba. Jagung muda yang dipilih adalah jagung yang kecil-kecil. Di dalam jagung muda terdapat kandungan vitamin, kalori, juga mineral yang sangat bagus bagi kesehatan burung.

5. Telur Puyuh

Telur puyuh menjadi makanan tambahan yang cocok untuk kenari karena kandungan proteinnya yang tinggi. Ada banyak resep racikan pakan tambahan kenari yang bahannya terbuat dari telur puyuh.

Umumnya pakan tambahan dari telur puyuh ini diberikan saat burung kenari sedang memulihkan kondisi tubuh atau menjelang perlombaan.

6. Daun Mengkudu

Belakangan ini buah mengkudu dikenal dalam dunia medis sebagai salah satu tumbuhan yang bisa menyembuhkan kanker. Namun yang dimanfaatkan kali ini bukanlah buahnya, tetapi daunnya.

Daun mengkudu bisa digunakan sebagai pakan tambahan untuk burung kenari. Selain digemari burung kenari, daun mengkudu ini juga memiliki kandungan serta fungsi yang baik.

Ternyata, daun ini bisa membersihkan kuman dan kotoran yang menempel di saluran pernafasan. Ini bisa menjadikan suara burung kenari bisa semakin tajam dan lantang.

Pemberian pakan tambahan berupa daun mengkudu ini hanya untuk penyembuhan saja. Misalnya saat suara burung kenari malas atau serak saat berkicau saja.

7. Biji Fumayin

Pada zaman dahulu, biji ini dikenal sebagai pakan yang bisa membuat kenari gacor. Tetapi saat ini peredarannya sudah mulai dibatasi. Sebab efeknya bisa membuat burung kenari kecanduan.

Bahkan saat ini orang yang menjual biji fumayin ini bisa berurusan dengan pihak berwajib, biji fumayin ini juga mengandung zat aditif.

8. Milet Putih

Pakan berupa milet putih ini pastinya sudah jadi menu sehari-hari dari jenis burung pemakan biji-bijian. Manfaat yang dihasilkan dari milet putih ini adalah untuk membuat burung rajin untuk berkicau dan bisa menambah energi burung tersebut.

9. Selada

udikhangeblog.wordpress.com

Saat burung kenari memakan selada, ini bisa membuat burung terhindar dari bahaya radikal bebas. sebab, di dalam selada ini terdapat kandungan antioksidan. Selain itu, dengan memberi daun selada sebagai pakan tambahan burung kenari akan membuat bulu burung ini semakin cerah dan tak akan terlihat kusam.

10. Ulat Hongkong

Saat burung kenari bosan dengan pakan berupa milet putih, maka anda bisa memberi pakan tambahan yaitu ulat hongkong. Ulat ini bisa mendongkrak energi juga stamina burung kenari dalam ajang perlombaan.

Selain itu, pemberian ulat hongkong juga bisa menaikkan birahi, meningkatkan performa lomba dan membuat burung kenari rajin bunyi.

11. Niger Seed

Pakan burung kenari ini umumnya sudah banyak digunakan para pecinta burung kenari. Meski biji-bijian ini kecil, tapi jangan dianggap remeh. Niger Seed banyak sekali kandungan lemak, minyak dan juga protein tinggi.

Niger Seed ini sifatnya panas dan cocok sekali bila diberikan sebagai pakan burung kenari saat cuaca sedang dingin. Selain itu juga saat burung rontok bulu atau ngurak, pakan ini sangat direkomendasikan.

Pakan Niger Seed ini juga dapat dijadikan sebagai pendongkrak birahi dari burung indukan saat proses penangkaran. Takaran pemberian pakan burung kenari ini jangan terlalu berlebihan. Bisa diberikan 1/4 bagian di cepuk yang isinya canary seed ketika burung kenari sedang membutuhkannya.

12. Gambas

Oyong atau gambas ini bisa mengatasi gangguan pernapasan, bisa mengatasi radang tenggorokan, menajamkan penglihatan burung bisa sebagai obat cacing.

Selain itu juga bisa mengatasi burung kegemukan, antioksidan, menurunkan panas tubuh pada burung, memancing burung cepat bunyi dan menstabilkan birahi burung.

13. Buah Jeruk

Kita semua tahu buah jeruk itu kaya kandungan vitamin C. Vitamin C dalam buah jeruk sangat bagus untuk membuat daya tahan tubuh kenari semakin kuat. Selain itu, pakan tambahan burung kenari ini juga bisa melancarkan pencernaan burung, menguatkan tulang dan lain sebagainya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar