Trik Membuat Burung Anis Merah Teler dan Gacor

Burung anis merah memiliki kebiasaan teler yang unik. Burung ini pun bisa berkicau dengan lantang dan merdu. Bagaimana cara melatihnya? Populasi burung anis di Indonesia tergolong cukup banyak. Jenisnya pun bermacam-macam. Namun, anis yang paling populer dijadikan sebagai peliharaan adalah anis merah (Zoothera citrina). Bukan saja karena suaranya, tetapi juga penampilannya yang memukau.

Salah satu keunikan yang bisa dijumpai pada anis merah adalah kebiasaannya menggoyang-goyangkan kepala ke kanan dan kiri dengan tubuh yang lemas. Gerakan ini dikenal dengan istilah “teler”. Anis merah juga bisa berkicau sambil teler. Pemandangan ini tentu sangat bernilai dan ditunggu oleh para penggemar burung maupun orang awam.

Ada dua hal mendasar yang menyebabkan anis merah bisa teler. Pertama, faktor usia. Kedua, faktor ketertarikan anis merah jantan pada anis merah betina. Teler dan berkicau adalah salah satu cara jantan untuk memikat perhatian betina. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat anis merah jantan bisa teler dan gacor atau berkicau.

1. Jenis Kelamin

Anis Merah
Anis Merah

Sudah bukan rahasia lagi jika anis merah jantan lebih pintar berkicau daripada anis merah betina. Selain lantang, kicauannya juga bervariasi. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan jenis kelamin burung anis merah yang akan dipelihara. Ada beberapa ciri khusus yang bisa dilihat untuk membedakan kedua jenis burung ini, antara lain tingkat kecerahan bulu burung serta postur burung.

2. Usia

Usia Anis Merah
Usia Anis Merah

Gacor dan teler merupakan perilaku anis merah jantan sebagai insting dasar ketika tertarik pada lawan jenisnya. Pada umumnya, ketertarikan itu baru muncul ketika anis merah jantan sudah berusia 8 bulan. Jadi, jika ingin menyaksikan aksi teler tersebut, sabarlah menunggu hingga usia burung mencukupi.

3. Perawatan

Perawatan Anis Merah
Perawatan Anis Merah

Anis merah sangat dianjurkan untuk mandi pada pagi hari. Aktivitas mandi yang dimaksud adalah menyemprotkan air secara halus pada burung. Setelah mandi, anis merah jantan perlu dijemur hingga kering atau sekitar 1 jam. Jika kedua hal ini dilakukan dengan teratur, anis merah jantan akan selalu berada dalam kondisi sehat dan segar sehingga mudah untuk berkicau.

Bukan hanya pagi hari, anis merah jantan juga boleh dimandikan pada malam hari. Hal ini akan membuat tubuh anis merah menjadi lebih sejuk. Pada dasarnya, habitat burung ini memang terletak pada kawasan yang bersuhu dingin.

4. Pakan Berkualitas

Pakan Anis Merah
Pakan Anis Merah

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan yang cukup dan bernutrisi agar mampu melakukan aktivitas harian dengan maksimal. Dalam hal ini, aktivitas anis adalah gacor dan teler. Selain voer, Anda bisa memberikan pakan berupa buah-buahan (apel, pisang, pepaya) serta extra food seperti jangkrik dan kroto. Perlu diperhatikan pula bahwa berbagai jenis makanan ini harus diberikan secara bergantian sehingga anis merah tidak merasa bosan.

5. Pemasteran

Pemasteran Anis Merah
Pemasteran Anis Merah

Pemasteran adalah istilah yang digunakan saat memperdengarkan rekaman burung yang sudah jadi pada burung lain yang masih belajar berkicau. Untuk memancing anis merah jantan Anda teler dan gacor, lakukan pemasteran dengan rutin. Anda juga bisa mendekatkan anis merah betina pada sangkar anis merah jantan sehingga membuatnya termotivasi untuk berkicau dengan lantang.

Semakin bagus kicauan tersebut, harganya pun tentu akan semakin mahal. Namun, perlu diingat bahwa proses membuat anis merah memiliki kicauan yang bagus tidak sebentar dan instan. Jadi, selamat melatih burung dengan sabar dan telaten.

Tinggalkan Komentar