Tips Sederhana Memunculkan Suara Ngekek Pada Lovebird

Love bird adalah salah saju jenis burung favorit yang banyak dicari para penggemar burung. Memunculkan suara ngekek pada lovebird juga termasuk upaya yang terus dilakukan para pecinta lovebird.

Sebab, pemelihara burung lovebird pastinya selalu menginginkan burung peliharaannya memiliki kualitas kicauannya yaitu ngekek panjang.

Lovebird juga dikenal memiliki banyak sekali kelebihan, salah satunya yaitu memiliki suara kicauannya yang merdu dan juga sangatlah keras.

Disertai perawatan serta latihan yang maksimal, maka burung pun nantinya bisa mengeluarkan suara kicauan yang memuaskan orang yang memeliharanya.

Beraneka suara kicauan yang ada pada burung lovebird juga bisa bervariasi. Yang mana mulai dari yang hanya suara kicauan yang memiliki nada biasa sampai suara kicauan yang bisa mengeluarkan suara ngekek.

Faktor Yang Mempengaruhi Memunculkan Suara Ngekek Pada Lovebird

Faktor Yang Mempengaruhi Memunculkan Suara Ngekek Pada Lovebird
arenahewan.com

Memunculkan suara ngekek pada lovebird pastinya bukan perkara yang mudah. Sebab, dibutuhkan berbagai macam usaha serta berbagai cara supaya burung bisa memunculkan suara ngekek.

Tak hanya itu saja, ada juga faktor yang berpengaruh pada suara ngekek pada burung yakni faktor garis keturunan serta faktor lingkungan.

Dari faktor keturunan juga bisa diamati dari penampilan luarnya maupun dari fenotipnya.

Antara lain seperti warna bulu, kualitas suara, serta sejenisnya. Guna memprediksi kualitas genetik dari anakan lovebird maka bisa diamati di penangkaran ketika burung menunjukkan performa suaranya.

Selanjutnya, untuk faktor lingkungan juga lebih mencakup dalam aspek perkandangan, masalah kesehatan, pakan, suhu atau cuaca.

Selain itu juga dalam masalah perawatan/latihan serta metode pemasteran.

Akan tetapi jika sesuai dengan pengalaman, pakar burung lovebird mengungkapkan apabila faktor genetik hanya berperan 30% pada masalah performa burung.

Selain itu juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor lingkungan. Khususnya pada pakan yang berkualitas serta perawatan burung lovebird ngekek yang maksimal.

Cara Memunculkan Suara Ngekek Pada Lovebird

Cara Memunculkan Suara Ngekek Pada Lovebird
pets4homes.co.uk

Ada berbagai macam usaha yang sudah banyak dilakukan untuk membuat burung mengeluarkan suara ngekek.

Cara memunculkan suara ngekek pada lovebird bisa dilakukan dengan mendekatkan burung dengan burung betina.

Setelah itu ditempelkan dengan burung yang telah gacor, atau dipancing dengan media audio suara lovebird.

Akan tetapi, untuk memunculkan suara ngekek pada lovebird juga ada cara lain yang lebih sederhana.

Diantaranya dengan memanfaatkan media yang ada di sekitar kita. Berikut ini merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan dan juga cara menggunakannya:

Bahan-bahan;

Kaleng yang memiliki ukuran berdiameter kurang lebih 3 – 4 cm atau bisa memakai kaleng bekas minuman
Satu buah kerikil

Cara membuat :

Anda bisa memasukkan satu buah kerikil yang ada di lubang kecil pada bagian atas kaleng bekas minuman

Penggunaannya, anda bisa berdiri di dekat kandang lovebird, selanjutnya kaleng yang berisi kerikil bisa anda pegang dan jangan digenggam.

Selanjutnya bisa anda goncangkan kaleng tersebut sampai batu kerikil membentur kaleng dan bisa menghasilkan bunyi.

Usahakan pada saat anda mengguncang kaleng dengan cara sedang. Yang mana tidak terlalu cepat atau juga tidak terlalu lambat.

Ini dilakukan tujuannya supaya bisa menyerupai suara lovebird yang sedang ngekek. Dengan demikian lovebird bisa menjadi terpancing untuk mengikuti suara kaleng tersebut.

Cara memunculkan suara ngekek pada lovebird ini tentu bukanlah hal yang mudah apabila tidak disertai dengan perawatan serta pemberian asupan makanan yang maksimal.

Pola perawatan yang benar pun akan bisa menghasilkan performa yang lebih dahsyat pada burung lovebird peliharaan anda apabila lovebird tersebut dilatih sejak kecil.

Tinggalkan Komentar