Inilah Penyebab Lovebird Menggigit Kuku dan Jari

Jika menjumpai kebiasaan lovebird yang menggigit kuku dan jarinya sebaiknya anda tidak perlu merasa cemas. Sebab selama tidak menjadikannya terluka hal tersebut tidak menjadi suatu masalah.

Dan ini termasuk perilaku yang sangat alami pada burung paruh bengkok (parrot), terlebih lagi pada saat ia merasa bosan. Akan tetapi apabila perilaku itu sudah begitu sering, atau bisa menimbulkan luka,maka harus dicari tau penyebab kebiasaan tersebut.

Faktor Penyebab Lovebird Menggigit Kuku dan Jari

Faktor Penyebab Lovebird Menggigit Kuku dan Jari
Faktor Penyebab Lovebird Menggigit Kuku dan Jari

Ada beberapa faktor penyebab lovebird menggigit kuku dan jari. Jal tersebut sering dilakukan lovebird sambil berbaring dan juga sambil bergulingan pada dasar sangkar. Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya perilaku itu.

1. Lovebird Bosan

Lovebird yang merasa bosan karena tinggal sendirian tanpa ada pasangan maka bisa berpeluang untuk berperilaku menggigit kuku dan juga menggigit jarinya sendiri.

Jika burung yang usianya muda, mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Namun untuk lovebird dewasa, hal ini bisa mengakibatkan beragam kebiasaan buruk lainnya seperti mencabuti bulu, bahkan gestang atau gesek tangkringan.

Dalam mengatasi hal tersebut, Anda dapat memberikan teman bermain atau pasangan pada lovebird tersebut.

Anda juga bisa melakuan interaksi langsung kepada burung, seperti halnya mengajaknya bermain maupun menggodanya dengan menggunakan tangan.

Cara lain yaitu dengan memberi aneka mainan dan ayunan di dalam sangkar, supaya burung tersebut dapat melupakan kebiasaan buruknya.

2. Kaki burung terinfeksi jamur dan / atau bakteri

Kaki Lovebird Terkena Jamur
Kaki Lovebird Terkena Jamur

Penyebab lovebird mengigit kuku dan jari juga bisa karena lovebird kakinya terinfeksi jamur, bakteri, atau parasit (misalnya tungau).

Terkadang lovebird tersebut menggigit jarinya hingga berdarah. Agen penyakit yang menginfeksi jari kaki ini bisa mengakibatkan radang dan rasa gatal.

Jadi saat lovebird menggigit jari atau menarik-narik kukunya, lovebird akan memberikan rasa nyaman. Sering juga ditemukan pula lovebird yang menarik-narik kuku sampai terlepas.

Guna mencegah dan mengatasinya, maka bagian kaki yang terinfeksi dapat diobati dengan menggunakan obat yang tepat.

Maka pakailah obat-obatan yang memang dibuat khusus untuk burung yang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai permasalahan jamur serta tungau kaki. Perhatikan juga makanan lovebird.

3. Ada luka pada kaki burung

Perilaku lovebird yang sering menggigit jari dan kakinya juga bisa diakibatkan luka pada kaki, seperti halnya ertusuk benda tajam (duri, pecahan kaca, dll).

Lovebird ingin melepas benda tajam yang menancap, atau mengurangi rasa sakitnya, yaitu dengan memakai bagian paruhnya yang selanjutnya akan terlihat seperti menggigit.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan yaitu mengamati bagian kaki yang luka. Selanjutnya anda bisa langsung memberikan pengobatan atau tindakan apabila melihat ada duri kecil, atau pecahan kaca, yang menempel pada bagian kakinya.

4. Faktor birahi

Faktor birahi yang terlalu tinggi juga menjadi faktor penyebab lovebird menggigit kuku dan jari, mencabuti bulu, bahkan sering menggigit pemiliknya.

Over birahi memang dapat terjadi pada seluruh jenis burung, tanpa terkecuali lovebird. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi over birahi pada lovebird.

Apabila Anda telah mencoba salah satu cara, akan tetapi kurang memberi hasil positif, tidak ada salahnya mencoba cara yang lain.

Tak hanya mengubah formula pakan, perawatan yang harus diperhatikan untuk mengatasi over birahi pada lovebird mandi, jemur, dan umbaran.

Mandi juga termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan pada saat lovebird mengalami over birahi. Durasi mandi juga dapat lebih lama, dan dilakukan lebih rutin lagi jika dibandingkan yang biasanya. Misalnya memandikan lovebird disetiap pagi, siang, dan juga pada saat sore hari.

Komentar Facebook

Komentar Blog