Tips Memilih Burung Jalak Ocehan dan Jalak Bakalan

Banyak kalangan masyarakat ketika memilih burung jalak yang akan dipelihara dan dijadikan penangkaran di rumah. Karena mereka selama ini mempertimbangkan betul untuk memperoleh kualitas burung yang tidak perlu diragukan lagi.

Untuk pemilihannya sendiri antara burung jalak ocehan dan burung jalak bakalan bagi yang sudah ahli pasti mudah, namun bagi pemula perlu untuk diperhatikan betul burungnya. Sekarang ini jenis burung jalak sendiri sangatlah banyak yaitu lebih dari seratus jenis burung jalak yang ada di indonesia.

Tips memilih untuk pemula

Untuk pemula sendiri dalam membeli burung jalak biasanya mengambil burung yang telah jadi. Di sini suara burungnya jauh lebih mudah didengarkan dan kemungkinan untuk salah memilih itu sangatlah kecil. Peluang untuk mendapatkan burung jalak ocehan dijamin bagusnya. Memang untuk burung yang jadi harganya mahal dibandingkan dengan burung jalak bakalan. Namun kualitasnya tidak perlu diragukan.

Bagi pemula sebaiknya membeli buruk jalak di penjual burung yang ada di kios-kios yang memiliki peluang tidak ada penipuan di dalamnya. Jangan lupa menanyakan kepada keluarga atau teman yang sudah berpengalaman dalam memilih burung jalaknya.

Bagi pemula yang benar-benar hobi dengan burung ini maka jangan asal membeli. Sebab banyak bukti kalangan pemula tertipu karena tidak tahunya mereka dalam pemilihan burungnya. Sebaiknya nanti memulai dari awal agar bisa mengetahui perkembangan dan jauh lebih mudah menguasai karekter untuk burung jalak ocehan sebagai penangkaran.

Jenis burung yang dibeli sebaiknya yang masih anakan. Hal ini penting untuk lebih berkicau dan mudah menjadi burung jalak bakalan yang jadi. Sebagai pemula jangan malu-malu untuk bertanya kepada yang lebih ahli untuk hal yang belum paham betul. Dipastikan untuk mendapatkan burung jalak ocehan sebaiknya mulailah dari awal untuk lebih tahu dan ahli dalam merawatnya.

Memang dalam pemeliharannya butuh waktu lama. Namun dijamin puas karena akan memperoleh pengalaman yang beragam. Di sini hobi akan tersalurkan dan membuat kesenangan tersendiri. Bahkan bisa menghasilkan uang dari hobi memelihara buruk jalak ini.

Tips memilih untuk ahli burung

Untuk kalangan yang hobi memelihara buruk jalak jenis apapun, dalam pemilihan burung dipastikan tidak akan kesulitan. Hanya dengan melihat burungnya saja sudah tahu betul kemampuan yang dimilikinya.

Ciri yang bisa dipahami di antaranya adalah usia burung, jenis lelamin, bentuk burung secara fisik, kemampuan kicauan burung yang bisa diprediksi dan keindahan suara burung jalak ocehan pasti sudah tahu ciri ini.

Untuk itu, bagi kalangan yang ahli burung atau yang hobi memelihara buruk jalak jangan digunakan sendiri pengetahuannya namun sebaiknya bagikan pengetahuan tersebut kepada pemula yang sangat membutuhkan saran.

Cara memilih burung jalak bakalan yang benar

Untuk masyarakat yang ingin memiliki burung jalak ocehan yang berkualitas, maka perlu melaksanakan cara pemilihan jalak bakalan berikut ini:

Pertama, fisiknya. Sebelum memilih burung jalaknya, maka perlu tahu ciri fisik dari burung tersebut. Wajib memilih burung jalak yang bentuk dari badannya bulat panjang. Bulunya tidak kumal dan mengikat.

Untuk waktu yang tepat memilihnya ketika burung jalak tersebut dalam kondisi santai. Untuk mendapatkan usia burung yang mudah bisa diteliti dari kaki dengan memiliki warna yang masih kuning basah.

Kedua, suaranya. Untuk pemilihanm burung jaka bakalan yang belum dapat berkicau, maka perlu memilih burung jalak yang mana suara crek-nya masih tebal bertul. Kemampuan dalam membedakan lewat suaranya sendiri memang butuh adanya kejelian dan suatu pengalaman yang perlu diasah.

Di sini masyarakat membutuhkan suatu kemampuan caranya dengan suara crek yang telah dicek, maka untuk hasil ketika burung jalak tersebut tumbuh dewasa bagaimana. Namun untuk crek dengan suara yang lain, saat dewasa akan menghasilkan suara yang bagaimana.

Memang proses penelitian yang semacam ini cukup membosankan. Namun ini penting sekali. Ketika sudah menguasai betul dijamin tidak akan mudah tertipu dari penjual dan memiliki kemungkinan besar mendapatkan burung jalak ocehan maupun bakalan yang karakternya tidak perlu diragukan lagi.

Ketiga, sikapnya. Untuk burung jalak yang kualitasnya baik bisa dilihat dari bakalannya. Sikap dari burung jalak ocehan yang baik itu tegap dan berdiri tegap. Di sinilah suara dari jalak tersebut baik, menantang dan memiliki alat kelamin jantan.

Cara memilih buruk jalak yang setengah jadi atau yang sudah jadi

Untuk yang akan menginginkan jenis burung jalak ocehan dari yang setengah jadi maupun yang sudah jadi, maka perlu memperhatikan beberapa hal yang akan dijelaskan berikut ini:

Pertama, suaranya. Untuk jenis burung jalak yang jadi pasti bisa didengar suaranya sebab jalak merupakan jenis burung yang rajin untuk berbunyi. Apabila nanti tidak rajin berarti burung jalak tersebut harus dicurigai kualitasnya. Kemungkinan besar jalak tersebut terserang penyakit atau memiliki karakter yangh buruk.

Untuk ciri umum yang harus diketahui agar nanti mendapatkan jenis burung jalak yang bagus atau jelek adalah apabila nanti burung jalak tersebut didekati dan dipetit maka burung tersebut langsung mengeluarkan bunyi atau berkicau.

Bahkan ada jenis burung jalak yang berani betul berkicau di tangan pemiliknya langsung. Jika menemukan jalak seperti ini, dipastikan yang memeliharanya sudah berpengalaman dan ahli dalam memelihara burung jalak dengan jenis pakan yang memiliki kualitas tinggi.

Kedua, sikapnya. Untuk jenis jalak yang sudah jadi dipastikan memiliki sikap yang sangat tenang dan tidak takut ketika ada orang atau sesuatu barang yang ada di sekitar bahkan di dekatnya. Ketika terbang jalak tersebut tidak akan menabrak. Namun masih hinggap di tenggeran.

Dijamin buruk jalak ini tidak akan takut dengan burung jenis lain atau minder untuk membuktikan bahwa burung jalan ini bagus dan berkualitas. Sikap yang semacam ini berlaku bagi semua jenis burung lain yang sudah dijamin kualitasnya. Sikap tidak takut dan tenang pada setiap burung itu bisa dijadikan petunjuk bahwa burung tersebut telah jinak dan betah dengan pemiliknya.

Itulah beberapa informasi yang sangat dan perlu diperhatikan betul bagi pecinta buruk jalak atau yang akan mengawali untuk memelihara burung jalak. Alangkah baiknya ketika akan merawat atau memilih burung jalak sudah tahu sebelumnya resiko dan keuntungan yang diperoleh agar nanti tidak mengalami penyesalan saat perjalanan memelihara atau merawatnya.

Ini penting untuk diperhatikan. Sebab banyak masyarakat yang akan memelihara burung jalak untuk dijadikan burung jalak ocehan yang akan diadu pada event atau lomba yang ada di sekitar tempat tinggal baik tingkat lokal, nasional bahkan internasional.

Diharapkan bagi semua masyarakat dalam memilih burung jalak jangan melihat harganya saja atau tampilan luar dari burung tersebut. Sebab ini akan mendapatkan jenis burung yang tidak sesuai harapan. Lihat semua sisi yang dimiliki oleh burung tersebut.

Tinggalkan Komentar