Tips Melatih Mental Pleci Agar Siap Untuk Dilombakan

Burung pleci memang sudah sangat populer sekali di kalangan para pecinta burung kicauan. Pleci yang dipelihara dengan baik akan bisa menjadi gacor.

Dengan begitu bisa memungkinkan untuk diikutsertakan dalam even lomba burung kicauan. Akan tetapi di dalam menjadikan burung pleci gacor dan bisa menjadi jawara bukanlah merupakan hal yang mudah. Kerap sekali para pemelihara mengalami berbagai macam permasalahan.

Tips Melatih Mental Burung Pleci

Melatih Mental Burung Pleci
Melatih Mental Burung Pleci

Banyak dari kalangan pecinta burung pleci mendapatkan burung pleci dengan mental yang dirasa kurang baik. Dan semua itu terjadi bisa disebabkkan mental pleci yang belum terlatih atau memang karena mental pleci yang sedang turun sebab sedang stress dll.

Mental dari burung pleci ini begitu berpengaruh pada penampilannya yang di gantangan. Maka dari itu disini akan membahas mengenai cara atau tips melatih mental pleci agar bisa siap dilombakan dan bisa menjadi jawara.

Kenali Karakter Burung

Mengenali Karakter Burung Pleci
Mengenali Karakter Burung Pleci

Satu hal penting yang harus diperhatikan dalam melatih mental burung pleci supaya nantinya bisa menjadi burung yang rajin bunyi dan siap dilombakan adalah mengenali karakternya.

Oleh sebab itu, sebelum membeli dan / atau memelihara pleci bakalan, sebaiknya amati dulu ciri-ciri pleci bakalan yang mempunyai prospek sebagai burung lomba. Pilihlah pleci yang memiliki mental yang bagus.

Ciri khasnya yaitu tatapan matanya tajam. Burung tidak langsung menabrak nabrak pada saat didekati. Perhatikan juga perilakunya. Apabila terdapat beberapa ekor pleci di dalam kandang ombyokan, pilihlah pleci yang tampak lebih dominan serta lebih agresif jika dibandingkan yang lainnya.

Memandikan

Memandikan juga termasuk cara melatih mental burung pleci untuk dilombakan. Sesering mungkin memandikannya bisa menggunakan semprot atau dengan cepuk besar.

Pleci juga begitu menyukai air ini terbukti dengan seringnya pleci tampak mandi pada cepuk minumnya. Tak hanya mandi kegemaran pleci, mandi juga bisa menjadikan tubuh pleci terasa segar.

Mandi bisa menjadi terapi mengatasi stres dengan memberikan kebiasaan yang biasa dilakukan di alam. Waktu yang baik untuk penjemurannya yaitu malam pukul 19.00 sampai dengan 21.00.

Kemudian saat pagi 07.00-09.00, sore 15.00-16.00 WIB. Sebaiknya memandikannya malam hari saat burung dalam keadaan tenang.

Pengembunan

Pada waktu dalam pelatihan mental lakukan pengembunan di pagi hari pada pukul 03.00 sampai dengan 06.00 WIB. Latihan ini dilakukan supaya burung memperoleh sirkulasi udara yang baik di paru-parunya.

Kemudian bisa merangsang burung untuk berbunyi call dan ngalas sekeras-kerasnya sebab merasa senang. Latihan seperti ini juga baik untuk dilakukan bukan pada waktu latihan mental saja, namun bagus juga untuk rutin setiap hari.

Penjemuran

Anda bisa melakukan penjemuran pagi pukul 07.00-09.00 serta sore 16.00-17.00 WIB. Saat saat tersebut paling baik untuk menjemur burung saat matahari tidak terlalu panas. Burung pleci juga gemar berjemur.

Jadi pleci sangat baik di jemur dengan waktu yang cukup.Tak hanya bisa menguatkan mental penjemuran juga bermanfaat untuk kebugaran tubuh pleci supaya lebih semangat.

Gantangkan Burung Pada Tempat yang Ramai

Membiasakan burung pleci kita di tempat yang ramai juga harus anda lakukan untuk memperkuat mentalnya. Hal ini dilakukan supaya burung terbiasa dengan keadaan yang ramai banyak lalu lalang manusia, kendaraan atau yang lainnya.

Semakin sering melakukan hal tersebut burung akan terbiasa dengan keadaan tersebut sehingga burung akan tetap berkicau walaupun dengan keadaan yang tidak memungkinkan.

Ajak Burung Pleci Keluar

Hal ini dimaksudkan supaya burung selalu melihat sesuatu yang baru supaya burung tersebut tidak jenuh dan terbiasa dengan hal-hal baru serta lingkungan yang baru.

Semakin kerap burung pleci jalan-jalan maka burung tersebut akan semakin cepat beradaptasi dengan situasi yang baru. Jadi saat lomba mentalnya sudah bagus.

Tinggalkan Komentar