Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Lovebird dan Cara Membuat Ramuannya

Lovebird merupakan jenis burung kicauan yang memiliki karakteristik unik dan pastinya tampak lucu sekali. Suara yang dimiliki juga terdengar lantang dan merdu. Burung yang merupakan dalam genus Agapornis ini memang punya ciri khas pada tampilan fisik yang sangat menawan.

Tak hanya cantik, burung berparuh bengkok ini ternyata juga memiliki kicauan atau suara yang cukup menjanjikan bagi para pecinta burung lovebird. Ngekek dengan durasi yang panjang merupakan ciri khas yang bisa kita amati dari suara lovebird.

Dikarenakan warna bulu tubuhnya yang indah ditambah lagi dengan kemampuan berkicaunya yang begitu mumpuni. Dengan demikian tak heran apabila burung kicauan yang dikelompokkan dalam keluarga atau suku Psittaculidae ini banyak digemari.

Bahkan sampai sekarang ini banyak dicari oleh para kicau mania dan jugatermasuk dalam kalangan pecinta jenis burung hias. Tidak bisa dipungkiri, jika banyak pengemar lovebird yang suka jika burungpeliharaannya tersebut dapat bersuara ngekek panjang.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Lovebird
Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Lovebird

Memiliki suara ngekek panjang yaitu suara asli dari lovebird yang terdengar seperti halnya suara tembakan yang memiliki nada serta irama yang cepat. Banyak juga para pecinta burung kicau yang berharap supaya suara ngekeknya panjang sekali, bahkan bisa sampai sekitar durasi satu menitan.

Sebagian dari pecinta burung lovebird yang selanjutnya melatih serta memaster peliharaannya agar suaranya bisa ngekek panjang. Ada juga yang memberikan ramuan dengan belimbing wuluh. Manfaat belimbing wuluh untuk lovebird sangat besar sekali.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Lovebird

Walaupun buah belimbing wuluh sebenarnyatermasuk jenis belimbing yang kerap dipakai menjadi bumbu dapur yang punya rasa yang sangat kecut alias asam.

Dan pada umumnya dipakai sebagai pengganti asam jawa untuk membuat masakan menjadi terasa lebih terasa asam. Tak hanya itu saja, belimbing wuluh juga baik untuk kesehatan, sebab buah yang sangat asam ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit gondong, obat batuk.

Bahkan bisa juga untuk meredakan sakit reumatik, menurunkan kadar gula darah (diabetes) dan juga bisa menjadi obat sariawan, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Karena pada belimbing wuluh terdapat kandungan unsur saponin, glukosid, tanin, asam format, sulfur, kalsium oksalat, kalsium sitrat, dan masih banyak lagi. Manfaat belimbing wuluh untuk lovebird yaitu bisa menjadikan lovebird ngekek panjang.

Cara Membuat Ramuan Belimbing Wuluh Untuk Lovebird

Belimbing Wuluh Untuk Lovebird
Belimbing Wuluh Untuk Lovebird

Cara membuat ramuan belimbing wuluh juga mudah dilakukan. Pertama kali, anda harus menyiapkan 5 buah belimbing wuluh yang masih dalam keadaan segar, daun belimbing wuluh satu genggam, dan juga bunga belimbing wuluh satu genggam saja. Bahan tersebut harus masih dalam keadaan segar dan setelah dipetik, supaya hasilnya lebih maksimal.

Buah belimbing wuluh sebaiknya anda rebus bersama daun,dan bunga belimbing uluh tersebut dengan segelas air (200 cc). Tunggu hingga air mendidih dan tinggal separuh gelas saja (100 cc), kemudian biarkan dingin.

Apabila telah dingin berikan ramuan belimbing wuluh itu menjadi minuman lovebird. Anda bisa memberikan lovebird ketika akan dilombakan. Anda bisa memberikan ramuan tersebut 2 hari menjelang lomba.

Untuk lovebird rumahan yang belum akan diikutkan dalam lomba sebab masih belum bisa ngekek panjang dan ingin agar bisa ngekek panjang, anda dapat memberikan ramuan itu selama 2 hari berturut-turut. Selanjutnya lihat perubahannya dalam berkicau.

Seminggu setelah itu berikan kembali ramuan belimbing wuluh yang baru lagi dalam kurun waktu 2 hari berturut-turut. Apabila anda konsisten serta berani berusaha dalam memelihara burung lovebird, maka tentu saja anda akan bisa mencetak lovebird yang bisa ngekek panjang dan menjadi juara dalam lomba. Dengan demikian anda bisa merasakan besarnya manfaat belimbing wuluh untuk lovebird.

Tinggalkan Komentar