Setingan Lovebird Malam Hari Sebelum Mengikuti Perlombaan

Lovebird merupakan salah satu jenis burung kicauan yang paling sering diikutkan dalam event lomba. Dari berbagai macam perlombaan Lovebird, tak sedikit para pecinta burung kicauan yang mengikuti lomba atau gantangan Lovebird di malam hari.

Akan tetapi, terkadang banyak yang melakukan untuk setingan Lovebird pagi dan siang hari disamakan dengan settingan Lovebird malam hari. Padahal, untuk setingan Lovebird untuk lomba malam ini sebenarnya sangatlah berbeda dengan setingan Lovebird pada saat pagi dan siang hari.

Apabila di pagi atau siang hari, pada umumnya Lovebird segera dimandikan, maka kalau mau lomba malam hari, Lovebird sebaiknya tidak perlu dimandikan. Akan tetapi, hal ini sifatnya optional. Sebab, setiap Lovebird memiliki karakter masing-masing.

Hal lain yang paling mencolok dari setingan Lovebird malam untuk gantangan malam hari adalah makanan tambahannya atau Extra Fooding (EF). Sebab, cuaca dan udara di malam hari sangat dingin, sehingga Anda harus memberikan EF yang sifatnya bisa menghangatkan tubuh Lovebird.

Setingan Lovebird Malam Hari

Setingan Lovebird Malam Hari
lovebirdnews.com

Setingan lovebird malam hari yang harus anda lakukan yaitu pada saat pagi hari Lovebird dijemur seperti biasa. Dan sesudah dijemur, Lovebird dikerodong penuh dan anda bisa membiarkannya untuk beristirahat.

Setelah itu pada saat sore hari pukul 17.00 Lovebird bisa anda mandikan. Makanan Lovebird lomba malam sebaiknya diberikan lebih banyak dari Lovebird yang lomba di pagi maupun pada saat siang hari.

Sehingga, untuk Lovebird yang lomba pada saat malam hari, setingan pakannya tidak hanya dengan menggunakan pakan milet putih dan EF saja. Namun, anda bisa memberikan biji-bijian mix yang bergizi.

Setingan Lovebird malam hari selanjutnya juga bisa anda lakukan dengan memberinya tambahan racikan pakan Lovebird tradisional dari jahe atau sejenisnya yang sifatnya menghangatkan tubuh. Dan sesudah lomba malam Lovebird selesai, biarkan Lovebird anda beristirahat.

Pakan Lovebird untuk Lomba Malam Hari

Pakan Lovebird untuk Lomba Malam Hari
empatburung.blogspot.com

Untuk melakukan setingan Lovebird malam hari sebaiknya anda memperhatikan masalah pakan. Pakan yang diberikan ke Lovebird sebaiknya bisa lebih bergizi berupa biji-bijian mix. Diantaranya seperti milet putih, milet merah, canary seed, biji sawi, niger seed, linseed, dan juga berbagai macam biji-bijian lainnya.

Supaya Lovebird peliharaan anda tidak kedinginan selama lomba malam, maka Lovebird anda dapat diberikan pakan racikan tradisionalseperti halnya jahe atau racikan pakan cabe.

Selain itu, jangan lupa juga anda harus memberi suplemen dan juga memberikan multivitamin Lovebird supaya staminanya bisa selalu tetap fit. Pemberian minimal seminggu tiga kali. Kemudian juga bisa anda sesuaikan dengan karakter Lovebird yang anda pelihara.

Pantangan Lovebird untuk Lomba Malam Hari

Untuk setingan Lovebird malam hari sebaiknya anda menghindari pantangan yang ada. Sebaiknya, anda jangan memberikan pakan tambahan Lovebird seperti halnya kangkung. Sebab sifatnya dingin, dengan demikian kurang cocok apabila dipakai untuk lomba pada saat di malam hari.

Sebaiknya anda mengganti pemberian kangkung ini dengan jagung manis yang bisa memberikan tenaga pada Lovebird peliharaan anda.

Sesudah lomba atau gantangan malam telah selesai, sebaiknya anda juga jangan langsung memandikannya di hari yang sama. Jadi bisa disimpulkan jika Lovebird dimandikan keesokan harinya. Atau lebih tepatnya yaitu pada saat di sore hari seperti setingan sebelumnya.

Dengan melakukan setingan Lovebird malam hari yang baik dan benar, lovebird peliharaan anda bisa menjadi lebih berkualitas dari segi kicauannya. Jadi, Lovebird peliharaan anda bisa mengikuti loma pada saat malam hari dengan penampilan yang sempurna.

Tinggalkan Komentar