6 Langkah Cara Merawat Cendet Madura dengan Baik dan Benar

Burung cendet madura sudah diakui di berbagai daerah menjadi salah satu burung yang mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki cendet di daerah lain. Dengan ciri khas yang dimiliki tersebut, banyak yang memilih untuk memeliharanya. Untuk itu bagi anda yang ingin memelihara burung ini, anda harus tahu bagaimana cara merawat cendet madura.

Diantara banyak kelebihan yang dimiliki burung ini,  salah satunya adalah mental yang kuat. Sebab mengingat Madura merupakan daerah pesisir yang tandus dan sumber makanannya terbatas. Dengan demikian, sifat tempur burung ini muncul dan punya mental yang luar biasa kuat. Burung cendet termasuk salah satu burung predator ulung.

Cara Merawat Cendet Madura

instagram.com

Kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara merawat cendet madura agar cepat gacor. Cara ini kemungkinan memang sama dengan burung cendet lain, namun lebih spesifik. Jika dilihat secara garis besar, dalam memelihara burung cendet terlebih dahulu anda harus mengetahui dan memahami apa yang menjadi karakter dan kebiasaannya.

Dengan demikian, perawatan burung bisa dilakukan dengan makin mudah dan akan lebih banyak pengaruhnya. Bila hanya sekedar ikut-ikutan tips perawatan burung lain, tentu sebagian besar tidak sesuai. Meski demikian, ternyata ada juga yang sesuai menerapkan perawatan ini. Itu semua kembali pada jenis burungnya.

Disini pun juga begitu, dalam artian tidak diajarkan untuk merawat burung cendet menggunakan setingan tertentu. Tetapi dengan mengembalikan pada kesukaan burung tersebut. Apa yang disukai burung dan apa yang tidak disukainya, anda harus tahu itu. Tentunya hal ini memerlukan waktu yang tidak sebentar, juga pengalaman yang lama.

Walaupun demikian, efek yang diperoleh sesudah perawatan akan lebih terlihat dan sesuai dengan harapan. Daripada anda hanya mencontoh settingan cendet yang lain tapi nyatanya tidak berhasil. Hal tersebut justru akan membuat anda buang-buang waktu. Akan lebih baik anda membuat perawatan sendiri yang kemungkinan disukai oleh burung cendet madura.

1. Jemur Mandi

Mulai dari hal yang sederhana dalam merawat cendet madura caranya setiap kali mandi dan juga dijemur. Kira-kira burung cendet akan lebih suka berlama-lama mandi atau lama dijemur. Bila burung lebih suka mandi, itu artinya anda harus lebih sering untuk memandikan burung dan mengurangi menjemurnya.

2. Variasikan Jenis Makanannya

Pakan yang diberikan burung cendet ini sangat bervariasi, mulai dari voer dan juga berbagai makanan ekstra fooding. Anda bisa mencoba dengan setiap hari memberi makanan yang berbeda. Misalnya hari ini diberi ulat kandang, besok diberi jangkrik sekian ekor dan lusa diberi kroto. Porsinya juga diubah-ubah hingga menemukan porsi kesukaan dari burung cendet tersebut.

3. Dianginkan atau Dikerodong

Untuk perawatan kerodong, anda bisa mengikuti kondisi cuaca yang ada di sekitar. Bila cuaca sedang dingin, anda dapat mengerodong burung. Tapi kalau cuaca sedang panas dan juga gersang, maka lebih baik cendet madura dianginkan saja.

4. Pilih Masteran Cendet

Masteran dapat disesuaikan dengan apa yang anda inginkan, tapi harus diperhatikan seperti apa suara isian burung. Sebaiknya jangan terlalu keras, putar audio masteran dengan pelan tapi suaranya terdengar jelas. Bila memakai burung asli akan lebih baik perdengarkan suaranya saja terlebih dahulu.

Jika cendet sudah ada peningkatan kinerja, maka anda bisa mendekatkan burung masteran atau bisa juga dengan menyekat dua kandang menggunakan kain krodong.

5. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Burung cendet adalah salah satu burung yang terbiasa melihat kandang bersih. Itu artinya anda harus rutin membersihkan sangkar burung setiap hari. Sambil membersihkan sangkar, maka anda bisa mengganti pakan dan juga minum burung di dalam sangkar.

6. Tangkringan Burung Cendet

Jika anda baru saja membeli cendet madura, sebaiknya pilih tangkringan atau sangkar yang dibeli sekalian. Karena biasanya burung sudah terbiasa dengan sangkar dan juga tangkringan lama. Jika keduanya diganti baru, biasanya burung harus beradaptasi lagi. Bila burung tidak kuat, maka akibatnya burung bisa stres dan melakukan hal aneh seperti salto dan lainnya.

Langkah Perawatan Burung Cendet

instagram.com

Untuk perawatan sehari-hari, maka cendet dapat dimandikan, cara memandikannya bisa dilakukan setiap ari atau tergantung kebiasaan burung. Bila sekarang burung sedang dalam kondisi mabung atau ngurak sebaiknya tidak dimandikan. Sambil dimandikan maka sangkar burung cendet bisa dibersihkan.

Burung cendet bisa diberi pakan ekstra fooding sesuai dengan kebiasaannya. Misalnya saat pagi hari di berikan jangkrik sebanyak 3 ekor dan sore harinya 3 ekor pula. Cendet juga dapat diberi kroto atau ulat kandang, tetapi karena kroto sudah mulai langka anda bisa memberikan ulat kandang.

Penjemuran cendet madura bisa dilakukan dalam waktu sebentar atau lama tergantung dari masing-masing burung. Ketika siang hari, burung cendet tidak perlu dikerodong, kerodong bisa diberikan ketika malam atau cuaca hujan dan saat pergi lomba. Untuk harian atau saat kerja, sebaiknya burung cendet madura tidak dikerodong. Cukup dengan diangin-anginkan di bagian belakang rumah atau bisa juga di teras.

Untuk pemasteran bisa dilakukan dalam mulai waktu malam hingga pagi dengan suara yang pelan. Suara masteran cendet madura umumnya menggunakan burung lovebird, gereja tarung, cililin, tengkek buto, belalang kecek, jangkrik dan juga kenari. Jika sudah tahu seperti apa settingan cendet madura yang tepat, sebaiknya anda lakukan perawatan secara konsisten dan juga sabar. Jangan digonta-ganti settingannya, supaya burung cendet madura tidak stres.

Jika perlu, anda bisa menambahkan asupan nutrisi seperti multivitamin, vitamin dan suplemen untuk burung cendet madura. Bila anda merasa takut suplemen mengandung bahan kimia yang berbahaya, anda juga bisa membuat jamu tradisional untuk burung cendet anda.

Racikan Makanan Burung Cendet Madura

Agar burung cendet madura rajin bunyi, kami punya racikan makanan untuk burung cendet bahan-bahannya sangat sederhana. Tahu putih secukupnya, 2 buah tomat, 1 kilo ikan ukuran sedang ,2 kg tepung jagung dan 2 butir telur ayam.

Cara pembuatannya juga sangat sederhana. Pertama sisik ikan dibersihkan kemudian digiling dengan mesin penggiling daging atau blender. Namun sebelumnya ikan harus dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dalam menggilingnya.

Langkah selanjutnya tahu putih dan tomat dipotong-potong lalu dicampur dengan daging ikan dan juga telur. Sesudah itu, campur lagi dengan menggunakan tepung jagung. Cangkang telur jangan dibuang dulu tapi bisa ditumbuk sampai halus. Kemudian dicampurkan pada adonan tepung jagung.

Jika semua sudah tercampur rata, bahan dikeringkan dengan memakai oven 20-30 menit. Jangan sampai adonan gosong atau sampai hangus, cukup diangkat saat tampak kering lalu dijemur dibawah sinar matahari. Jika racikan pakan cendet madura sudah kering dengan sempurna. Maka anda dapat memberikannya ke burung cendet untuk pakan harian.

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat cendet madura yang tepat, maka mulai dari sekarang anda bisa memperlakukan burung cendet madura peliharaan anda dengan baik dan benar. Selain itu, burung juga akan mendapatkan perawatan yang tepat sehingga burung tidak stres dan bisa rajin bunyi.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar