Perilaku Burung Murai Batu Yang Memalukan Di Arena Lomba

Salah satu perilaku burung murai batu yang memalukan saat lomba yaitu pada saat murai batu ngebatman atau ngelowo. Perilaku yang seperti ini memang terjadi pada waktu sedang di lombakan.

Burung ini tidak selamanya bisa memiliki performa yang baik ketika berada di acara kontes berkicau. Namun ada juga yang bisa menampilkan performa yang terbaik dan bisa memperdengarkan suara yang indah pada lawan tandingnya.

Burung murai batu ini terkadang juga memperlihatkan tingkah polah yang memalukan. Ini merupakan hal nyang tidak diinginkan oleh pemilik burung murai batu lomba.

Akan tetapi, perilaku burung murai batu yang memalukan ketika acara lomba suara burung murai batu ini tidak datang dengan sendirinya. Jadi ada penyebab tertentu yang menjadikan burung murai batu tersebut menjadi malas bertanding.

Perilaku Burung Murai Batu Yang Memalukan

burungpedia.com

Berikut ini adalah perilaku burung murai batu yang memalukan pada saat berada di arena perlombaan.

Burung Tidak Mau Berkicau

Burung murai batu yang tidak mau berkicau saat lomba bisanya karena belum siap mental untuk mengikuti lomba. Akan tetapi, pemilik tersebut memaksakan untuk mengikuti lomba.

Maka dari itu, saat lomba burung akan grogi dan tidak bersuara sepanjang perlombaan. Dan mungkin hanya terlihat lompat-lompat saja di dalam sangkarnya.

Burung yang sedang mengalami demam panggung ini biasa terjadi pada burung muda atau burung murai dewasa yang belum berpengalaman. Sehingga, belum bisa beradaptasi dengan arena perlombaan.

Ngebatman serta Turun Angkringan

Perilaku burung murai batu yang memalukan di area lomba seperti ngebatman ini biasanya karena kondisi tidak fit. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi mengapa murai batu ini sifatnya demikian.

Dapat disebabkan karena dia terlalu lelah terlalu kerap mengikuti lomba. Bisa juga berlebihan dalam memberi pakan serta berbagai vitamin pada saat akan lomba.

Hal ini bisa menjadikan burung menjadi over birahi. Apabila hal ini terjadi, maka anda dapat memandikan burung tersebut sesudah dilakukan fooding menjelang lomba. Dan anda perlu membiasakan untuk memandikan burung sebelum berangkat pada arena lomba.

Burung Sering Mematung

Burung murai batu yang mematung saat lomba bisa dipastikan jika burung tersebut belum siap mental untuk tanding. Dengan demikian, sebaiknya anda semua mulai membiasakan burung murai dijejerkan dengan 1-2 burung murai lainnya.

Dengan demikian, burung tersebut akan terbiasa dengan adanya lawan. Dan apabila telah mulai terbiasa lanjut dengan tambahan beberapa burung lagi sampai burung tersebut akan siap mental untuk dilombakan.

Mengangkat Kepala dan Menunduk

kicaumania373.wordpress.com

Terdapat berbagai penyebab burung murai batu memiliki perilaku yang seperti ini. Ada yang disebabkan karena kepribadian burung tersebut atau juga burung tersebut sedang dalam keadaan birahi.

Namun, jika perilakunya memang sudah seperti itu, sebaiknya anda tidak memaksakannya untuk mengikuti lomba. Sebab, pada umumnya burung murai batu sepeti ini akan bersikap seperti itu setiap mengikuti lomba. Jadi, saat keadaan birahi sebaiknya anda carikan pasangannya.

Galak dan Mengejar Musuh

Perilaku burung murai batu yang memalukan di arena lomba ini biasanya dilakukan tanpa memperdengarkan suaranya. Biasanya ini disebabkan karena diisolasi atau juga selalu digantungkan pada tempat yang tenang serta sendirian.

Kicauannya Monoton

Burung murai batu yang dilombakan hanya mengeluarkan kicauan monoton ini bisa jadi karena kesalahan sang pemilik.

Mungkin pemiliknya tidak melatih burung untuk berkicau dengan baik atau tidak pernah menghadirkan masteran untuk burung yang dipeliharanya tersebut. Sehingga, kicauan yang dikeluarkannya hanya monoton saja dan tidak bervariasi.

Tinggalkan Komentar