Cara Mudah Menghilangkan Kutu Pada Burung Murai Batu

Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang kualitas suaranya sangat baik. Selain itu, burung murai batu juga memiliki bulu-bulu yang cantik dan sangat indah.

Akan tetapi, ada kalanya burung Murai batu terjangkit kutu, dan keadaan seperti ini pasti akan menyibukkan Anda sebagai pemilik atau pemeliharanya.

Burung murai batu yang bulunya memiliki bnayak kutu bisa menjadi masalah yang begitu mengganggu kenyamanan dari burung murai batu peliharaan anda.

Ketika burung murai batu terserang oleh kutu, maka murai batu akan mematuki bulu-bulunya tanpa tentu arah dan dapat mengakibatkan adanya luka.

Mengatasi Kutu Burung Murai Batu
Mengatasi Kutu Burung Murai Batu

Efek lainnya yaitu burung murai menjadi tidak maksimal dalam berkicau. Sebab akan lebih sering menggaruk-garuk bulunya yang gatal akibat kutu.

Dengan demikian, menghilangkan kutu pada burung murai batu adalah sesuatu yang penting untuk segera dilakukan. Tujuannya supaya burung murai batu tidak lagi mematuk bulunya dan dapat maksimal ketika berkicau.

Dalam menghindari hal tersebut maka dari itu, Anda sebaiknya menghilangkan kutu pada burung murai batu tersebut.

Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Murai Batu

Untuk menghilangkan kutu pada burung murai batu ini, Anda sebaiknya melakukan perawatan dengan baik dan benar.

Menghilangkan Kutu Pada Burung Murai Batu
Menghilangkan Kutu Pada Burung Murai Batu

Lalu untuk perawatan itu sendiri lebih mengacu pada kebersihan tubuh burun, dan pemberian pakan, kebersihan sangkar burung, dan obat untuk Murai yang bulunya dihinggapi banyak kutu.

Berikut ini perawatan yang sebaiknya anda lakukan jika burung murai batu peliharaan anda terjangkit kutu:

1. Pembersihan bulu Murai Batu

Pembersihan bulu burung murai batu bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya yaitu;

a. Menghilangkan kutu dengan air sirih

Cara menghilangkan kutu pada burung Murai Batu bisa anda coba dengan memakai air rebusan daun daun sirih. Kemudian untuk jumlah daunnya sendiri yaitu sebanyak kurang lebih 10 lembar daun yang direbus.

Apabila telah mendidih, tunggulah air tersebut hingga benar-benar dingin. Kemudian setelah itu air tersebut bisa Anda pakai untuk disemprotkan pada bulu Murai yang sedang terjangkit kutu.

b. Menghilangkan kutu dengan air beras

Tak hanya dengan memakai air sirih, Anda juga dapat memakai air cucian beras. Akan tetapi yang harus Anda ingat, dianjurkan memakai air yang berwarna putih susu.

Air yang seperti itu menjadi semakin efektif untuk menghilangkan kutu-kutu yang menyerang Murai. Sedangkan untuk cara pemakaiannya sendiri yaitu dengan cara menyemprotkan air tersebut di bagian bulu Murai.

Pastikan bulu-bulu yang kerap di garuk burung ini seluruhnya disemprot dengan menggunakan air ini.

C. Semprot kutu dengan obat alami

Pakailah obat pembasmi kutu yang memiliki vitamin terbaik dan juga sangat efektif untuk menghilangkan kutu burung murai.

Pemakaiannya dengan cara mencampurkannya dengan air, selanjutnya anda bisa semprotkan pada bulu murai sampai merata. Dengan demikian kutu yang ada akan rontok dan hilang.

2. Pembersihan sangkar Murai

Kemudian cara menghilangkan kutu pada murai batu selanjutnya yaitu dengan pembersihan sangkar. Dan untuk pembersihkan kandang atau sangakar Murai sendiri anda bisa akukan dengan proses berikut;

Jangan menggunakan kerodong bekas

Burung murai batu yang akan dikerodong sebaiknya jangan mengenakan kerodong yang telah digunakan oleh burung ocehan lain.

Sebab dikhawatirkan kerodong tersebut akan terjangkit oleh telur-telur kutu dari burung yang dikerodong. Jadi jika dipakai tanpa dicuci terlebih dahulu maka bulu burung murai batu peliharaan anda bisa didiami oleh telur kutu yang telah siap menetas.

Apabila terpaksa menggunakan kerodong bekas, maka dianjurkan kerodong tersebut dicuci bersih dan juga disemprot terlebih dahulu dengan cairan anti kutu.

Tinggalkan Komentar