Perawatan Burung Pleci Saat Mabung Agar Cepat Selesai

Pleci merupakan salah satu burung kicau yang sekarang memang banyak disukai oleh pecinta burung kicau. Burung ini banyak dipelihara sebab pleci merupakan jenis burung yang rajin gacor dengan suara khasnya yang kerap dinamakan dengan sebutan ngalas.

Beraneka perlombaan gantangan yang sekarang ini banyak diadakan, peserta kelas pleci pun juga sangat banyak. Akan tetapi apabila masa mabung atau ngurak sudah terjadi pada burung ini, maka pleci akan menjadi jarang berkicau dan lebih kerap tidak berkicau.

Pada saat sedang mabung, pleci ini akan ada keadaan yang mana bulunya akan rontok dan selanjutnya terganti pada tumbuhnya bulu-bulu yang lebih baik.

Perawatan Burung Pleci Saat Mabung
Perawatan Burung Pleci Saat Mabung

Sebelum burung pleci mengalami mabung, terdapat tanda-tanda yang dapat kita tau dari perilaku serta ciri fisik pleci. Seperti halnya kerap mengembangkan bulunya, tubuh juga tampak semakin gemuk dari sebelumnya.

Untuk bulu halus yang terdapat disekitar perut akan berjatuhan dan selanjutnya tumbuh rambut putih di antara leher sampai kepala bagian atas.

Apabila tanda-tanda itu mulai tampak, maka sebaiknya mempersiapkan beberapa keperluan yang ada hubungannya dengan perawatan burung pleci saat mabung.

Seperti halnya buah-buahan segar, air minum, vitamin, dan juga ekstra fooding dsb. Untuk lebih jelasnya mengenai perawatan burung pleci saat mabung agar cepat selesai.

Pakan Pleci Saat Mabung

Pakan Pleci Saat Mabung
Pakan Pleci Saat Mabung

Dalam perawatan burung pleci saat mabung berikan veor yang memiliki kandungan gizi lengkap yang sesuai tingkat kebutuhan juga daya cerna pleci. Akan tetapi harus kita ingat, jangan memberikan voer dengan berlebihan.

Sebab apabila kebanyakan maka burung akan semakin gemuk. Jadi bisa menghambat proses mabungnya. Kita juga dapat memberikannya makanan tambahan.

MisalnyaDiantaranya yaitu ulat hongkong serta kroto secukupnya. Makanan tambahan dapat kita berikan pada pleci saat pagi atau sore hari. Pemberian EF juga tidak boleh kelebihan, berikan 1 ulat hongkong putih saja.

Tunda Pemandian dan Penjemuran

Sementara anda jangan memandikan dan menjemur burung pleci mabung sampai burung pleci selesai melewati masa mabungnya. Penundaan ini memiliki tujuan agar burung pleci dapatberistirahat sejenak supaya bisa terhindar dari sorotan matahari.

Apabila nantinya Jika sinar matahari terkena tubuh pleci maka akan berakibat di dalam pertumbuhan bulu. Dengan demikian proses pertumbuhannya akan menjadi semakin lama.

Lebih baiknya apabila kita mulai melakukan penjemuran serta pemandian lagi pada saat bulu-bulu pleci telah tumbuh dengan lebat seperti pada mulanya.

Pengondisian Lingkungan Sekitar

Dalam perawatan burung pleci saat mabung anda perlu mengondisikan pleci di lingkungan yang keadaannya sepi yang kedap suara akan tetapi udaranya baik.

Hal tersebut dapat menjadikan pleci merasa nyaman serta tidak mudah stres. Tak hanya itu saja, anda juga harus mengerodongnya agar tetap terasa aman serta bisa berjalan semakin efektif.

Pemberian Asupan Multivitamin

Burung pleci tak hanya memerlukan kadar protein tinggi saat sedang dalam keadaan mabung. Namun pleci juga butuh beberapa asupan multivitamin agar keadaannya tidak gampang drop atau gampang stres.

Multivitamin bisa bermanfaat di dalam membantu perontokan bulu yang kemudian dapat mempercepat pertumbuhannya. Di dalam membantu suaranya agar selalu terdengar merdu saat mabung berakhir.

Anda dapat memberi­­ nektar racikan yang terbuat dari air dicampur gula pasir atau pun gula merah. Untuk perbandingan anda bisa menggunakan 1:4.

Jika saat masa mabung pada burung pleci telah selesai atau berakhir, maka bulu-bulu barunya yang tumbuh akan tampak semakin mengkilat, kuat dantentu saja lebih indah. Saat itu bisa dilakukan pemasteran agar burung bisa kembali gacor.

Tinggalkan Komentar