Penyebab dan cara Mengatasi Lovebird Ngleper Di Lapangan

Lovebird hingga sekarang ini tetap menjadi burung kicauan yang memiliki banyak peminat. Selain itu lovebird juga banyak diikutkan dalam ajang perlombaan burung kicauan.

Namun sebelum mengikuti acara perlombaan, anda sebaiknya bisa merwat burung peliharaan anda dengan sebaik mungkin agar bisa menjadi jawara.

Sebab masih banyak sekali pemelihara burung loverbird terlebih untuk pemula yang masih kesulitan untuk mengatasi lovebird ngleper di lapangan.

Dahulunya untuk burung lovebird yang ngleper pada saat dilombakan masih tetap mendapatkan penilaian dari tim juri.

Akan tetapi untuk perlombaan yang diadakan saat ini, ketika banyak lovebird berkualitas di lapangan, maka lovebird ngleper di lapangan bisa mengalami pengurangan bahkan penilaian dari tim juri dapat membatalkannya.

Hal ini bisa digambarkan seperti halnya burung kacer yang bagong di lapangan. Yang paslovebird kita saattinya akan sayang sekali jika digantang rajin ngekek, tetapi masih ada nglepernya juga.

Sebab hal yang seperti ini sangat mempengaruhi penilaiannya, karena memang masih ada titik kelemahannya. Untuk mengatasi lovebird ngleper sebaiknya diketahui dulu penyebabnya.

Penyebab Lovebird Ngleper

Penyebab Lovebird Ngleper
Penyebab Lovebird Ngleper

Ngleper yaitu suatu kondisi lovebird yang mengalami over birahi di lapangan. Namun bisa saja diakibatkan karena bakat atau pembawaannya.

Pada saat bertemu lawannya yang berbeda jenis kelamin, lovebird pun dapat mengalami kondisi ngleper.

Faktor penyebab lovebird ngleper bisa juga karena lovebird dalam kondisi tidak fit alias kurang sehat.

Akan tetapi kita jangan sampai tidak memperhatikannya. Untuk beberapa penyebab lovebird ngleper diantaranya sebagai berikut:

  • Sifat bawaan burung
  • Over birahi (OB)
  • Kondisi tidak sehat
  • Bertemu lawan jenis kelamin

Tips Cara Mengatasi Lovebird Ngleper

Tips Cara Mengatasi Lovebird Ngleper
Tips Cara Mengatasi Lovebird Ngleper

Untuk mengatasinya, tentu kita harus mencermati faktor-faktor penyebabnya, sehingga tidak dapat diperlakukan secara seragam. Berikut ini rincian cara mengatasi lovebird ngleper berdasarkan faktor penyebabnya.

1. Ngleper karena bakat / pembawaan sifat burung

Dari beberapa pengamatan memang sudah ada beberapa lovebird yang mempunyai bakat atau pembawaan suka ngleper.

Tidak hanya saat digantang di arena lomba saja, tapi saat disandingkan dengan lovebird lainnya pun sudah langsung buka sayap tanda minta kawin.

Keadaan seperti ini terjadi pada lovebird betina, dan sangat jarang dijumpai pada lovebird jantan. Apabila ada, durasi nglepernya pun tidak selama dengan burung yang betina ini.

Untuk lovebird yang punya karakter seperti ini, untuk penanganannya memang cenderung sulit. Oleh sebab itu lovebird yang seperti ini tidak perlu dibawa ke lapangan lagi.

2. Ngleper karena over birahi

Ngleper juga dapat dipengaruhi oleh factor burung mengalami over birahi. Keadaan over birahi juga dapat disebabkan  faktor, misalnya faktor pakan dan faktor perawatan.

Kalau membahas masalah perawatan lovebird, tentu bisa sangat panjang lebar. Makanya, untuk mengatasinya, kita berikan beberapa bagian saja:

a. Mengontrol pakan lovebird

Jika over birahinya disebabkan oleh faktor pakan, termasuk extra fooding (EF), sebaiknya cara mengatasi lovebird ngleper yaitu dengan berikan pakan yang standar berupa milet putih.

b. Mengandangkan lovebird

Kandang untuk lovebird yang over birahi juga memiliki beberapa pilihan, misalnya:

  • Dikawinkan namun tidak ditelurkan. Yang mana lovebird dibiarkan kawin, namun kandangnya tak perlu diberi kotak sarang / gelodok.
  • Dikawinkan serta ditelurkan. Konsepnya tidak jauh berbeda dari penangkaran lovebird pada umumnya.
  • Dikandangkan sendirian tanpa pejantan hingga burung bertelur. Karena burung betina meski tak dikawinkan nantinya juga akan bertelur. Apabila telah mencapai umur dewasa kelamin. Dalam hal ini, kandang tetap disediakan gelodok. Umumnya jika tanpa kawin, jumlah telurnya rata-rata dua butir.

Tinggalkan Komentar