Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Cendet Mengembangkan Bulu

Burung Cendet termasuk salah satu jenis burung kicau yang diketahui lihai dalam menirukan suara burung lain, apalagi suara burung-burung kecil. Sebab, ketika berada di alam bebas, kemampuan ini dipakai burung cendet untuk menarik burung kecil yang akan dimangsanya.

Di balik karakter fighter-nya, ada sifat negatif yang dimiliki oleh burung Cendet yang terkadang akan anda temui di rumah. Burung Cendet yang pada awalnya tenang, suatu ketika bisa berubah menjadi manja.

Karakter Cendet manja biasanya juga ditandai seperti burung Cendet mengembangkan bulu atau biasa disebut mbagong. Dengan demikian sifatnya menjadi kepiyik-piyikan atau miyik. Sifat manja yang seperti ini juga dapat muncul sewaktu-waktu. Khususnya apabila anda sering memanjakannya.

Penyebab Burung Cendet Mengembangkan Bulu
Burungmaster.com

Ketika keadaannya normal, pentet yang usianya sudah dewasa atau sudah berumur 8 bulan biasanyan tidak memperlihatkan lagi sifat-sifat manjanya. Akan tetapi, sebab ada faktor pemicu yang didapatkannya sejak kecil, beberapa pentet dewasa masih menampakkan sifat manja atau miyik.

Sifat manja yang ditunjukkan yaitu dengan cara burung Cendet mengembangkan bulu yang dibarengi dengan mengeluarkan suara anakan dari burung Cendet.

Penyebab Burung Cendet Mengembangkan Bulu

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan burung Cendet mengembangkan bulu:

Pemberian Pakan yang Salah

Penyebab yang pertama yaitu pemberian pakan yang tidak teratur. Bisa juga karena bahan pakan yang diberikan kurang memenuhi standar nutrisi yang diperlukan seekor Cendet. Dengan demikian, burung tersebut mengalami malnutrisi, misalnya saja defisiensi vitamin serta defisiensi mineral tertentu.

Burung Cendet dikenal sebagi jenis burung predator. Paruhnya yang bercagak biasanya dimanfaatkan untuk merobek daging mangsanya. Diantaranya seperti kadal, burung kecil, serta ikan kecil.

Apabila menu hariannya hanya mengandalkan pakan yang kering seperti voer serta beberapa ekor jangkrik saja setiap harinya, bisa jadi akan miyik karena burung membutuhkan protein yang lebih.

Banyak yang memiliki anggapan jika burung Cendet menjadi bersifat manja apabila terlalu sering diberi makanan langsung dari tangan kita. Diantaranya seperti jangkrik.

Perlu anda ketahui, sebenarnya yang menjadikan burung Cendet menjadi cepat manja sebab mereka merasa kurang tercukupi protein hewaninya.

Jika anda berikan jangkrik untuk Cendet yang manja, pasti Cendet tersebut akan memakannya tanpa henti. Cendet yang memiliki sifat sangat rakus biasanya dia merasa kekurangan nutrisi.

Cara Mengatasi Burung Cendet Mengembangkan Bulu

Cara Mengatasi Burung Cendet Mengembangkan Bulu
alvancms.blogspot.com

Untuk mengatasi burung Cendet mengembangkan bulu anda bisa hentikan kebiasaan anda untuk memberikan makan burung dengan cara diloloh. Jadi sebisa mungkin burng Cendet peliharaan anda diberikan secara langsung dengan menggunakan tangan.

Anda bisa memberikan pakan EF, diantaranya seperti jangkrik dan juga memberikan ulat hongkong dengan memakai cepuk ataupun wadah khusus EF. Anda bisa memberikan pakan/ EF jangkrik secara teratur, diantaranya pada saat pagi dan sore hari.

Sebaiknya anda jangan sembarangan untuk memberikan makanan tambahan atau EF sewaktu-waktu. Diantaranay pada saat anda menemukan jangkrik maupun belalang selanjutnya anda berikan burung begitu saja. Jadwalkan pemberikan jangkrik, yaitu pada saat pagi dan sore dengan jumlah yang sama (sebaiknya diberikan dengan jumlah yang tidak berubah-ubah)

Mengatasi burung Cendet mengembangkan bulu juga bisa dilakukan dengan memandikan burung secara teratur setiap pagi. Selanjutnya tambahlah durasi penjemuran. Contohnya saja selama 3 jam setiap hari dari jam 8 hingga jam 11.

Anda bisa melakukan full kerodong dengan memakai kerodong yang tebal di setiap hari, terkecuali pada saat mandi, pemberian pakan, dan juga pada saat penjemuran.

Tinggalkan Komentar