Pakan Racikan Lovebird Konslet dan Cara Pelatihannya

Untuk melakukan perawatan lovebird bisa dikatakan dalam 2 kategori. Diantaranya yaitu lovebird untuk ternak dan juga lovebird untuk lomba. Untuk perawatan lovebird untuk lomba, mungkin anda pernah mendengar istilah lovebird konslet.

Yang mana, lovebird konslet ini dalam hal perawatannya dikenal lebih mudah dan sering ngekek panjang di lapangan. Akan tetapi, untuk menjadikan lovebird konslet, sebaiknya anda semua harus memiliki pasangan lovebird lebih dari satu.

Pakan Racikan Lovebird Konslet

Pakan Racikan Lovebird Konslet
vitaminburung.com

Sebab, biasanya lovebird merupakan jenis burung yang hidup berkelompok dan memiliki 1 pasangan selama ini hidupnya. Pada umumnya seperti ini dikenal dengan istilah monogami.

Tak hanya itu saja, pakan racikan lovebird konslet juga harus diberikan lengkap menggunakan metode pelatihannya. Hal ini dilakukan agar lovebird peliharaan anda bisa berkualitas.

Sekarang Anda sudah mengetahui rahasia membuat Lovebird Konslet yaitu dengan memberikan pasangan atau untulan sebelum lomba.

1. Racikan Pakan Lovebird dengan Bawang Putih Tunggal

Bahan-bahan:

  • Bawang putih tunggal secukupnya
  • Pakan milet secukupnya
  • Air hangat secukupnya
  • Parutan
  • Saringan

Cara membuat pakan racikan lovebird konslet:

Beberapa siung bawang putih tunggal sebaiknya anda perut hingga benar2 halus. Jika sudah halus, parutan bawang putih tunggal tersebut direndam dalam air hangat. Sesudah itu, saringlah sisa bawang putih tunggal sampai bersih.

Rendaman bawang putih tunggal tadi digunakan untuk merendam pakan milet selama waktu beberapa jam. Dan sesudah cukup lama direndam, anda dapat mengeringkannya dengan cara dijemur di bawah terik sinar matahari.

Apabila telah kering sempurna, pakan milet tersebut dapat diberikan pada burung lovebird supaya bisa konslet dan ngekek panjang.

Waktu pemberian milet terbaik setelah mandi sore. Anda juga bisa menambahkan jagung muda dan suplemen agar Lovebird tampil konslet.

2. Pakan Racikan Lovebird Konslet Campur Jamu Tradisional

Bahan-bahan:

  • Gingseng
  • Kunyit
  • Temu ireng
  • Kayu manis
  • Madu
  • Telur puyuh
  • Minyak ikan

Cara pembuatan:

Semua bahan tersebut selanjutnya dicampur jadi satu dengan cara diblender. Campurkan juga dengan sedikit air supaya racikan pakannya menjadi encer.

Apabila telah terasa encer dan tercampur rata, pakailah untuk merendam milet. Waktu perendaman kurang lebih selama satu malam.

Besok paginya rendaman jamu tradisional tersebut bisa anda saring dan dikeringkan dengan cara di-oven maupun disangrai hingga berwarna kecokelatan. Apabila telah kering dan dingin, racikan pakannya tersebut dapat anda berikan ke lovebird.

Cara Melatih Lovebird Konslet dengan Untulan

Pelatihan Lovebird Untulan
burungnya.com

Pelatihan lovebird konslet sebenarnya cukup mudah, antara lain yaitu dengan memberikan untulan atau pasangan yang benar-benar disukai oleh lovebird tersebut. Dengan demikian, kunci utama dari Lovebird tersebut yaitu pasangan atau untulan.

Dan jika lovebird peliharaan anda telah memiliki pasangan yang serasi dan cocok, maka anda dapat memulai dengan sesi latihan. Akan tetapi, apabila anda belum bisa menemukan pasangan yang dirasa cocok, maka anda bisa coba mencari pasangan yang lainnya.

Intinya, sebaiknya lovebird tersebut diberikan pasangan dulu dan perhatikan apakah lovebird sudah dekat dengan pasangan atau belum. Dan sesudah itu, coba pisahkan lovebird dengan pasangannya. Setelah itu, coba anda perhatikan apakan lovebird peliharaan anda tersebut jadi konslet dan ngekek panjang atau cuma diam saja.

Jadi, selain memberikan pakan racikan lovebird konslet, anda juga harus melatih dan merawatnya dengan sebaik mungkin hingga berhasil. Untuk membuat lovebird konslet sesuai yang anda inginkan, maka anda harus bisa sabar dan telaten di dalam melakukan perawatan hariannya.

Tinggalkan Komentar