Home » Kabar Burung » Mengetahui Ragam Manfaat Pepaya Kering untuk Burung Paruh Bengkok

Mengetahui Ragam Manfaat Pepaya Kering untuk Burung Paruh Bengkok

Banyak orang yang memelihara burung berparuh bengkok seperti Lovebird, Parkit, Beo, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini disebabkan burung berparuh bengkok ini memiliki suara kicuaan yang merdu.

Untuk menghasilkan burung kicauan yang memiliki suara yang bagus, maka harus dilakukan perawatan yang baik dan benar. Misalnya saja pada masalah penjemuran, pemandian, dan yang tak kalah pentingnya yaitu masalah pemberian pakan.

Pakan untuk burung paruh bengkok memang sangatlah bervariasi. Dari mulai jenis sayur-sayuran, buah-buahan, serta aneka biji-bijian. Pada umumnya, pakan yang diberikan untuk burung paruh bengkok itu disuguhkan dalam keadaan segar.

Tandanya yaitu dengan keadaan yang belum layu, warnanya juga tidak kusam, dan pastinya sayuran atau buah yang diberikan itu tidak busuk.

Namun, untuk jenis makanan yang bisa dikonsumsi burung paruh bengkok tidak hanya mengandalkan jenis sayur maupun jenis buah yang segar-segar.

Sebab, anda dapat memberikan pakan segar dengan cara mengolahnya menjadi pakan kering yang dapat tahan lebih lama dari pada dengan pakan segar.

Sedangkan untuk jenis pakan kering tersebut yaitu berupa buah pepaya yang telah dikeringkan. Manfaat pepaya kering untuk burung paruh bengkok ternyata cukup banyak.

Manfaat Pepaya Kering untuk Burung Paruh Bengkok

omkicau.com

Pepaya kering mungkin belum banyak diketahui memiliki manfaat untuk burung paruh bengkok. Namun, dari beberapa pemelihara burung paruh bengkok telah ada yang memberikannya untuk dijadikan pakan selingan atau tambahan bagi burung kicauannya.

Manfaat pepaya kering untuk burung paruh bengkok ternyata bisa menjadikannya tidak merasa bosan hanya karena memakan buah maupun sayuran yang selalu sama.

Oleh sebab itu, manfaat pepaya kering untuk burung paruh bengkok juga bisa untuk menjaga nafsu makannya supaya tidak mudah menurun.

Pepaya kering yang dijadikan sebagai pakan tambahan bagi burung paruh bengkok asalnya dari buah pepaya segar yang diolah dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu.

Cara Membuat Pepaya Kering Untuk Burung

Tak hanya itu saja, pakan pepaya kering sebenarnya juga bisa dibuat sendiri tanpa anda harus membelinya di tempat pakan burung kicauan. Proses pembuatan pepaya kering ini juga sangatlah mudah, seperti berikut ini:

Terlebih dulu anda bisa menyiapkan buah pepaya yang keadaannya tidak terlalu matang. Jadi lihatlah kondisi, pepaya yang belum terlalu matang dagingnya yang tidak lembek atau hancur ketika ditekan.

Setelah itu kupas dan potong sesuai ukuran yang anda inginkan. Taruh pepaya yang sudah dipotong tersebut pada sebuah wadah yang ukurannya sedikit besar.

Setelah itu dalam mengeringkan pepaya bisa dilakukan dengan dua cara. Diantaranya memanggangnya pada oven yang memiliki suhu 36 derajat celsius dengan lama waktu kurang lebih sekitar 12 jam.

Anda juga bisa melakukannya dengan menjemur potongan buah pepaya tersebut di bawah terik matahari dalam waktu beberapa hari.

Pepaya kering yang sudah tidak ada kandungan airnya bisa anda masukkan pada sebuah toples atau wadah yang kedap udara. Tujuannya supaya pepaya kering tidak berlumut atau terkena bakteri berbahaya.

Cara Memberikan Pepaya Kering Untuk Burung Paruh Bengkok

youtube.com

Manfaat pepaya kering untuk burung paruh bengkok bisa anda dapatkan jika anda memberikannya dengan tepat. Pemberian buah pepaya kering untuk burung kicauan paruh bengkok tidak dilakukan setiap hari. Namun, bisa anda berikan 3 kali seminggu.

Sebab, buah pepaya kering sudah tidak ada kandungan airnya dan cadangan nutrisinya pun juga menurun, jadi tetaplah memberikan jenis buah-buahan dan sayuran yang masih segar.

Tinggalkan Komentar