Mengetahui Ragam Manfaat Lidah Buaya Untuk Burung Kicauan

Lidah buaya (aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal memiliki bayak sekali manfaat. Baik itu untuk keseharan maupun untuk kecantikan. Dan manfaat dari tanaman lidah buaya di kembangkan untuk dijadikan bahan baku industri farmasi dan kosmetika.

Perlu anda ketahui, jika kandungan tanaman lidah buaya ini tidak hanya berguna pada manusia saja, akan tetapi juga bisa bermafaat untuk hewan dan unggas. Terutama untuk jenis burung berkicau. Manfaat lidah untuk burung kicauan juga cukup banyak dan sudah terbukti. Para kicau mania yang sudah senior sudah merasa tidak asing lagi akan manfaat lidah buaya yang dapat mengatasi berbagai permasalahan pada burung peliharaannya.

hewanpeliharaan.org

Ragam kandungan alami tanpa ada bahan kimia ini bermanfaat sekali untuk menyembuhkan penyakit tanpa khawatir efek samping yang kurang baik. Bahka lidah buaya sudah dimasukka dalam bahan baku pembuatan voer untuk burung.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Burung Kicauan

Untuk para pemelihara burung kicauan yang mungkin masih pemula dan belum tahu bayaknya manfaat lidah buaya untuk burung kicauan, berikut ini adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk aneka burung berkicau.

1. Anti Oksidan

Anti oksidan alami ini bermafaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh serta mem­bantu mencegah penyakit yang diakibatka karena radikal bebas lewat udara dan cuaca.

2. Obat Penyembuh Luka

Luka pada burung pada umumnya diakibatka oleh gigitan serangga, luka bakar dan jenis penyakit kulit lainnya. Perlu ada tahu jika gangguan penyakit tersebut bisa disembuhkan oleh lidah buaya. Diantaranya dengan cara menggunakan lendir dari lidah buaya tersebut dan di tempelkan pada bagian yang luka pada burung.

3. Anti Inflamasi

Meninum atau pakan burung yang terdapat kadungan sari pati lidah buaya ini diyakini bisa untuk mengobati serta mencegah konstipasi untuk melancarkan saluran pencernaan. Kandungan serat yang ada pada lidah buaya melebihi serat di buah-buahan. Dengan demikia, burung dapat tumbuh dengan sehat dan juga aman dari pentakit lambung dan usus.

4. Menghilangkan Kuman Pada Bulu

Bulu pada burung merupakan suatu struktur epidermis yang membentuk penutup luar. Kemudian, untuk cairan yang terdapat pada akar burung berupa minyak ini bisa untuk membantu melindungi bulu dari kekeringan.

Bulu yang rusak dan kering pada umumnya di sebabkan oleh jamur, kuman serta kutu yang menghambat metabolisme minyak yang ada di bagian akar bulu. Apabila di biarkan dalam jangka panjang maka bisa mengakibatkan bulu ngelidi. Lebih parahnya lagi bisa rusak bahkan terjadi kebotakan permanen.

Gangguan yang seperti ini biasanya disebabkan oleh minyak pada akar bulu burung yang diserap habis oleh hama jahat tersebut. Mandikanlah secara teratur dengan memakai air rebusan lidah buaya di percaya bisa untuk mengatasi permasalahan di atas.

5. Penyubur Bulu Sesudah Mabung

Manfaat lidah buaya untuk burung kicauan juga bisa dijadikan sebagai penyubur bulu sesudah mabung. Burung yang sedang dalam proses mabung lain halnya dengan kerusakan pada bulu karena pengaruh hama jahat.

Ketika burung sedang mabung, biasanya memerlukam banyak multivitamin dari biasanya. Dengan diberikan lidah buanya secara teratur diyakini bisa memepercepat pertumbuhan bulu baru dengan sempurna. Dengan ramuan alami ini, burung bisa subur bulunya.

6. Pembasmi Kuman Saluran Pernafasan

lifestyle.okezone.com

Air rebusan lidah buaya ini bermanfaat sekali untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit yang menghambat saluran pernafasan pada burung. Contohnya saja seperti masalah saluran tenggorokan. Sebab di saat ada gangguan di saluran pernafasannya, biasanya burung akan malas berkicau. Selain itu, nafsu makan juga bisa menurun. Karena burung akan merasa sakit jika melakukan aktifitas tersebut.

Tinggalkan Komentar