Cara Mencegah dan Mengatasi Bulu Lovebird Mudah Rontok

Bagi pecinta burung kicauan khususnya lovebird tentu saja menginginkan burung lovebird yang dipelihara tetap sehat baik dari fisiknya maupun dari suara kicauannya. Akan tetapi tidak jarang juga para pemelihara lovebird mengalami permasalahan seperti ada jenis penyakit yang menyerang lovebird.

Atau terkadang juga mengalami bulu pada burung lovebird mengalami kerontokan yang parah. Dengan begitu anda sebagai pemelihara harus tau cara mengatasi bulu lovebird mudah rontok.

Menangani lovebird yang mengalami kerontokan sebenarnya ada mudahnya dan ada juga kesulitannya. bagi pemula pasti akan terlebih dahulu kebingungan untuk mengatasi hal ini. Akan tetapi untuk pecinta lovebird yang sudah pengalaman hal ini bukanlah masalah yang terlalu besar.

Mengatasi Bulu Lovebird Mudah Rontok
Mengatasi Bulu Lovebird Mudah Rontok

Sebab mereka pasti sudah mengetahui cara-cara merawat burung yang mengalami kerontokan. Sehingga menangani masalah kerontokan yang ada dalam burung bukanlah pekerjaan yang menyulitkan mereka.

Mengenai masalah kerontokan burung, sebenarnya untuk mengatasi hal ini yang paling baik adalah dengan mengetahui sebab-sebab terjadinya kerontokan. Karena dengan mengetahui penyebabnya maka kita akan mudah untuk mengatasi bulu lovebird mudah rontok tersebut.

Cara Mengatasi Bulu Lovebird Mudah Rontok

Kerontokan lovebird sebenarnya terjadi akibat 3 hal, yaitu disebabkan proses mabung, terjangkit kutu, atau sebab sedang menderita sebuah penyakit.

Guna mengatasi kerontokan bulu pada burung tersebut, Anda sebaiknya memperhatikan 3 penyebab umum tersebut. Jika Anda ingin mengatasi masalah kerontokan pada burung, sebaiknya Anda perhatikan penyebab-penyebabnya dan cara mengatasinya. Penyebabnya antara lain sebagai berikut;

1. Proses mabung

Proses ini merupakan proses alami yang biasa dilalui oleh setiap jenis burung, dalam proses ini bulu burung akan rontok dengan sendirinya. Akan tetapi meskipun rontok, bulu-bulu tersebut akan tumbuh lebat kembali seperti bulunya semula.

Apabila burung Anda sedang mengalami mabung maka dianjurkan Anda berikan nutrisi yang baik untuknya. Karena nutrisi seperti protein memang mereka begitu butuhkan sebab bisa menjadikan bulu mereka kembali tumbuh dengan cantik dan lebat.

Selain itu Anda juga harus mendesain ulang sangkar burung supaya lovebird kesayangan anda tidak merasa kedinginan, atau Anda juga bisa menggunakan kredong untuk menghangatkan tubuh burung dan melindunginnya dari cuaca yang dingin.

2. Terkena penyakit

Penyebab kerontokan bulu pada lovebird juga bisa dikarenakan penyakit pada burung lovebird, penyakit-penyakit tersebut akan menjadikan burung tersebut mengalami gejala yang membuat bulu mereka rontok.

Di dalam mengatasi bulu lovebird mudah rontok ini sebaiknya Anda serahkan burung Anda untuk dilakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter hewan. Bisa juga apabila penyakitnya ringan maka Anda dapat melakukan penanganan mandiri.

3. Terjangkit kutu

Mengatasi Bulu Rontok Karena Kutu
Mengatasi Bulu Rontok Karena Kutu

Kutu yang ada pada bulu burung lovebird juga dapat membuat bulu burung ini rontok. Dikarenalan rasa gatal yang disebabkan oleh kutu akan menjadikan burung ini menggaruki bulu mereka dan ujung-ujungnya pun bulu-bulu tersebut akan rontok.

Di dalam mengatasi hal ini Anda bisa memandikan burung Anda secara rutin setiap hari. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat memakai obat anti-kutu yang dijual di toko burung.

Berbagai macam penyakit yang ada pada burung khususnya lovebird sebenarnya bisa dicegah. Akan tetapi jika sudah terlanjur terkena penyakit, maka segera lakukan pengobatan.

Cara-cara mengatasi bulu lovebird mudah rontok di atas bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kerontokan bulu pada burung Anda.

Namun dianjurkan sebelum terjadinya kerontokan ada baiknya Anda lakukan tindakan pencegahan dengan cara merawat kebersihan burung dan sangkarnya.

Langkahnya yaitu dengan rutin membersihkan tubuh burung dengan mandi. Tak hanya itu, Anda juga bisa membersihkan sangkar burung secara rutin setiap hari supaya burung merasa lebih nyaman serta bisa terbebas dari kutu.

Tinggalkan Komentar