Mengetahui Perbedaan Burung Tledekan Jantan dan Betina

Burung Tledekan adalah salah satu jenis burung yang memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 8 hingga 20 cm. Bulunya juga memiliki warna yang sangat beragam. Contohnya saja seperti warna biru, oranye, putih, coklat dan lain sebagainya.

pengicau.net

Burung tledekan atau sulingan ini tersebar di daerah Nepal, India, Myanmar, Bhutan, Kamboja, Thailand, Sumatra dan Jawa dan lain sebagainya.

Untuk jenis burung ini juga suka bertempat tinggal di daerah yang kondidinya lembab, misalnya pada hutan tropis dan sub-tropis yang diketahui dekat dengan aliran air sungai.

Perbedaan Burung Tledekan Jantan dan Betina

Dalam memelihara maupun menangkarkan jenis burung tledekan ini, anda semua harus mengetahui perbedaan burung tledekan jantan dan betina.

Namun, anda juga belum tahu metode yang dapat dilakukan dalam membandingkan jenis kelamin burung tersebut, berikut ini adalag cara mengetahui perbedaan burung tledekan jantan dan betina lengkap setiap jenisnya.

Perbedaan Tledekan Gunung Cacing Jantan dan Betina

Untuk burung yang jantan bentuk tubuh lebih ramping dan panjang, lalu pada bagian kepala juga terlihat cenderung lebih kecil. Bulu yang ada di bagian atas mulai kepala, sayap sampai dengan bagian ekor juga berwarna biru.

Paruhnya juga relatif panjang dan juga lancip. Sedangkan untuk bulu dagu hingga dada berwarna oranye pekat, wputih bersih juga terlihat pada bagian perutnya.

Sedangkan untuk yang betina pada bagian ubuh berbentuk pendek membundar. Bagian kepala juga relatif besar dibanding lawan jenisnya. Lalu untuk bulu bagian atas mulai kepala, sayap sampai ekor berwarna coklat gelap.

Ciri Sikatan Bakau atau Tledekan Bakau Jantan dan Betina

Untuk yang jantan warna bulu biru pada bagian kepala hingga punggung terlihat mengkilap. Bagian bulu sekitar paruh berwarna hitam dan sayap hitam lebih berkilau dan pekat.

Sedangkan untuk yang betinanya berwarna biru punggung hingga pada bagian kepala yang cenderung kusam. Ada juga bulu putih di sekitar paruhnya dan sayapnya berwarna hitam kusam.

Ciri Sikatan Biru Putih atau Tledekan Laut Jantan dan Betina

Perbedaan burung tledekan jantan dan betina untuk jenis ini yaitu bentuk tubuh yang jantan cenderung ramping dan juga panjang. Sedangkan untuk bagian dagu sampai pada bagisn dada berwarna hitam. Untuk bagian atas kepala sampai ekor berwarna biru berkilau.

Untuk yang betina ciri khasnya yiatu tubuhnya yang relatif besar dengan bentuk membundar dan pendek. Sedangkan pada bagian bulu dada hingga pada bagian dagu berwarna cokelat kusam.

Lalu, untuk bagian punggung sampai dengan bagian atas kepala ini mempunyai bulu coklat kusam, namun untuk bagian ekornya juga terlihat berwarna biru terang.

Sedangkan untuk bulu sikatan biru muda bagian perut hingga bagian dada berwarna cokelat kusam, namun untuk bagian ekor bagian bawah berwarna putih, sayapnya juga mengkilap berwarna biru.

Perbedaan Jenis Kelamin Tledekan Biru Muda

omkicau.com

Untuk yang berjenis kelamin jantan bagian paruh lebih runcing. Lalu, untuk bagian bulu bagian atas tubuh berwarna biru muda. Perut sampai pada bagian bawah ekor ada bulu coklat keabu-abuan.

Sedangkan untuk yang betina bagian paruh cenderung terlihat tumpul. Lalu, tubuh bagian atas terdapat bulu coklat muda atau memutih. Lalu, untuk bagian dagu burung tledekan betina ini sampai bagian bawah ekor terlihat berwarna putih bersih.

Kemudian pada bagian sayapnya memiliki warna seperti cokelat muda. Perbedaan burung tledekan jantan dan betina ini sebenarnya mudah sekali diketahui, jika diamati dengan sungguh-sungguh.

Tinggalkan Komentar