Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Tledekan Ngedrop

Kondisi drop tentunya telah dirasakan oleh berbagai macam jenis burung, termasuk pada jenis burung tledekan. Berbagai macam faktor penyebab teldekan ngedrop memang sudah diketahui, akan tetapi banyak juga cara untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada burung tersebut.

Jika anda termasuk pemelihara yang baik, sebaiknya anda semua selalu berusaha untuk membantunya keluar dari masa drop. Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi burung tledekan ngedrop yang baik dan benar.

Walaupun kondisi drop ini bisa saja terjadi yang disebabkan oleh sifat alami dari burung tledekan tersebut, akan tetapi keseluruhannya pasti tergantung pada pemiliknya tersebut itu sendiri.


peliharaanimut.net

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Tledekan Ngedrop

Kondisi drop bisa menjadikan burung tledekan ini mengalami berbagai macam permasalahan. Misalnya saja burung tledekan tak mau berkicau atau dalam waktu seharian terlihat lesu. Bahkan dalam berbagai macam kejadian, drop jug dapat menurunkan kualitas dari suara tledekan.

Ngedrop juga ada kaitannya dengan mental. Sebagian besar dari tledekan lomba yang ngedrop disebabkan oleh mentalnya kalah dengan burung tledekan lomba yang lainnya.


dlsuaraburung.com

Selain itu, birahi juga ada kaitannya dengan masalah drop. Pada umumnya burung drop bisa diakibatkan oleh birahi yang terlalu rendah. Akan tetapi dalam hal lain, birahi normal namun masih drop bisa saja terjadi.

Walaupun jarang, pada umumnya hal tersebut terjadi disebabkan mood atau perasaan tledekan saat itu sedang tidak baik. Cara mengatasi burung tledekan ngedrop bisa diatasi dengan berbagai macam cara seperti berikut ini.

1. Meningkatkan Birahi

Ngedrop paa terjadi jika birahi terlalu rendah. Dalam mengatasinya tingkatkan sedikit birahi menggunakan EF seperti jangkrik dan ulat hongkong. Anda bisa memberikannya setiap 5 sampai dengan 10 ekor jangkrik ada pagi dan sore hari. Perhatikan dan jangan sampai over birahi.

2. Melatih Mental

Berbagai cara dapat dilakukan untuk melatih mental tledekan atau burung sulingan supaya dapat juara pada arena lomba. Mental dinilai penting sekali. Sebab, sebelum kicaun burung terdengar dalam arena lomba, mental bertarung terlebih dulu. Mandikanlah pada saat malam hari untuk melatih burung tledekan.

3. Pemberian Mandi Malam

Mandi malam tidak hanya bermanfaat untuk menguatkan mental burung tledekan. Akan tetapi juga bisa untuk mengatasi stres berlebihan pada tledekan. Mandi malam juga merupakan mandi yang dilakukan pada saat malam hari.

Misalnya saja saat pukul 08.00 malam atau di bawah pukul 10.00 malam lebih baik. Sesudah mandi, berikan 2 sampai 3 ekor jangkrik dengan tujuan mendongkrak birahi tledekan.

4. Pengembunan

Lakukan pengembunan secara rutin untuk membantu mengatasi tledekan ngedrop. Pengembunan yang baik yaitu pengembunan yang dilakukan saat pukul 05.00 hingga 05.30. Sesudah itu, berikan pakan jangkrik sekitar 2 sampai dengan 3 ekor jangkrik.

Bisa juga anda menggantinya dengan pakan ulat hongkong. Pemberian kroto bisa juga anda tambahkan sebanyak 1 sendok teh. Untuk cara ini dilakukan 3 hari sekali atau 2 kali dalam seminggu.

5. Pemberian Pakan yang Teratur

Berikan voer, kroto, dan juga EF. Jenis makanan utama tersebut bisa diberikan pada pagi dan sore hari. Sebaiknya anda jangan sampai melewatkan jadwal pemberian. Sebab, dapat menjadikan tledekan menjadi drop, sakit, bahkan juga bisa bertingkah aneh.

6. Pemberian Multivitamin

Cara mengatasi burung tledekan ngedrop bisa dilakukan dengan memberikan vitamin. Vitamin juga bermanfaat sekali untuk meningkatkan stamina serta untuk memenuhi asupan nutrisi untuk perkembangan tledekan. Apabila asupan vitamin yang terus terjaga, tentu akan menjadikan burung tledekan tetap fit serta menjadi tidak mudah ngedrop

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar