Mengetahui Cara Merawat Burung Tledekan Lomba Yang Benar

Burung tledekan atau yang juga disebut dengan burung sulingan termasuk burung yang kuat dalam karakter fight nya.

Untuk karakter petarung yang ada pada burung tledekan ini akan muncul seiring dengan pertambahan birahi dan juga bertambahnya usia burung tersebut.

Sama halnya dengan jenis burung – burung yang memiliki karakter fight lainnya, burung tledekan ini juga mempunyai sifat yang teritorial.

Yang menjadikan para penggemar burung tledekan masih tetap menggemari burung ini yaitu disebabkan suaranya yang sangat enak didengar di telinga oleh para penggemarnya.

Tak hanya itu saja, banyak sekali jenis tledekan yang sudah tersebar luas di Indonesia. Jenis-jenis sulingan itu juga mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Akan tetapi yang kerap ikut dalam perlombaan diantaranya adalah jenis tledekan atau sulingan gunung.

Karakter Burung Tledekan

Jenis burung sulingan yang mempunyai karakter fighter yang kuat ini bisa dibuktikan pada saat disandingkan dan dia melihat burung lain.

Sebab burung tersebut akan langsung bereaksi. Sebab menjadi burung dengan karakter fighter yang kuat, burung tledekan ini memiliki sifat teritorial yangjuga kuat.

Burung tledekan ini memiliki kelebihan dalam adaptasinya. Sebab burung ini bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dengan demikian tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat beradaptasi.

Cara Merawat Burung Tledekan Lomba

Cara Merawat Burung Tledekan Lomba
Cara Merawat Burung Tledekan Lomba

Sebab suara burung tledekan yang enak didengar, maka saat ini sudah banyak event – event yang menyelenggarakan kompetisi untuk mengikutsertakan burung jenis tledekan ini.

Dengan kemenangannya di berbagai kompetisi tersebut harga jual burung juga bisa menjadi lebih meningkat. Akan tetapi ada yang harus anda perhatikan dengan sungguh sungguh.

Diantaranya yaitu cara merawat burung tledekan lomba yang baik dan benar. Akan tetapi untuk menghasilakan suara yang enak didengar itu disesuaikan dengan bagaimana cara kita dalam merawat burung tledekan tersebut.

Cara merawat burung tledekan lomba ini sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan cara perawatan burung – burung kicau pada umumnya.

Diantaranya yaitu seperti memandikan, menjemur, danjuga pemberian makanan yang dinilai berkualitas.

Yang harus diperhatikan di dalam perawatan burung tledekan yang dipersiapkan untuk lomba ini yaitu untuk menjaga supaya tingkat birahi tetap stabil dan juga staminanya juga bisa tetap terjaga.

Yang terpenting dan harus selalu diperhatikan yaitu anda harus memahami karakter burung tledekan anda sebagai kunci keberhasilan anda di dalam mempersiapkan burung tledekan lomba.

Cara Merawat Tledekan Sebelum Lomba

Cara Merawat Tledekan Sebelum Lomba
Cara Merawat Tledekan Sebelum Lomba

Berikut ini adalah beberapa cara merawat tledekan sebelum perlombaan yang harus anda lakukan:

Ketika pagi hari sekitar pukul 05.30 keluarkan burung untuk diembunkan.

Sesudah pengembunan sebaiknya burung langsung dimandikan.
Dan sesudah burung tledekan dimandikan, anda bisa memberikan makanan berupa 1 ekor jangkrik dan kroto segar.

Setelah itu jemur burung kurang lebih hingga pukul 08.00 pagi. Angkat dari jemuran selanjutnya kembalikan burung tersebut ke gantangannya tanpa harus di kerodong.

Saat sore hari kita dapat melakukan proses memandikan lagi burung tledekan kita. Dan sesudah memandikan, angin – anginkan sebentar lalu tutup dengan kerodong.

H -1 lomba berikan EF (Extra Food) berupa 12 ekor ulat hongkong putih yang tujuannya untuk menambah daya tempur burung. Ketika tiba di tempat lomba jangan langsung dipertemukan dengan burung tledekan lainnya.

Cara Merawat Tledekan Setelah Lomba

Anda bisa mengembalikan porsi EF (Extra Food) ke setelan harian.

Campurkan multivitamin seperti pada air minum burung satu hari setelah lomba (H+1 lomba).

Anda juga sudah bisa melakukan penjemuran selama maksimal 30 menit sampai H+3 pasca lomba.

Tinggalkan Komentar