Mengetahui Penyebab Lovebird Telat Ngekek Di Gantangan

Lovebird merupakan jenis burung kicauan paruh bengkok yang memiliki ciri khas berupa suara kicauannya yang ngekek. Inilah yang menjadikan jenis burung ini banyak sekali dipelihara oleh para pecinta burung kicauan.

Namun, ada permasalahan seperti lovebird telat ngekek di gantangan yang sering dialami lovebird ketika sesi awal gantang tidak langsung bunyi. Dan berbeda dengan sesi selanjutnya yang langsung bunyi ngekek pada saat burung tersebut digantangkan.

Penyebaba lovebird telat ngekek di lapangan pada umumnya terjadi pada sesi awal, karena belum panas. Dan setelah digantang, lovebird tidak langsung mau mengeluarkan bunyinya.

Penyebab Lovebird Telat Ngekek

Penyebab Lovebird Telat Ngekek
lovebirdseo.net

Lovebird telat ngekek juga disebabkan oleh berbagai macam faktor. Antara lain yaitu seperti berikut ini:

Lovebird Terlalu Kenceng

Pada umumnya, lovebird hanya ngompa saja pada saat awal di gantang dan ngetik dengan durasi yang cukup panjang. Keadaan yang seperti ini kerap terjadi pada lovebird beby atau lovebird yang baru pertama kali di gantangkan.

Dengan demikian, hal ini bisa di atasi dengan melihat kondisi burung pada saat di lapangan burung yang benar-benar siap untuk naik. dan lansung narik ketika di gantang biasanya sebelum di gantang sudah narik-narik dan sulit di hentikan. Ada pula yang ketika sebelum di gantang hanya mompa saja dan tubuh burung lovebird tampak mengecil.

Inilah pertanda setingan kenceng, sebaiknya semprot pada bagian pantat burung lovebird anda 15 menit sebelum gantang. Usahakan juga pada saat istirahat menempatkan lovebird pada tempat yang teduh.

Dengan demikian, anda dapat melihat kondisi burung kenceng atau tidaknya. Dengan demikian, anda juga bisa menyesuaikan pada saat burung akan digantangkan

Tenaga Lovebird Habis

Lovebitrd Telat Ngekek
pustakakicau.blogspot.com

Penyebab lovebird telat ngekek juga dapat dikarenakan tenaga lovebird habis. Ketika perjalanan saat akan menuju lomba, lovebird narik terus sampai tenaganya menjadi terkuras.

Kondisi ini memang tidak bagus untuk lovebird anda yang sudah siap untuk dilombakan.

Namun, apabila lovebird tersebut dibiarkan narik tanpa diberhentikan pada saat di jalan, maka bisa akan menguras tenaganya serta bisa mengakibatkan burung lovebird gembos. Sebaiknya, ketika akan dilombakan sebaiknya anda menghindari hal yang seperti ini .

Siapkan kerodong 2 lapis yang pertama berwarna cerah dan yang satunya dapat yang berwarna gelap. Untuk yang berwarna gelap bisa anda letakkan di dalam. Kemudian, untuk yang berwarna cerah di luar bisa untuk memantulkan sinar matahari.

Dengan demikian, lovebird tidak akan merasa terbakar pada saat berada di perjalanan. Terlebih lagi untuk lomba yang diikuti siang hari. Keadaan ini bisa menjadikan lovebird anda merasa kepanasan.

Pada saat sudah lapangan, istirahatkan lovebird di tempat yang teduh. Selanjutnya kerodong yang satu dapat di buka supaya hawa di dalam sangkar tidak terlalu pengap. Bila lovebitrd anda latah, usahakan anda selalu mengusap sangkar pada saat lovebird mulai terlihat ingin narik

Mengulur Waktu Ketika Menggantang

Untuk mengistirahatkan lovebird sebelum juri datang, sebaiknya dilakukan pada saat ada di tempat peristirahatan. Dan sebaiknya, anda jangan langsung pergi, tetapi tetap berada di bangku sambil memainkan lovebird peliharaan anda.

Tujuannya supaya lovebird anda tidak sampai narik berkali-kali. Dan pada saat anda mulai menaruh, pada umumnya juri akan langsung turun.

Penyebab lovebird telat ngekek ini harus benar-benar anda pelajari. Sebab jika terjadi hal yang seperti itu, diharapkan anda bisa segera mengatasinya dengan sebaik mungkin.

Tinggalkan Komentar