Mengenal Burung Cucak Mutiara Yang Hampir Punah

Burung cucak mutiara adalah salah satu jenis burung kicauan yang berasal dari burung cucak-cukakan yang populasinya sudah terancam punah. Kepunahan burung ini disebabkan oleh banyaknya pemburuan liar dan habitat yang rusak.

Cucak mutiara (Pycnonotus Tympanistrigus) merupakan salah satu jenis burung endemik yang mana populasinya hanya terdapat di pulau Sumatera saja. Ketika berada di habitatnya, untuk burung cucak mutiara ini pada umumnya menempati hutan yang memiliki perbukitan atau yang bersuhu agak dingin.

Burung Cucak Rawa
Burung Cucak Rawa

Tak hanya itu saja, untuk wilaya penyebarannya yaitu berada di Sumatera. Dan apabila menurut berbagai sumbermaka telah disebutkan ada berada di sekitaran daerah bukit barisan yang ada di bagian selatan yang menuju ke arah gunung Kerinci serta di kawasan Gunung Dempu.

Populasi Burung Cucak Mutiara

Untuk jenis burung cucak yang bernama cucak mutiara yang mulai terancam punah karena sangat banyaknya penangkapan pada jenis burung ini, terutama di hutan Sumatera.

Hal tersebut pastinya dapat mengganggu keseimbangan populasinya yang ada di hutan. Yang mana juga tidak memiliki keinginan untuk dapat menangkarnya.

Sebab, jika burung ini ditangkarkan, pemburuan liar akan berkurang. Karena bisa didapatkan di pasar burung atau di penangkaran tersebut.

Selain karena adanya pemburuan liar, kerusakan hutan yang ada di Sumatera pun juga ikut serta menjadi bagian yang mengakibatkan langkanya populasi cucak mutiara ini.

Ciri Khas Burung Cucak Mutiara

Burung Cucak Mutiara
Burung Cucak Mutiara

Ciri khas cucak mutiara ini jika diamati yaitu memiliki kemiripan dari sisi fisiknya dengan burung cucakrowo. Persamaan dengan burung cucakrowo yaitu dari corak warna bulu di bagian dada, perut, serta di bagian sayapnya yang memang cukup sulit dicari perbedaannya.

Dengan adanya kemiripan antara cucak mutiara dengan cucak rowo ini seringkali disalahmanfaatkan oleh para pedagang burung untuk menipu orang-orang yang mencari burung cucakrowo.

Terkadang banyak penjual yang mengatakan jika burung cucak mutiara ini sebagai anakan dari burung cucakrowo . Sebab, untuk postur tubuh milik cucak Mmutiara sedikit lebih pendek dari pada dengan burung cucakrowo.

Burung cucak mutiara memiliki ukuran tubuhnya hanya berkisar di antara 16 cm saja. Kemudian ada bagian mahkota yang ada di atas kepalanya yang mempunyai warna cokelat ke arah zaitun dan kepalanya tidak memiliki jambul.

Kemudian juga ada warna kehijauan yang ada pada bagian sayap, tungging, dan juga pada bagian ekornya. Sedangkan untuk bagian tenggorokannya terlihat warna keputihan yang mencolok.

Terdapat juga kulit yang tidak berbulu pada sekitaran matanya yang warnanya kehitaman. Sedangkan di bagian bawah tubuhnya mulai dada hingga pada bagian perutnya bercorak bintik-bintik.

Yaitu dengan warna coklat dan juga warna putih dan juga terdapat garis berwarna kuning yang ada di bagian penutup ekornya.

Kicauan Cucak Mutiara

Untuk jenis burung cucak ini bunyi kicauannya memang hanya terdengar monoton dengan hanya bisa mengeluarkan suara dengan melantunkan satu atau dua jenis nada. Yang mana, nada tersebut akan diulang secara terus menerus.

Sedangkan untuk suara yang dikeluarkan oleh jenis burung cucak ini terdengar seperti ini ‘tdip…diiw’ yang dilagukannya dengan nada tinggi dalam suara kicauan pertamanya.

Kemudian untuk suara dari burung cucak mutiara ini pun sesungguhnya jika didengar tidaklah tinggi. Sebab, bernada tinggi hanya dibunyikan ketika di nada pertama saja. Dan setelah itu, untuk nada yang berikutnya tingkatan nada yang dibunyikan terdengar lebih rendah dan juga lebih pelan.

Tinggalkan Komentar