Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Sering Mbalon

Burung cendet adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki sifat fighter. Cendet juga sudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Dalam pemeliharaan burung cendet pastinya pemiliki juga sering menumpai permasalahan pada burung cendet. Diantaranya yaitu burung cendet sering mbalon. Sehingga anda harus tahu penyebab dan cara mengatasi cendet sering mbalon.

alvancms.blogspot.com

Mbalon pada umumnya terjadi pada saat cendet didekati maupun dikudang. Bahkan mbalon juga dapat terjadi pada waktu cendet bertemu musuh. Perilaku seperti ini ditandai dengan cendet mengembangkan semua bulunya, mengangkat ekor, serta menggesek-gesekkan paruhnya pada dasar maupun sudut sangkar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Sering Mbalon

Mbalon juga merupakan salah satu keluhan serta penyakit yang paling umum terjadi pada burung cendet. Tidak hanya cendet rumahan atau bakalan, burung cendet juara juga sering mengalami kondisi mbalon. Berikut ini penyebab burung cendet yang sering mbalon dan juga solusinya.

1. Burung Kurang Fit

Penyebab cendet sering mbalon yang pertama yaitu karena kurang fit. Kurang fit bisaterjadi karena burung tersebut kekurangan nutrisi. Dalam mengatasi cendet sering mbalon anda bisa memberikan rawatan harian yang baik dan benar pada burung cendet anda.

Kemudian perawatan itu bisa anda lakukan secara konsisten. Sebab jika tidak, burung cendet akan sangat berisiko mbalon lagi. Sebab, kondisi badan burung yang kurang fit karena perawatan yang tidak konsisten tersebut.

2. Burung Manja

Cendet yang sering mbalon juga bisa disebabkan karena kondisi burung yang manja. Oleh sebab itu, mbalon yang ditunjukkan oleh cendet ini untuk dijadikan sebagai ekspresi tunggal dari dirinya yang terlalu jinak serta sudah berketergantungan pada anda. Sehingga, apabila burung didekati, akan langsung mengembangkan bulu-bulunya.


ozankicaumania.com

Manja pada umumnya dipengaruhi oleh banyak hal, beberapa di antaranya yaitu seperti pemberian jangkrik yang selalu dari tangan dan juga kerap dikudang. Ini semua merupakan penyebab paling sering cendet menjadi manja dan mbalon. Oleh sebab itu, jangan sesekali anda memberikan jangkrik dari tangan langsung atau mengkudangnya dengan terlalu sering.

Untuk mengatasi cendet sering mbalon, berikan terapi kejut pada burung cendet yang manja. Caranya anda bisa langsung semprot badan burung dengan memakai semprotan yang kasar agar bisa langsung mengenai tubuh burung sampai terkejut.

3. Ada Perawatan yang Salah

Cendet sering mbalon juga bisa disebabkan karena perawatan yang salah. Perawatan yang salah dimaksud yaitu perawatan yang tidak disesuaikan dengan karakter serta kondisi cendet. Misalnya saja dalam hal pakan burung cendet atau masalah pemandian. Apabila cendet-cendet ini anda mandikan semau anda dan tanpa memperdulikan kemauan cendet, maka cendet akan berperilaku semaunya.

Bahkan burung Cendet bisa ngembung atau mbalon. Namun yang paling parahnya lagi, cendet bisa menjadi mogok bunyi atau bahkan berubah menjadi sangat aktraktif.

Kemudian, ada juga burung cendet yang memiliki karakter setingan EF rendah dan ada juga yang tinggi. Kesemuanya itu harus anda pahami dan diberikan rawatan yang sesuai dengan kemauan masing-masing burung. Apabila tidak, sama seperti di atas, burung tidak hanya akan ngembung akan tetapi juga miyik dan bahkan bisa berubah menjadi galak.

Maka dari itu, pahami masing-masing karakter dan kemauan burung. Dalami juga karakter dan kemauannya supaya anda tidak salah dalam memberikan rawatan. Untuk mengatasi cendet sering mbalon sebaiknya anda pahami bagaimana mandinya, bagaimana setelan jangkrik dan krotonya. Selain itu juga pahami seberapa lama durasi penjemurannya. Dengandemikian, cendet peliharaan akan menjadi agcor dan tidak akan pernah mbalon lagi.