Manfaat Bawang Putih Untuk Perkutut Lokal Yang Perlu Anda Tahu

Berbagai macam bahan makanan manusia banyak yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kesehatan burung kicauan, salah satunya yaitu bawang putih. Contohnya saja seperti manfaat bawang putih untuk perkutut lokal yang mungkin belum banyak anda ketahui. Burung perkutut lokal saat ini banyak dipelihara di rumah untuk dijadikan sebagai klangenan.

Perkutut lokal atau perkutut jawa (Geopelia striata) juga termasuk salah satu spesies burung dalam suku Columbidae, dan berasal dari genus Geopelia. Burung ini juga merupakan jenis burung pemakan biji-bijian. Namun, untuk makanannya tidak tertutup kemungkinan apabila burung ini juga akan memakan serangga di habitat aslinya.

burungcantik.com

Perkutut lokal inilah yang juga banyak disebut dengan burung perkutut jawa yang memiliki ukuran tubuh kecil, diantaranya yakni 21 cm. Ciri khasnya yaitu memiliki tubuh ramping, ekor yang panjang menjadi ciri khas perkutut lokal. Selanjutnya, untuk bagian kepala dengan warna abu-abu, leher dan bagian sisi bergaris halus, punggung coklat dengan tepi yang berwarna hitam.

Manfaat Bawang Putih untuk Perkutut Lokal

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk perkutut lokal yang harus anda ketahui.

1. Sebagai Anti-Bakteri

Salah satu manfaat dari bawang putih untuk burung perkutut lokal ini adalah sebagai antibakteri. Beberapa penelitian juga telah menjelaskan, jika zat alisin yang ada di dalam satu siung bawang putih ini memiliki sifat antibakteri.

Diantaranya termasuk bakteri-bakteri dari kelompok Escherichia, Salmonella, Staphylococcus, Streptococcus, Klebsiella, Proteus, Bacillus, dan juga Clostridium. Karena bawang putih ini memiliki sifat antibakteri inilah, bawang putih ini dapat untuk mengobati burung kicau anda seperti perkutut lokal yang mengalami gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri.

2. Berguna Sebagai Anti-Jamur

Tak hanya bermanfaat untuk antibakteri saja, akan tetapi bawang putih juga bisa bermanfaat untuk menangkal jamur. Dan inilah mengapa bawang putih ini lebih di sebut sebagai antijamur. Efek dari sifatnya ini juga dinilai sangat kuat.

burungnya.com

Yang mana dapat menghambat pembentukan mikotoksin seperti aflatoksin dari parasit aspergillus (Aspergillus parasiticus). Dengan demikian, bawang putih ini bisa untuk mencegah aneka penyakit yang disebabkan jamur serta untuk menyerang pada burung perkutut anda.

3. Sebagai Antiparasit

Bawang putih adalah salah satu bahan yang sudah sejak dahulu banyak digunakan sebagai obat cacing. Hal ini disebabkan karena di dalamnya mempunyai efek antiparasit. Penelitian terbaru juga sudah menunjukkan bahwa alisin yang ada di dalamnya cukup efektif melawan beberapa jenis parasit yang pada umumnya menyerang burung peliharaan. Maka dari itu, banyak pemelihara burung perkutut lokal yang memberikan bawang putih ini.

4. Sebagai Ativirus

Alisin yang merupakan salah satu zat yang terdapat di dalam bawang putih. Zat ini juga berfungsi sebagai antivirus yang akan mana bisa mencegah burung terinfeksi dari serangan virus. Entah itu yang berasal dari burung liar, lingkungan kotor, atau bisa juga diperoleh dari air minum.

5. Mengatasi Flu dan Pilek

Manfaat bawang putih untuk perkutut lokal juga cukup efektif sekali dalam melawan berbagai virus yang menyebabkan flu dan juga pilek pada burung perkutut. Khususnya pada saat sedang musim pancaroba, atau pada saat musim hujan. Maka dari itu, tidak ada salahnya anda mencoba memberikan bawang putih pada burung peliharaan anda.

6. Mampu Menghangatkan Tubuh

Manfaat yang bisa diperoleh dari pemberian bawang putih yakni seperti mampu menghangatkan tubuh. Khususnya pada saat musim dingin, cobalah memberikan bawang putih pada burung anda.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar