Mengetahui Manfaat Laron Untuk Burung Kicauan dan Cara Pemberianya

Pada saat berada di habitatnya atau di alam liar, banyak sekali jenis burung yang gemar makan laron pada saat musim hujan. Untuk jenis burung yang suka makan laron yaitu burung Murai Batu, Kacer, Seriti, Walet, Kutilang, Kenari, Cendet, Jalak, dan masih banyak lagi burung kicau lainnya.

Perlu anda ketahui, ternyata manfaat laron untuk burung kicauan yang meamkannya itu cukup banyak. Sebab di dalam serangga seperti laron ini banyak memiliki protein dan kandungan yang lainnya yang sangat baik untuk kesehatan burung kicauan.

Manfaat Laron untuk Burung Kicauan

Manfaat Laron untuk Burung Kicauan
burungnya.com

Perlu anda ketahui, jika laron bisa bermanfaat untuk menjaga stamina burung. Selain itu, laron juga bisa menjaga daya tahan tubuh burung supaya tidak mudah sakit. Kemudian, laron juga bisa dijadikan sebagai pakan alternatif pengganti kroto dan jangkrik.

Manfaat laron untuk burung kicauan selanjutnya yatu untuk menambah birahi burung dan juga bisa untuk meningkatkan performa burung pada saat lomba. Lalu, laron juga dapat membuat burung bisa menjadi lebih gacor seharian.

Bahkan laron juga bisa untuk meningkatkan frekuensi berkicau burung dan juag untuk mengatasi burung yang stres dan juga terlihat lesu.

Bahaya Pemberian Laron untuk Burung

Tak hanya bisa memberikan manfaat, ternyata laron juga bisa berbahaya untuk burung. Sehingga, sebainya anda harus berhati-hati dalam porsi pemberian laron ke burung.

Ternyata pada bagian gigi laron cukup tajam, oleh sebeb itu bisa menggigit selaput kulit pada burung atau melukai padabagian tenggorokannya.

Sebab, serangga laron ini berasal dari rayap yang sebenarnya memiliki gigi yang sangat tajam. Oleh sebab itu, tak heran apabila mereka dapat merusak benda-benda yang keras.

Sedangkan pada bagian sayap laron juga memiliki kandungan zat yang dapat lengket apabila terkena air. Hal ini juga sangat berbahaya.

Sebab, jika sampai sayap laron menempel pada bagian tenggorokan burung, maka dapat mengakibatkan batuk, gatal, nyeri, dan yang lebih parah lagi bisa menjadikan macet bunyi.

Laron juga dapat menjadikan burung over birahi apabila diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak. Serangga seperti laron ini juga bisa menjadikan bulu burung ambrol atau rontok. Apabila anda memberikan laron itu dengan jumlah terlalu sering dan banyak.

Cara Memberikan Laron Ke Burung yang Aman

Cara Memberikan Laron Ke Burung yang Aman
omkicau.com

Sesudah anda tahu tentang bahaya laron jika diberikan belebihan untuk burung, pastinya anda merasa takut untuk menjadikan laron sebagai pakan burung pengganti kroto dan juga dijadikan sebagai makanan pengganti jangkrik.

Akan tetapi, anda semua tak perlu khawatir, sebab sebetulnya laron itu aman dan menyehatkan untuk burung. Karena, untuk burung-burung di alam juga mengonsumsi laron pada waktu musim hujan.

Walaupun demikian, sebaiknya anda tetap harus waspada. Sebab, untuk burung rumahan serta burung liar di alam bebas itu berbeda. Maka dari itu, anda harus melakukan tindakan pencegahan supaya tidak terjadi sesuatu yang membahayakan kesehatan burung.

Anda bisa memberikan laron sebagai pakan burung harus dalam keadaan mati. Untuk bagian kepala laron sebaiknya dipotong terlebih dahulu. Tujuannya supaya tidak melukai pada bagian tenggorokan burung.

Pada bagian sayap laron sebaiknya juga dilepas biar tidak menempel di tenggorokan burung. Awalnya anda dapat memberikan laron 1-2 ekor saja.

Berikan laron saat burung tampak lemas dan lesu menjelang lomba. Sebaiknya, anda jangan memberikan laron setiap hari. Sebab efeknya kemungkinan tidak baik untuk kesehatan burung kicauan.

Manfaat laron untuk burung kicauan bisa didapatkan jika pemberiannya dilakukan dengan baik dan benar.

Tinggalkan Komentar