Inilah 4 Jenis Burung Paling Banyak Ditangkarkan Di Indonesia

Banyak sekali jenis burung kicauan yang menarik untuk dipelihara. Aka tetapi dengan banyaknya orang yang memelihara burung kicauan menjadikan burung menjadi semakin punah dan populasinya yang menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya diatasi dengan cara menangkarkan burung tersebut.

Burung hasil penangkaran juga bisa mempunyai kualitas yang sama dengan burung di alam liar. Akan tetapi, semuaya disesuaikan denga pola perawatan yang baik dari pemeliharanya. Tak hanya mempunyai unsur negatif pada alam, menangkar burung berkicau juga mempunyai nilai positif.

Jenis Burung Paling Banyak Ditangkarkan

Untuk anda yang ingin menangkarkan burung kicauan, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis burung paling banyak ditangkarkan di Indonesia ini.

1. Burung Lovebird.

Lovebird adalah salah satu jenis burung paling banyak ditangkarkan. Dengan cara berternak atau menangkarkan burung ini, ada juga bisa mendapatkan keuntungan. Sebab, banyak sekali orang yang hobi dan mencari burung ini untuk dipelihara.

thesprucepets.com

Selain memiliki bulu yang indah, lovebird juga mampu mengeluarkan suara ngekek yang begitu panjang . Jika lovebird yang ditangkarkan memiliki kualitas yang bagus, maka akan memiliki nilai jual yang tinggi juga.

Lebih menariknya lagi, popularitas burung paruh bengkok yang memiliki suara merdu ini terus meningkat dan semakin banyak dicari. Jadi, untuk ada yang ingin menangkarkan lovebird bisa menjadi suatu bisnis yang sangat menjanjika.

2. Burung Kenari.

Burung Kenari juga banyak ditangkarkan oleh para penangkar burung kicauan.Karena, jenis burung kicauan ini memiliki nilai jual yang tinggi jika dirawat dengan sebaik mungkin. Jenis burung kenari juga tidak hanya satu saja. Jadi ada bisa memilih burung kenari jenis apa yang sekiranya menguntungkan dan bagus untuk ditangkarkan.

3. Burung Murai Medan.

Burung yang memiliki ekor panjang serta suara menggelegar ini juga termasuk jenis burung yang banyak ditangkarkan oleh para kicau mania kelas menengah ke atas. Karena untuk biaya dan juga pengalaman yang serius tidak bisa sembarangan jika mau berternak burung murai ini.

Untuk penangkar burung murai medan yang sukses dapat memberika penghasilan yang besar. Sebab, untuk harga burung murai ini dinilai masih tetap stabil dan cenderung sering mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Burung murai yang banyak ditangkarkan yaitu murai medan. Sebab, untuk jenis ini memiliki penampilan yang lebih indah. Tak hanya itu saja, suara yang dihasilkan juga bisa lebih berfariasi.

Kemudian, untuk masalah harga tetap stabil dan juga mempunyai daya tarik tersendiri dibanding burung murai jenis lainnya. Burung murai medan ini pada umumnya akan di ikutsertakan pada arena perlombaan serta bisa menjadi ajang yang paling fenomenal.

4. Burung Kacer Poci Dan Lokal.

Burung kacer juga merupakan jenis burung paling banyak ditangkarkan oleh para kicau mania. Hal ini disebabkan peminat burung ocehan ini amat banyak. Sampai sekarang ini pada arena perlombaan kelas burung kacer selalu terbuka lebar dan tidak pernah sepi dengan para peserta.

kicuit.com

Untuk menangkarkan burung yang mempunyai warna hitam putih ini mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari pada dengan berternak burung lovebird dan kenari. Namun, burung kacer mempunyai tingkat penjualan yang lebih mudah.

Untuk harga burung kacer anakan tetap stabil, namun juga cenderung mengalami peningkatan. Aka tetapi di tiap daerah memiliki harga yang berfariasi dan cenderung tidak sama. Misalnya saja seperti burung kicauan lainnya.

Untuk burung kacer anakan hasil penangkaran yang paling diminati ialah burung kacer yang berkelamin jantan. Karena akan mudah dilatih dan dimaster untuk dijadikan sebagai burung yang berkualitas terbaik.

Tinggalkan Komentar