Mengetahui Manfaat dan Cara Meracik Buah Kecubung untuk Lovebird

Buah kecubung pernah dikabarkan oleh para pecinta burung kicauan untuk dijadikan sebagai doping Lovebird konslet serta yang ngekek panjang. Sebagian dari para kicau mania juga mengatakan jika buah kecubung untuk Lovebird mempunyai efek bagus.

Buah kecubung adalah jenis tanaman yang mempunyai nama binomial (Datura metel) yang selama ini dikenal sebagai tanaman pembius. Untik tanaman kecubung ini juga memiliki nama lain kucubung (Sunda), kacubung (Madura), dan juga boh trueng pungoe (Aceh).

Banyak sekali yang menyalahgunakan tanaman kecubung ini untuk dijadikan sebagai zat pembius yang bisa menghilangkan kesadaran. Sebab, pada daun kecubung ini sangatlah berkhasiat anestesi. Selain itu, tanaman ini juga terdapat kandungan metil kristalin yang mempunyai efek relaksasi yang ada dalam otot lurik.

Buah Kecubung untuk Lovebird
pinterest.com

Kecubung juga terdapat kandungan zat atau senyawa kimia alkaloid yang memiliki efek halusinogen. Senyawa alkaloid itu diantaranya yaitu berupa atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang sifatnya antikholinergik.

Tak hanya itu saja, kecubung juga terdapat kandungan hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan juga nikotina.

Efek dari zat yang ada tersebut sangat meringankan untuk para penderita asma. Di samping itu, alkaloid juga bisa melebarkan kembali saluran pernapasan yang menyempit akibat adanya gangguan kesehatan berupa serangan asma.

Selain itu, untuk skopolamin memiliki aktivitas depresan untuk susunan saraf pusat sehingga kerap dimanfaatkan sebagai obat anti mabuk.

Cara Meracik Buah Kecubung untuk Lovebird

Berikut ini akan diberikan beberapa resep buah kecubung yang dibagikan oleh kicau mania. Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, maka anda bisa memberikan buah kecubung ini dengan racikan yang benar.

Untuk memberikan buah kecubung untuk lovebird, anda bisa memberikan 2 Buah kecubung direbus dengan 2 gelas air. Selanjutnya air rebusan itu bisa dijadikan sampai tersisa air 60 ml.

Dan sesudah itu, berikan ke air minum Lovebird dengan jumlah sebanyak 5 tetes. 2 Buah kecubung tersebut sebaiknya digeprek terlebih dahulu sampai keluar bijinya.

Dan sesudah itu direbus dengan menggunakan sebanyak 2 gelas air. Jika sudah mendidih, anda bisa tambahkan 1 sendok teh garam kemudian anda bisa mengaduk sampai airnya tinggal ¼ saja.

Apabila jumlah airnya telah berkurang, maka saring ampasnya dan anda bisa ambil airnya saja. Dan untuk pemberian sari buah kecubung cukup 5 tetes saja 5 jam sebelum gantang.

2 Buah kecubung tersebut sebaiknya dibelah-belah, lalu masukkan air 2 gelas besar, selanjutnya campur 2 sendok teh gula. Pemberian bisa dilakukan 5 jam sebelum lomba, cukup 2 tetes.

Burung tidak perlu basah, bisa degan dikerodong yang disemprot basah. Dan apabila birahi naik, sebaiknya racikan kecubung tersebut tidak diberikan pada Lovebird anda.

Buah kecubung segar yang biasanya masih warna hijau sebaiknya dicuci lalu potong kecil-kecil. Buah kecubung itu direbus sampai air menyusut, kemudian bisa disaring.

Milet selanjutnya dicuci bersih, selanjutnya direndam dalam air rebusan kecubung. Diamkan seharian hingga air rendaman kecubung tersebut meresap ke milet. Jemur milet di bawah terik sinar matahari hingga benar-benar kering.

Sangrai milet hingga menjadi kering dan renyah. Dinginkan kemudian masukkan pada wadah dan berikan pada Lovebird.

Pemberian Ramuan Buah Kecubung Untuk Lovebird

Pemberian Ramuan Buah Kecubung Untuk Lovebird
juragantang.com

Buah kecubung yang sudah kering bisa ditumbuk bersamaan dengan kulitnya hingga halus. Kemudian, hasil tumbukan direbus dengan 3 gelas air (ukuran gelas kopi kecil) hingga bisa tersisa 1 gelas.

Kemudian dinginkan dan berikan buah kecubung untuk Lovebird. Selanjutnya, Lovebird dikerodong dalam waktu selama 5 jam. Pemberian kecubung ini cukup 2 kali seminggu. Imbangi dengan makanan lovebird yang bernutrisi.

Tinggalkan Komentar