Ciri Khas Burung Sempur Hujan Darat dan Daerah Persebarannya

Burung sempur hujan darat memang belum belum banyak diketahui. Hal ini disebabkan oleh burung sempur hujan darat yang bukan merupakan jenis burung kicauan yang umum dikenal oleh orang-orang.

Suara kicauan jenis burung sempur hujan ini merupakan burung yang memiliki kicauan yang lumayan merdu dan bertempo cukup rapat sehingga dapat diperbandingkan dengan suara kicauan burung kicauan yang populer.

Daerah Persebaran Burung Sempur Hujan Darat

Burung Sempur Hujan Darat
Tribunnews.com

Burung sempur hujan darat adalah salah satu jenis burung kicauan dengan daerah persebaran hanya terbatas di wilayah Indonesia dan Malaysia saja.

Di wilayah hutan kita pada umumnya burung sempur hujan ini berada di daerah Pulau Sumatera, Kalimantan, Bangka, Belitung, serta Natuna Utara.

Kemudian, untuk area hutan yang menjadi tempat tinggalnya yaitu berada di hutan primer dan sekunder yang terdapat di dataran rendah.

Selain itu juga ada di area pegunungan dengan ketinggian bisa mencapai 900 meter di atas permukaan laut.

Ciri Khas Burung Sempur Hujan Darat

Ciri khas burung sempur hujan darat (Eurylaimus Ochromalus) memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil dengan panjang kurang lebih hanya 15 cm saja.

Corak warna bagian tubuhnya juga merupakan bervariasi yang terdiri dari warna hitam, putih, merah karat, kuning, dan juga warna biru muda.

Untuk warna hitam juga terlihat hampir di sekujur tubuhnya mulai dari bagian kepala, tenggorokan, punggung, sayap, dan juga pada bagian ekornya.

Warna putih berupa garis agak tebal melingkar yang terdapat di bagian lehernya. Untuk bagian iris mata, sisi sayap, ekor, dan area tunggirnya diselimuti dengan warna kuning.

Warna merah karat juga tampak pada bagian bawah tubuhnya mulai dari pangkal dada hingga pada bagian pangkal tunggirnya.

Kemudian ada juga warna biru muda terlihat mencolok menutupi seluruh area paruhnya.

Di samping itu juga, ciri khas burung sempur hujan darat ini terlihat agak gemuk dengan bagian kepalanya yang berbentuk agak bulat.

Paruhnya yang berwarna biru muda juga memiliki ukuran yang agak lebar dan sedikit menukik di bagian depannya.

Bagian kakinya juga memiliki warna merah muda berukuran tidak terlalu panjang dan tampak cfukup gemuk.

Ciri khas burung sempur hujan darat ini juga ditandai dengan berwarna hitam tampak berukuran agak panjang dan sangat jarang terlihat dikembangkannya.

Perilaku Burung Sempur Hujan Darat

Perilaku Burung Sempur Hujan Darat
bestbirdphotos.blogspot.com

Ketika burung ini berada di alam liar, burung sempur hujan darat pada umumnya bergerak secara berpasangan atau membentuk kelompok kecil sekitar 25 ekor.

Makanan yang kerap dicarinya cukup beragam. Diantaranya mulai dari serangga, ikan-kan kecil, siput, dan juga makanan yang berupa buah-buahan.

Masa berkembangbiak burung ini berlangsung pada musim kemarau dengan jumlah telur yang dierami indukkan sekitar 3 butir.

Ketika burung ini dalam proses mengerami telur, pada umumnya burung sempur hujan darat mengalami perubahan sikap yang cenderung lebih agresif.

Burung ini berperilaku agresif dengan menjaga area sekitar tempat sangkar dibangun.

Hal ini dilakukan supaya tidak ada spesies burung lain yang mengganggu masa berkembangbiak dan persediaan makanannya.

Ciri khas burung sempurr hujan darat selanjutnya yaitu dengan kicauannya yang memiliki nada beruntun. Yang dibunyikan secara terus menerus dengan volume yang kian ditingkatkan.

Kemudian, untuk kicauannya memiliki nada yang terdengar cukup nyaring dan tidak parau serta durasi kicauannya mampu mencapai sekitar 10 detik.

Suara yang dikeluarkan burung ini yaitu secara beruntun dan bertempo cukup rapat membuatnya terdengar seperti halnya suara tembakan.

Tinggalkan Komentar