Mengetahui Faktor Penyebab Bulu Kusam Pada Lovebird

Lovebird memang sudah populer menjadi jenis burung kicauan favorit yang memiliki bulu yang sangat indah dan warnanya cerah.

Tapi terkadang para pemelihara lovebird ini menemui banyak masalah pada lovebird mengenai bulu cantik yang warna warni ini seperti halnya bulu yang menjadi kusam.

Kusamnya bulu lovebird yaitu suatu keadaan yang mana bulu yang ada di tubuhnya tidak cantik lagi sebab tampak kusam. Dan hal itu diakibatkan oleh minyak yang diproduksi kelenjar minyak berkurang.

Kebanyakan penyebab bulu kusam pada lovebird atau burung lainnya hampir sama antara burung yang satu dan yang lainnya.

Bagi yang punya burung pemakan serangga pada umumnya akan menyuntikan minyak ikan pada jangkrik guna merangsang kelenjar lemak. Tujuannya supaya memproduksi lemak, kemudian membiarkan jangkrik itu untuk dikonsumsi pada burung.

Penyebab Bulu Kusam Pada Lovebird
Penyebab Bulu Kusam Pada Lovebird

Dan mengenai kelenjar lemak, langkah untuk membuktikan kelenjar lemak masih keadaan aktif atau tidak yaitu dengan cara memencet kelenjar minyak itu dengan tangan Anda.

Kemudian untuk posisi kelenjar lemak sendiri terdapat pada bagian tungir burung.

Sehhingga apabila kelenjar itu masih keadaan aktif maka akan berminyak pada waktu Anda menyentuhnya.

Namun apabila kelenjar itu tidak berminyak maka bisa jadi kelenjar itu mengalami gangguan fungsi. Namun masih banyak juga faktor penyebab bulu lovebird menjadi kusam.

Penyebab Bulu Lovebird Menjadi Kusam

Penyebab bulu lovebird menjadi kusam memang banyak sekali faktornya. Tak hanya disebabkan oleh kelenjar lemak saja yang mengalami gangguan fungsi.

Bulu Lovebird Kusam
Bulu Lovebird Kusam

Akan tetapi juga ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi. Adapun untuk penyebabnya adalah sebagai berikut ini.

1. Proses penjemuran burung

Proses penjemuran ternyata dapat menjadi penyebab bulu kusam pada lovebird ini, karena apabila Anda menjemur lovebird pada keadaan basah kuyup, maka yang terjadi pada bulu-bulu burung akan menjadi kusut dan juga bisa keriting.

Di dalam mencegah hal ini ada lebih baik pada waktu Anda memandikan burung maka sebaiknya ditunggu dulu bulunya sampai setengah kering. Tak hanya itu saja, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari pagi.

2. Pemakaian obat kutu yang salah

Beberapa obat kutu terdapat kandungan zat yang bisa menghilangkan zat lilin yang ada di bulu burung. Untuk zat lilin ini pada umumnya akan membantu burung untuk kering dengan cepat serta menjadikan bulunya menjadi mengkilap.

Akan tetapi pada waktu zat lilin tidak ada bulu akan menjadi tampak kusam dan susah untuk kering.

3. Kekurangan lemak saat mabung

Mabung ialah proses dimana bulu burung sedang tumbuh dan berkembang. Pada waktu Anda kurang memberikan asupan lemak pada waktu keadaan ini maka dapat dipastikan burung Anda akan punya bulu yang kusam.

4. Kelenjar lemak yang disfungsi

Kelenjar lemak ternyata bisa memberikan serta bisa menyalurkan lemak pada bulu burung. Hal ini bertujuan supaya bulu-bulu ini akan punya pancaran warna yang mengkilap serta cantik.

Saat kelenjar lemak lovebird disfungsi maka akan lebih kusam bulunya.

Dengan hal tersebut, maka anda bisa semprot dengan menggunakan obat khusus untuk bulu.

Pastinya yang mempunyai khasiat kompleks yang bisa untuk mengatasi bulu burung yang kusam dengan cara menyemprotkannya.

Dari beberapa penyebab bulu lovebird menjadi kusam di atas bisa jadi peringatan supaya senantiasa menjaga serta merawat keindahan burung Anda.

Anda bisa melakukan pola penjemuran, perawatan, serta penanganan burung yang tepat. Hal tersebut dilakukan supaya bulu burung tetap sehat, cantik, dan bisa jauh dari kusam.

Tinggalkan Komentar