Mengenal Ciri Ciri Burung Tangkar Cetrong dan Habitatnya

Pernahkah anda mendengar nama burung tangkar cetrong? Tangkar Cetrong memang tidak merupakan jenis burung kicauan yang sudah kerap dipelihara oleh para pecinta burung kicauan.

Akan tetapi burung ini biasa dijadikan untuk dijadikan sebagai burung masteran atau hanya sekedar burung rumahan saja.

Meskipun begitu, bentuk tubuhnya juga termasuk unik sebab pada bagian ekornya yang berukuran lumayan panjang.

Kemudian untuk corak warna bulunya juga tampak cukup indah. Ciri ciri burung tangkar cetrong yang menarik bisa anda amati pada bagian tubuhnya.

Ciri Ciri Burung Tangkar Cetrong

Ciri Ciri Burung Tangkar Cetrong
Ciri Ciri Burung Tangkar Cetrong

Ciri ciri burung Tangkar Cetrong ini tidak hanya mempunyai tubuh yang agak besar. Akan tetapi juga memiliki ekor yang lumayan panjang yang bisa mencapai kurang lebih sekitar 18 cm.

Pada bagian ekornya juga dilengkapi dengan beberapa helai bulu yang sedikit lebar dengan bagian ujungnya bentuknya mirip seperti sendok.

Ekornya yang panjang pada burung Tangkar Cetrong ini sangatlah bermanfaat sebagai penyeimbang ketika akan terbang atau saat akan mendarat supaya tidak terjatuh.

Ciri ciri burung tangkar cetrong selanjutnya yaitu corak warna bulunya yang telah didominasi warna abu-abu hijau zaitun yang menutupi sebagian besar tubuhnya.

Diantaranya pada bagian mahkota, tengkuk, punggung, sayap, dada, perut, dan juga pada bagian tunggirnya.

Seain itu juga ada warna abu-abu kehitaman yang bisa kita lihat disepanjang bagian ekornya.

Dan untuk bagian depan wajahnya juga tampak berwarna hitam pekat, yang mana pada bagian paruhnya terlihat warnanya yang keabu-abuan.

Ciri ciri burung tangkar cetrong yang lainnya yaitu pada bagian paruhnya yang berukuran lumayan panjang serta tampak tebal.

Pada bagian matanya tampak warna hitam dibagian pupil serta ada warna biru laut pada sekitar pupilnya tersebut.

Yang mana ukurannya agak besar serta berbentuk bulat. Di bagian kakinya yang berwarna hitam keabu-abuan mempunyai ukuran sedang dengan jari yang sedikit panjang dan kuku yang tajam.

Tak hanya itu saja, burung Tangkar Cetrong juga merupakan keluarga Corvidae atau bagian dari jenis burung gagak.

Habitat dan Daerah Persebarannya

Habitat dan Daerah Persebaran Tangkar Cetrong
Habitat dan Daerah Persebaran Tangkar Cetrong

Burung Tangkar Cetrong termasuk jenis burung kicau yang bertubuh lumayan besar dengan panjang mencapai 35 cm.

Untuk daerah penyebarannya memang terbatas hanya berada di sekitar wilayah Asia Tenggara diantaranya seperti Indonesia serta Malaysia.

Di Indonesia burung yang merupakan jenis burung gagak ini diketahui tersebar mulai dari Kalimantan, Jawa, dan Bali saja.

Namun juga ada anggapan jika burung ini terdapat di sekitaran Sumatera , meskipun masih sedikit informasi yang diperolehnya.

Selain itu,  pada umumnya burung tangkar cetrong ini mendiami area dataran rendah hingga pada pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut.

Untuk wilayah lahan yang dijadikan sebagi tempat tinggalnya yaitu di hutan sekunder, semak belukar yang ditumbuhi dengan pepohonannya.

Selain itu tangkar cetrong juga kerap menghuni area lahan pertanian, dan pekarangan yang tidak jauh dari pemukiman masyarakat.

Perilaku Burung Tangkar Cetrong

Ketika burung ini mencari makanan di lam liarnya kerap terlihat bergerak secara sendirian ataupun terkadang juga terlihat berpasangan.

Untuk jenis makanan yang disantapnya dalam sehari hari juga tergolong beragam. Diantaranya seperti berbagai macam jenis serangga, keong, dan juga beraneka macam buah-buahan.

Burung yang termasuk jenis burung gagak ini dikenal lincah ketika terbang dari satu cabang pohon untuk menuju ke cabang yang lain.

Untuk masa berkembangbiaknya biasanya berlangsung kurang lebih sampai bulan April hingga bulan Agustus dengan jumlah yang dierami indukannya bisa mencapai sebanyak empat butir.

Tinggalkan Komentar