Mengetahui Ciri Khas Lovebird Kaca Mata Topeng (Agapornis personata)

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang banyak sekali penggemarnya. Hal tersebut dikarenakan burung ini memiliki warna bulu yang cantik dan memiliki sura yang merdu dan juga bervariasi.

Lovebird juga memiliki jenis yang beragam dan juga bervariasi warnanya. Salah satu jenis lovebird yang harus kita ketahui yaitu Lovebird Kaca Mata Topeng. Ciri khas Lovebird Kaca Mata Topeng ini juga banyak kemiripannya dengan jenis Lovebird yang lain.

Untuk anda semua yang ingin mengembangbiakkan Lovebird dengan cepat, maka anda bisa mencoba mengembangbiakkan jenis lovebird ini. Sebab, Lovebird Kaca Mata Topeng merupakan salah satu jenis lovebird yang mudah untuk dikembangbiakkan.

Ciri Khas Lovebird Kaca Mata Topeng

Ciri Khas Lovebird Kaca Mata Topeng
warna-warni-lovebird.blogspot.com

Ciri khas Lovebird Kaca Mata Topeng yaitu dengan ukuran panjang 14,5 cm, dan juga berat 43 sampai dengan 47 gram. Burung lovebird kaca mata topeng yang usianya dewasa ini pada umumnya pada bagian bulu berwarna hijau.

Kemudian di bagian ubun-ubun, dan juga di bagian pipi bagian depan tampak berwarna hitam agak kecoklatan. Sedangkan untuk bulu di bagian kepala lainnya berwarna kehitam-hitaman yang terlihat agak pudar.

Ciri khas Lovebird Kaca Mata Topeng yang lainnya yaitupada bagian kerongkongan berwarna oraney yang kemerahan. Sedangkan untuk bagian atas dada dan kerah di sekeliling leher warnanya kuning.

Pada bagian bulu ekor juga terlihat warna hijau, lingkar pada sekeliling mata yang warna putih. Sedangkan untuk bagian paruh berwarna merah. Dan bagian iris berwarna cokelat, kaki berwarna abu-abu.

Burung lovebird kaca mata topeng yang usianya masih muda yaitu pada bagian bulunya berwarna lebih muda dari pada dengan bulu burung dewasa.

Khususnya untuk bagian kepala dan juga pada pangkal paruh bagian atas ada bercak berukuran kecil yang berwarna hitam.

Daerah Persebaran Lovebird Kaca Mata Topeng

Untuk daerah persebaran dari burung Lovebird Kaca Mata Topeng ini berada di Tanzania Utara dan di bagian Tengah.

Lovebird kaca mata ini merupakan lovebird yang mudah untuk dikembangkan. Lalu untuk lovebird yang berjenis kelamin jantan dan lovebird betina ini relatif sulit untuk dibedakan. Kemudian untuk warna mutasi lovebird kaca mata topeng ini yaitu lovebird kaca mata topeng warna biru.

Love Bird Kaca Mata Topeng ini sebenarnya asalnya berasal dari timur laut Tanzania dan jenis burung ini di budidayakan di Burundi serta di Kenya.

Perilaku Lovebird Kaca Mata Topeng

Perilaku Lovebird Kaca Mata Topeng
warna-warni-lovebird.blogspot.com

Mutasi biru pada mulanya dijumpai pada burung liar sekitar tahun 1920 serta mutasi yang paling awal pada jenis Lovebird. Mutasi lain itu merupakan hasil dari penangkaran yang selektif. Misalnya saa seperti Biru Kobalt yang berikutnya bermutasi menjadi ungu muda atau hitam.

Mutasi warna terdapat berbagai macam, seperti warna biru, kobalt, ungu muda, ungu, lutino (ino) serta warna Albino. Pada umumnya, burung ini hidup di padang rumput dan Pohon Baobab.

Yang mana, pohon tersebut menyediakan celah celah lubang pohon untuk dijadikan sarang serta tempat untuk berkembangbiak. LoveBird Kacamata Topeng ini akan menyusun sarang dengan menggunkan bahan sarang yang diangkut dengan paruhnya pada rongga pohon untuk digunakan membuat sarang.

Sedangkan untuk telurnya berwarna putih yang mana jumlahnya 4 sampai dengan 5 butir. Betina akan mengerami telur kurang lebih selama 23 hari. Lalu, untuk anakan lovebird tersebut meninggalkan sarang kurang dari 42 hari sesudah menetas.

Jika burung ini dirawat dengan sebaik mungkin, maka akan menghasilkan burung yang memiliki suara kicauan yang berkualitas.

Tinggalkan Komentar