Ciri Khas Burung Bidadari Endemik dari Maluku Utara

Burung Bidadari adalah salah satu jenis burung berparas cantik yang pantas dijuluki sebagai burung genit yang asalnya dari Maluku Utara. Nama lain dari burung endemik Maluku yang cantik ini tyaitu Semioptera wallacii. Ciri khas burung bidadari pastinya memiliki tubuh yang indah dan cantik.

Burung bidadari juga merupakan salah satu jenis burung Cenderawasih adalah burung yang mempunyai bulu yang indah seperti halnya bidadari. Selain itu, burung ini juga mempunyai gerak tarian yang sangat indah dan terkesan genit, terlebih lagi ketika burung ini sedang merayu pasangannya.

Akan tetapi, perlu anda ketahui jika burung bidadari (Semioptera wallacii) yang endemik Maluku Utara ini keberadaannya semakin hari semakin langka. Walauoun oleh IUCN Redlist burung ini hanya dikategorikan sebagai Least Concern. Kenyataannya, di lapangan burung yang memiliki bulu indah seperti bidadari ini sudah semakin jarang ditemui.

Burung cantik yang sudah memiliki paras cantik ini merupakan anggota famili Paradisaeidae (Cenderawasih). Kemudian juga termasuk satu-satunya anggota genus Semioptera.

Ciri khas Burung Bidadari

Ciri khas Burung Bidadari
kitabisa.com

Ciri khas burung bidadari ini yaitu badannya yang berukuran sedang, yaitu kurang lebih sekitar 28 cm. Kemudian ciri khas burung bidadari yang lainnya yaitu pada bagian bulu berwarna coklat kehijauan zaitun.

Burung bidadari yang jenis kelaminnya jantan mempunyai ciri khas berupa mahkota yang warna ungu dan ungu-pucat mengkilat. Kemudian ciri khas burung bidadari yang jantan juga bisa dilihat dengan adanya warna hijau zamrud yang ada pada bagian dadanya.

Ciri khas burung bidadari yang berjenis kelamin betina yaitu berukuran lebih kecil dengan warna cokelat zaitun. Selain itu, burung ini juga memiliki ekor yang lebih panjang jika dibandingkan burung yang berjen is kelamin jantan.

Ciri khas burung Bidadari (Semioptera wallacii) yaitu mempunyai dua pasang bulu putih yang panjang yang keluar menekuk dari bagian sayapnya. Bulu ini bisa ditegakkan mauoun diturunkan berdasarkan keinginan dari burung ini.

Perilaku Burung Bidadari

Burung genit yang berasal dari Maluku Utara yang juga populer disebut dengan weak-weka ini memakan serangga, antropoda, serta makan berbagai macam jenis buah-buahan. Burung yang berjenis kelamin jantan ini bersifat poligami.

Kegenitan burung bidadari ini bisa tampak terutama saat musim kawin. Burung jantan akan memamerkan kecantikan bulu dan bentang sayapnya dan juga kegenitan dengan cara menari untuk merayu dan menarik perhatian betinanya.

Burung Bidadari yang berjenis kelamin betina ini akan menghampiri serta emilih satu pejantan yang dinilai paling indah tarian serta bentangan sayapnya.

Persebaran, Habitat, dan Populasi

Burung Bidadari
bkd.malutprov.go.id

Burung bidadari menjadi jenis Cenderawasih yang tersebar di kawasan paling barat. Burung ini dapat ditemui di pulau Halmahera serta Bacan yang ada di Maluku Utara.

Habitat dari burung bidadari ini diantaranya berada di hutan Tanah Putih, gunung Gamkonora, dan hutan Domato (Halmahera Barat). Selain itu juga ada di hutan Labi-labi yang ada di area Taman Nasional Aketajawe serta ada di hutan Lolobata (Halmahera Timur).

Populasi burung Bidadari (Semioptera wallacii) belum diketahui secara pasti, akan tetapi yang jelas mengalami penurunan. Penurunan populasi juga disebabkan oleh perburuan liar untuk menangkap burung Bidadari jantan yang memiliki bulu yang indah.

Burung yang memiliki tingkah yang genit dan berbulu indah seperti bidadari ini semakin hari semakin langka dan sulit ditemukan. Jadi, dilarang untuk memburu jenis burung ini apabila ada yang melihatnya di alam liar.

Tinggalkan Komentar