Home » Kabar Burung » Mengetahui Ciri Khas Burung Gelatik Putih Jantan dan Betina

Mengetahui Ciri Khas Burung Gelatik Putih Jantan dan Betina

Salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara dan juga sudah populer di kalangan para pecinta burung kicauan yaitu burung Gelatik. Burung Gelatik merupakan jenis burung kicauan yang bertubuh mungil dan memiliki jenis yang beraneka macam.

Salah satu jenis burung Gelatik yang banyak diketahui yaitu burung Gelatik Jawa atau burung Gelatik Belong. Akan tetapi, selain jenis burung tersebut ada satu lagi jenis burung Gelatik yang unik dan juga terlihat sangat cantik, diantaranya yaitu burung Gelatik Putih.

Ciri Khas Burung Gelatik Putih

ilmubudidaya.com

Ciri khas burung Gelatik Putih ini yaitu warna bulunya yang tampak putih, bersih dan cantik sekali. Burung Glatik Putih ini juga memiliki keunikan tersendiri lantaran penampilan fisiknya yang sangat cantik dengan warna bulu dominan putih polos.

Akan tetapi, untuk sekarang ini burung Gelatik Putih merupakan dalam kategori burung yang sudah langka dan susah mencarinya dipasar burung. Sebab sangat susah untuk diproduksi secara masal.

Ciri khas burung Gelatik Putih ini memang lain dengan burung Gelatik Belong atau Gelatik Lokal Jawa. Sebab Gelatik jawa memiliki corak khas yang memiliki warna abu-abu dan juga warna hitam yang ada pada bagian kepalanya.

Sedangkan untuk burung Gelatik Putih sama sekali tidak memilikinya. Bahkan untuk bagian tompel pipi berwarna putih yang pada umumnya dimiliki oleh jenis burung Gelatik, untuk burung Gelatik Putih ini tidak memiliki.

Mungkin bagian tersebut juga sudah tersamarkan atau tidak terlihat karena bercampur dengan waran bulunya yang sangat putih dan bersih.

Penggemar burung finch ada yang mengatakan, jika burung Gelatik Putih ini berasal dari gelatik belong lokal yang telah mengalami mutasi genetika.

Ciri khas burung Gelatik Putih yang cantik dan bersih ini memang banyak menarik perhatian para pecinta burung kicauan.

Ciri Khas Burung Gelatik Putih Jantan dan Betina

masterkicau.net

Untuk jenis burung Gelatik ini merupakan salah satu jenis monomorf. Hal ini disebabkan karena antara burung Gelatik yang berjenis kelamin jantan dan betina mempunyai morfologi yang sana.

Walaupun juga sudah diketahui ada sedikit ciri khas burung Gelatik Putih yang bisa dipergunakan untuk dijadikan sebagai pembeda.

Sebab, burung ini tergolong jenis burung yang langka, maka untuk harganya bisa dipastikan kan terus merambat naik. Sedangkan untuk cara untuk mengetahui ciri-ciri yang membedakan jantan dan betina adalah sebagai berikut,

Ciri Khas Burung Gelatik Putih Jantan

  • Mempunyai badan yang lebih besar dan terlihat tegap.
  • Mata juga terlihat lebih terang dari pada dengan yang betinanya.
  • Pangkal paruhnya juga berwarna merah tua.
  • Mempunyai banyak variasi suara.

Ciri Gelatik Putih Betina

  • Tubuhnya lebih kecil jika dibandingkan dengan pejantan.
  • Warna paruhnya merah muda.
  • Memiliki satu jenis suara, hanya dapat mengeluarkan suara yang terdengar tik.. tik.. tik.

Untuk anda semua yang ingin memelihara burung Gelatik Putih atau menangkarkan burung ini caranya tidak berbeda dengan burung Gelatik pada umumnya. Burung ini termasuk burung pemakan biji-bijian.

Makanan burung Gelatik Putih ini bisa berupa gabah/padi, jemawut, milet atau bisa juga memakan kenari seed.

Jika anda semua ingin menangkarkan burung ini, maka anda harus bisa memilih indukan jantan dan betina yang berkualitas supaya hasil anakan dari ternak tersebut kualitasnya bisa unggulan.

Selain itu, anda juga harus selalu memperatikan masalah kandang, perawatan sehari-hari, pemberian pakan tambahan dan lain sebagainya. Sebab, semua itu sangat menentukan keberhasilan dari pemeliharaan jenis burung ini.

Tinggalkan Komentar