Mengetahui Cara Mendeteksi Power Cendet Saat Masih Piyik

Setiap pecinta burung cendet pastinya ingin mendapatkan burung cendet dengan power tembus. Karena, power termasuk salah satu syarat mutlak pada penilaian juri supaya bisa memperoleh bendera nominasi yang ada di lapangan.

Mendeteksi power cendet pada waktu usianya sudah dewasa merupakan persoalan yang mudah. Namun, untuk mendeteksi power cendet saat masih piyik pastinya dinilai sangat sulit. Biasanya para pencetak cendet hanya memberikan penilaian pada katuranggannya atau mengenai ower masih spekulatif.

Cara Mendeteksi Power Cendet saat Masih Piyik

omkicau.com

Untuk mendeteksi power cendet saat masih piyik memang susah-susah gampang. Maka, harus ada cara khusus agar anda semua bisa jitu dalam memberikan penilaian terhadapnya. Sedangkan untuk cara yang bisa anda pakai yaitu dengan mengamati beberapa hal seperti berikut ini.

1. Paruh Besar, Tebal, dan Lebar

Piyik Cendet yang memiliki bakat power tembus kelak yaitu cendet yang memiliki paruh yang besar, tebal, dan juga dengan bangkal yang lebar. Pada saat masih piyik, tanda-tanda seperti ini dapat dikenali dengan baik. Akan tetapi bagi anda yang masih awam dengan cendet piyik, mungkin akan sulit untuk dikenali. Sebab, kondisi paruh yang masih kuning serta belum terbentuk dengan baik.

Guna mengetahui hal tersebut dengan jelas, maka bandingkan antara satu cendet piyik dengan cendet piyik yang lainnya. Cendet piyik yang memiliki paruh yang besar, tebal, serta pangkal yang lebar, akan tampak dengan jelas. Pangkal paruhnya yang masih kuning akan tampak begitu lebar, bahkan lebih lebar jika dibandingkan dengan burung cendet piyik lainnya.

Pada saat cendet piyik ini umurnya sudah di atas satu bulan, pastinyaAnda akan lebih mudah dalam mengenalinya. Terlebih lagi apabila cendet piyik tersebut sudah mulai mau nyalin bulu. Pastinya tanda paruh yang bagus seperti ini telah tampak dengan baik. Sebab, pada usia tersebut, paruh Cendet telah terbentuk dengan baik seperti paruh Cendet dewasa. Jadi, bisa memungkinkan anda dapat mengenalinya dengan baik.

2. Sobekan Paruh Hingga Bawah Mata

hewanpeliharaan.org

Cendet piyik yang memiliki power yang keras nantinya juga ditandai dengan kondisi sobekan paruh yang lebar. Bahkan bisa sampai ke bawah mata. Ciri ini juga merupakan pertanda jika burung cendet piyik ini nantinya akan buka paruh dengan maksimal pada saat berkicau. Maka dari itu, anda bisa memilih Cendet dengan kondisi sobekan paruh yang lebar hingga ke bawah mata.

3. Lubang Hidung Besar

Tak hanya bentuk serta sobekan paruh, perhatikan juga kondisi lubang cendet piyik Anda. Cendet dengan lubang hidung yang lebar, memiliki tendensi yang sangat kuat untuk memiliki power yang keras nantinya. Jadi, untuk mendeteksi power cendet saat masih piyik sebaiknya anda memilih yang memiliki lubang yang besar.

4. Dengarkan Pada Saat Berbunyi

Cendet piyik yang sudah dirasa cukup besar dan bisa nangkring, pada umumya akan berbunyi seperti “toet” yang diulang sampai beberapa kali seperti halnya cendet dewasa.

Pada saat burung Cendet piyik sudah mengeluarkan bunyi yang seperti itu, perhatikan dengan saksama. Bunyi “toet” yang dikeluarkan tersebut dapat menjadi tendensi pada kualitas powernya di hari yang selanjutnya. Apabila terdengar keras serta pekak di telinga, bisa jadi nantinya pada saat dewasa, cendet tersebut dapat memilki power yang keras.

Kemudian, apabila suaranya terdengar kecil dan cempreng, besar kemungkinan kelak powernya tidak akan seberapa. Bahkan juga bisa sangat tipis, yang menjadikannya kurang cocok apabila dijadikan sebagai burung lomba.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar