Mengenal Burung Jalak Mandarin Si Super Cerewet

Burung jalak sampai dengan saat ini memang masih diminati oleh sebagian besar masyarakat, terlebih lagi para pecinta burung.

Burung jalak sendiri terdapat banyak sekali jenisnya sehingga para pecinta burung bisa menyesuaikan keinginan untuk memelihara jenis burung jalak apa.

Dan untuk jenis burung jalak yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah burung jalak mandarin.

Jalak mandarin sendiri memiliki ukuran tubuh yang mana lebih besar dan juga lebih panjang dibandingkan dengan jenis jalak yang lainnya. Dan memang bisa dibilang fisiknya tergolong besar.

Selain itu jalak mandarin ini juga bisa dibilang merupakan burung jalak yang mana memiliki oktaf yang paling tinggi dan juga melengking.

Keunikan tersebut yang membuat jalak mandarin ini banyak diminati oleh sebagian besar pecinta burung.

Ciri Fisik Burung Jalak Mandarin

Jalak mandarin ini sendiri memang hampir menyerupai jenis jalak suren. Keduanya hanya dibedakan dengan bulu kepala dan juga dagunya, yang mana jalak mandarin ini semuanya berwarna putih.

Jalak mandarin yang sudah dewasa memiliki warna hitam yang mana melingkar pada bagian mantel sampai dengan lehernya.

Untuk bulu pada sayapnya sendiri juga didominasi dengan warna hitam sampai pada bagian ekornya, sedangkan untuk warna bulu dadanya sampai dengan penutup bulu ekor memiliki warna putih.

Untuk paruh dan juga kakinya sendiri memiliki warna hitam keabu – abuan.

Sedangkan untuk matanya terdapat warna kuning yang melindkar dengan garis mata yang berwarna kekuning – kuningan.

Jika dibandingkan dengan jenis jalak lain, bentuk fisik dari jalak mandarin ini bisa dibilang lebih tegak dan juga tampak lebih gagah, selain itu untuk bagian dadanya juga terlihat lebih bidang.

Dan untuk jalak mandarin yang masih muda, ciri fisiknya sendiri adalah memiliki bulu yang berwarna kecokelatan pada bagian dagu sampai dengan batas dada burung.

Dan untuk keunikannya sendiri adalah sifat liarnya dapat melebihi burung dewasa dan hal tersebut memang bisa menjadi suatu kendala di dalam perawatannya pada tahap awal.

Habitan Dan Pakan Alami Burung Jalak Mandarin

Pada alam bebas, burung jalak mandarin ini hidup di kaki bukit ataupun daerah yang mana memiliki dataran tinggi dan tanahnya membentuk suatu kemiringan.

Di samping itu, lingkungan tersebut merupakan suatu hutan yang mana agak lebat serta terdapat suatu sumber air yang dangkal.

Walaupun jalak mandarin  ini mencari kebutuhan hidupnya pada beberapa pohon, namun jalak mandarin ini selalu berada pada permukaan tanah.

Sedangkan untuk pakan alami dari jalak mandarin ini adalah suatu jenis serangga yang besar seperti kupu – kupu dan juga belalang.

Di dalam musim perkembang biakan, ranting kayu dan juga rumput kering menjadi bahan utama dalam membuat sarang.

Pada umumnya jenis dari pohon palemlah yang menjadi pilihan dari burung ini untuk bersarang.

Di dalam satu kali musim berkembang biak, burung ini mampu bertelur 3 sampai dengan 4 butir dan juga sangat jarang terjadi kegagalam dalam pengeramannya.

Perbedaan Burung Jalak Mandarin Jantan Dan Betina

Seperti halnya jenis burung yang lain, jalak mandarin ini terdiri dari dua jenis yaitu betinda dan jantan.

Untuk jalak mandarin jantan sendiri memiliki kepala yang lebih besar, kemudian bulu yang mengalung pada lehernya memiliki warna yang lebih cerah, kemudian untuk tubuhnya sendiri lebih gempal dan juga ekornya lebih panjang.

Sedangkan untuk jalak mandarin betina, memiliki kepala yang lebih kecil dan untuk bulu yang mengalung pada lehernya tampak lebih kusam, sedangkan untuk tubuhnya relatif lebih kecil dan memiliki ekor yang lebih pendek.

Jalak mandarin jantan ataupun betina memang bisa berkicau, namun untuk jenis jalak mandarin jantan bisa dibilang lebih rajin.

Tetapi ciri tersebut hanyalah terlihat pada jalak mandarin yang dewasa, sedangkan untuk jalak mandarin yang masih muda bisa diperkirakan dari ukuran kepala dan juga panjang fisiknya.

Daya Tarik Burung Jalak Mandarin

Burung jalak mandarin memang memiliki daya tarik tersendiri yaitu dapat menyarakan secara baik dari kicauan yang ditirukannya.

Bahkan untuk suara yang mana dikicaukannya dapat lebih baik dibandingkan kicauan burung yang aslinya. Selain itu juga terdapat beberapa daya tarik lainnya, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Yang pertama adalah merupakan seekor burung peniru kelas tinggi yang mana vokal suara dari jalak mandarin tersebut terbentuk seperti poksai hitam dan juga robin yang berasal dari Cina. Dengan demikian, jika jalak mandarin tersebut menirukan suara dari burung tersebut, maka nantinya suara yang ditirukannya akan sama. Jika rajin dilatih, maka jalak mandarin yang masih anakan tersebut dapat mengoceh seperti burung beo.
  • Kemudian yang kedua adalah dapat ditampilkan di dalam suatu kontes, kriteria dari suaranya memang belum memungkinkan untuk bisa mendapatkan nilai yang baik. Tetapi dengan kemampuannya di dalam menirukan suara burung yang lain, maka kombinasi dari suara asli dengan suara dari burung yang ditirukan tersebut bisa menunjang penampilannya di dalam kontes tersebut. Dan agar jalak mandarin tersebut bisa tampil lebih baik di dalam kontes tersebut, maka paling tidak harus mampu mengicaukan 5 sampai dengan 7 jenis suara dari burung lain.

Petunjuk Pembelian Burung Jalak Mandarin

Karena beberapa daya tarik tersebut, maka tak heran jika jalak mandarin sangat diminati oleh para pecinta burung. Namun jika Anda ingin membeli burung tersebut, maka sebaiknya memperhatikan beberapa petunjuk pembelian.

Tingkat usia dari jalak mandarin tersebut memang sangat berpengaruh pada proses perawatannya. Dan juga daya serap di dalam menirukan suara dari jenis burung yang lainnya.

Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Di dalam mencari jalak mandarin, maka Anda harus mengetahui seperti apa ciri bakalan yang baik. Contohnya saja seperti masih sehat, kemudian muda dan juga tidak mengalami cacat fisik. Selain itu juga bisa memiliki burung yang mana memiliki kepala tampak besar. Kemudian dada yang bidang, mata yang bersinar dan juga badan tampak panjang.
  • Kemudian untuk kisaran harganya sendiri memang tergolong masih murah dibandingkan dengan burung import yang lainnya. Harga tersebut juga tergantung dari kualitas jalak mandarin itu sendiri.

Petunjuk Perawatan Burung Jalak Mandarin

Setelah membeli burung jalak mandarin tersebut, maka ada baiknya jika Anda juga memperhatikan petunjuk perawatannya. Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Untuk sangkar dan juga perlengkapannya sendiri, maka Anda perlu memberikan sangkar yang tepat. Yaitu pilih jeruji yang lebih kecil dan juga agak rapat agar nantinya pangkal paruhnya tidak mudah terluka. Kemudian berikan juga sebuah tenggeran dan juga tempat minum dan tempat pakan pada sangkar burung tersebut.
  • Kemudian untuk penempatan sangkarnya sendiri sebaiknya tidak perlu terlalu tinggi. Dan untuk jalak mandarin yang masih muda, maka sebaiknya berikan tutup di bagian atas. Agar burung tersebut tidak selalu melihat pada bagian atas sangkar seperti akan mencari jalan keluar. Dan untuk sangkar burung yang masih liar, maka ada baiknya tidak digantung. Namun tempelkan pada dinding dan usahakan untuk tidak saling melihat dengan burung yang lainnya agar burung tersebut lebih tenang.

Tinggalkan Komentar