Mengetahui Cara Menambah Nafsu Makan pada Burung Merpati

Memiliki burung merpati yang sehat dan gemuk pastinya adalah hal yang diinginkan tiap pemelihara merpati. Karena akan menyenangkan pada saat melihat merpatinya sehat dan aktif. Akan tetapi, ada saatnya merpati mengalami penurunan nafsu makan karena berbagai penyebab. Maka dari itu, anda harus mengetahui cara menambah nafsu makan pada burung merpati tersebut.

pertanianku.com

Cara Menambah Nafsu Makan pada Burung Merpati

Untuk anda semuanya yang menjumpai burung merpati peliharaan anda yang nafsu makannya kurang, anda bisa mengatsi dengan menggunakan cara seperti berikut ini;

1. Ramuan Lengkuas

Untuk pembuatan ramuan lengkuas ini bahan yang bisa anda gunakan yaitu tiga jari rimpang lengkuas – 50 mililiter air matang. Untuk pembuatannya anda bisa mencuci lengkuas bersih kemudian diparut, dan ditambah air dan diperas. Air perasan bisa diminumkan untuk burung merpati tiga kali sehari satu sendok makan. Anda bisa melakukannya ini sebelum makan selama dalam waktu beberapa hari.

2. Ramuan Daun Pegagan

Ramuan ini bisa anda buat dengan bahan seperti satu genggam daun pegagan – dua gelas air. Untuk membuatnya, daun pegagan dicuci bersih selanjutnya ditambah air dan direbus dalam keadaan tertutup sampai mendidih sampai tinggal setengahnya. Dan sesudah dingin, air tersebut bisa disaring.

Air saringan bisa diminumkan untuk burung merpati satu sendok sehari. Anda bisa melakukan ini selama beberapa hari. Tak hanya direbus, daun pegagan segar juga dapat dikunyahkan dengan dipotong kecil serta tambah ke pakannya. Anda bisa mengambil sebanyak 15-30 gram daun pegagan yang segar.

3. Ramuan Daun Pepaya

Untuk menambah nafsu makan merpati anda bisa membuat ramuan daun pepaya dengan menggunakan satu helai daun pepaya, garam dapur secukupnya dan juga setengah gelas air matang.

Sesudah daun pepaya dicuci bersih, lumatkan daun pepaya selanjutnya tambahkan air dan garam. Kemudian peraslah sampai keluar airnya. Lalu, air perasan bisa diminumkan sekaligus. Lebih baik air perasan tersebut diminumkan pada burung merpati pada pagi hari. Meramunya juga bisa pada saat pagi hari. Anda bisa melakukan hal ini selama beberapa hari.

4. Ramuan Temulawak

Siapkan dua jari rimpang temulawak, 2 jari rimpang lengkuas, setengah genggam daun meniran dan juga dua gelas air. Untuk pembuatannya sebelumnya bahan bisa dicuci bersih. Sesudah itu anda bisa memotongnya kecil-kecil lalu memasukkan dalam wadah.

Lalu anda bisa menambahkan air dan rebuslah sampai mendidih selama 15 menit. Biarkan sampai dingin, selanjutnya larutan bisa disaring. Minumkan pada burung merpati dua kali sehari setengah sendok, lakukan hal tersebut selama beberapa hari.

5. Memberikan Kacang Tanah

Pemberian makanan seperti kacang tanah untuk burung merpati ini termasuk salah satu hal yang dapat dilakukan supaya burung merpati nafsu makannya bertambah. Dan ini merupakan makanan spesial untuk burung merpati. Karena pada umumnya makanan burung merpati berupa jagung untuk dijadikan sebagai makanan utama.

Walaupun jagung juga telah mengandung protein yang cukup tinggi, dengan menambahkan protein ekstra dalam kandungan kacang tanah sangat baik untuk burung merpati. Selain itu, kacang tanah biasanya juga sangat disukai oleh burung merpati. Sebab, memiliki protein yang tinggi.

6. Berikan Kacang Hijau

duniahobi.org

Cara menambah nafsu makan pada burung merpati bisa anda lakukan dengan memberikan kacang hijau. Jenis makanan seperti kacang hijau ini sangat baik untuk burung merpati. Selain bermanfaat untuk mempercepat nafsu makan serta untuk penggemukan burung merpati, jenis makanan ini juga bermanfaat agar burung merpati subur serta cepat bertelur.

Kandungan protein yang dinilai cukup tinggi di dalam biji kacang hijau dan ukurannya yang kecil pada umumnya disukai oleh burung merpati secara alami.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.