Mengetahui Beragam Manfaat Kencur Untuk Burung Kicauan

Banyak tanaman yang bermanfaat bagi burung kicauan. Salah satunya yaitu kencur. Ternyata kencur tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia saja. Akan tetapi, manfaat kencur untuk burung kicauan ini juga beragam.

Tanaman obat yang merupakan jenis temu-temuan (Zingiberaceae) ini kerap sekali digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit burung kicau.

Perlu anda ketahui, ternyata kencur mempunyai nama yang pada setiap daerah dan negara. Tanaman kencur sendiri termasuk salah satu nama tanaman obat yang sering digunakan di daerah Jawa.

Tak hanya mempunyai nama yang beraneka ragam saja, akan tetapi tanaman jenis umbi-umbian berupa kencur juga sering dipakai untuk berbagai masakan tradisional dan juga sebagai bahan Jamu di Indonesia.

Jika dipergunakan untuk masakan, pada umumnya manfaat kencur untuk burung kicaan ini bisa untuk menambah nafsu makan. Oleh sebab itu, kencur sering diberikan kepada anak-anak. Seperti halnya pada jamu.

Pada umumnya, tanaman kencur ini juga selalu dipadukan dengan beras untuk membuat jamu beras kencur. Kombinasi dari dua bahan tersebut banyak mengandung vitamin B yang bisa merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar. Selain itu juga dapat menyembuhkan penyakit maag (bila dikonsumsi dengan cara rutin).

Manfaat Kencur Untuk Burung Kicauan

klanggenan.com

Selain itu, di dalam tanaman kencur juga terdapat kandungan minyak atsiri dan alkaloid yang dapat memberikan rasa hangat. Manfaat kencur untuk burung kicauan yaitu bisa menjernihkan suara kicau burung.

Tak hanya dua manfaat tadi, kencur juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit burung.

Berikut 5 manfaat kencur untuk burung kicauan terutama untuk mengobati berbagai penyakit:

  • Membantu menghilangkan lendir atau menghilangkan dahak pada burung
  • Membantu untuk menguatkan pernapasan burung
  • Menguatkan pita suara burung
  • Mengobati radang tenggorokan
  • Menjaga kondisi dan kesehatan juga burung kicauan
  • Manfaat kencur untuk burung kicauan memang begitu banyak. Namun berbagai macam manfaat tersebut bisa didapatkan jika kencur tersebut diberikan pada burung kicauan dengan cara yang baik dan benar.

Cara Pemberian Kencur pada Burung Kicauan

infosehat.co.id

Kencur juga bisa diberikan ke burung dengan melalui dua cara, diantaranya melolohkan kencur langsung kepada paruh burung. Ada juga yang memberikannya dengan dicampur pada air minum burung kicauan peliharaan anda.

Meloloh Kencur Ke Paruh Burung

Sebelum anda semua melolohkan kencur ke paruh burung, sebaiknya anda juga memastikan dulu jika burung peliharaan anda itu termasuk burung yang sudah jinak. Sebab, untuk cara ini jarang dilakukan untuk jenis burung kicauan, selain burung perkutut.

Untuk memberikan kencur ini kepada burung kicauan caranya yaitu kulit kencur dikupas terlebih dulu. Selanjutnya kencur dipotong kecil-kecil ukurannya sebesar kacang hijau atau voer.

Dam sesudah itu, anda bisa melolohkan potongan kecil kencur pada burung, 2 sampai dengan 3 butir di setiap seminggu sekali.

Dicampur Di Air Minum Burung

Lain halnya dengan anda melolohkan kencur secara langsung untuk burung kicauan, jika kencur dicampur pada air minum, maka akan lebih aman dan tidak menjadikan burung tersebut stres.

Untuk cara mencampurkannya sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Anda dapat mengupas terlebih dulu kulit kencur. Dan setelah itu kencur diparut atau bisa juga dikeprok.

Selanjutnya, kencur tersebut dicampur dengan sedikit air dan direbus sampai matang. Untuk cara yang selanjutnya, air rebusan tadi bisa disaring serta disimpan di dalam lemari es.

Dan sesudah dingin seperti air minum biasa, bisa anda langsung memberikannya pada burung.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar