Mengetahui Aneka Manfaat Wortel Bagi Burung Kicauan

Burung kicauan yang suka memakan aneka ragam sayuran dan buah-buahan tentunya harus diperhatikan dan dicukupi jenis makanan yang mengandung banyak sekali nutrisi.

Hal ini dilakukan supaya nutrisi yang ada di sayuran tersebut dapat melindungi atau menjaga burung kicauan dari berbagai macam penyakit. Tak hanya itu saja, sayuran yang dimakan burung juga memiliki banyak manfaat, terlebih lagi untuk memperbaiki kualitas kicauannya.

Dan untuk salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan juga bisa dikatakan aman dikonsumsi oleh burung kicauan yaitu wortel. Manfaat wortel bagi burung kicauan ini cukup banyak, sama halnya dengan manfaat pada manusia.

Kandungan Nutrisi Pada Wortel

Wortel
freefoodphotos.com

Bagi manusia, wortel tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan pandangan mata saja, akan tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, mencegah sakit kanker, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Berbagai macam manfaat yang terdapat pada Wortel yang dinikmati oleh masyarakat ini disebabkan oleh kandungan nutrisi yang ada di wortel. Diantaranya yaitu Vitamin (A, B1 B2, B3, B6, B9, dan C), kalium, fosor, zat besi, kalsium, magnesium, dan sodium.

Manfaat Wortel Bagi Burung Kicauan

Manfaat Wortel Bagi Burung Kicauan
omkicau.com

Kandungan nutrisi yang ada pada wortel tersebut juga baik sekali untuk dinberikan pada burung kicauan yang anda pelihara. Burung kicauan pemakan sayuran dan buah-buahan memang begitu dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur Wortel.

Wortel ini bisa dijadikan sebagai pakan harian maupun untuk selingan yang pemberiannya dapat anda berikan beberapa kali dalam seminggu. Sedangkan untuk ragam manfaat wortel bagi burung kicauan adalah sebagai berikut:

Memperindah Warna Bulu Burung

Burung kicauan seperti halnya Kenari dan Lovebird apabila anda berikan wortel sangat akan sangat bermanfaat. Terlebih lagi untuk menjaga dan memperindah warna bulunya.

Kualitas bulu dari burung kicauan yang suka makan Wortel tidak akan mudah yterlihat pudar dan kusam. Hal ini disebabkan dalam wortel memiliki kandungan karoten yang bisa untuk mempertahankan warna bulu yang ada pada burung kicauan.

Menjaga Kesehatan Mata Burung

Dan untuk menjaga kualitas penglihatan burung kicauan supaya tidak mengalami rabun sebaiknya anda rutin memberikannya pakan wortel. Sebab, di dalam wortel ini sangat kaya dengan kandungan Vitamin A yang bisa mencapai 50%.

Banyaknya kandungan Vitamin A yang ada pada Wortel ini bisa menjadikan mata burung kicauan anda terhindar dari ragam penyakit mata. Diantaranya seperti bengkak, katarak, serta penyakit belekan.

Menjaga Kesehatan Organ Tubuh Burung

Burung kicauan yang sering memakan wortel rupanya tak hanya terjaga matanya dari kebutaan. Akan tetapi, manfaat wortel bagi burung kicauan juga bisa untuk menjaga organ tubuh yang lainnya.

Sebab, di dalam wortel ini mengandung nutrisi yang bagus untuk menguatkan tulang, bulu, dan bagian yang lainnya. Sehingga, apabila burung kicauan memakan wortel maka tubuh burung itu akan sulit terserang penyakit. Meskipun sedang berada dalam cuaca yang tidak mendukung.

Pemberian Wortel Untuk Burung

Anda dapat memberikan wortel tersebut langsung dengan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Selain itu bisa juga anda memasaknya agar kontur dagingnya menjadi lebih lembut untuk memudahkan burung untuk makan.

Supaya bisa tahan lama, anda bisa mengubahnya menjadi tepung wortel. Manfaat tepung wortel bagi burung kicauan juga sangatlah banyak. Namun, sebelum mengolahnya anda harus mencuci dengan bersih. Atau anda bisa memberikan wortel yang segar, yang mana nutrisinya kjumlahnya masih banyak.

Tinggalkan Komentar