Mengenal Perilaku Burung Tuwu, Jenis Burung Yang Penuh Misteri

Burung Tuwu atau Kulik (Eudynamys scolopaceus) adalah salah satu jenis Cuckoo yang merupakan dalam keluarga Cuculidae. Habitatnya juga dapat dijumpai di Asia Selatan, China, dan juga di Asia Tenggara, seperti halnya di Indonesia.

Sama halnya dengan burung Cuckoo atau burung Kedasih, burung Tuwu juga dikenal sebagai burung parasit. Perlilaku burung Tuwu ini juga dikenal berani menitipkan telur mereka di sarang burung predator lain seperti gagak atau burung berukuran besar lainnya.

Dan pada saat usainya sudah dewasa, burung Tuwu lebih gemar memakan buah-buahan sebagai makanan utamanya. Kemudian, untuk jenis serangga hanya dijadikan sebagai pakan selingan.

Ciri Khas Burung Tuwu (Eudynamys scolopaceus)

Ciri khas dari burung Tuwu ini untuk postur tubuhnya memang terlihat lumayan besar, yaitu sekitar 39 sampai dengan 46 cm, dengan bagian ekornya yang panjang. Burung yang berjenis kelamin jantan juga mudah dibedakan dari burung betina.

Untuk warna tubuh burung yang berjenis kelamin jantan ini yaitu berwarna hitam kebiruan mengkilap. Kemudian untuk burung yang berjenis kelamin betina ini berwarna kecokelatan dan juga berbintik putih.

macaubiodiversity.org

Di Indonesia, burung Tuwu juga dianggap sebagai burung penuh misteri seperti halnya burung Kedasih yang mempunyai mitos-mitos tertentu di beberapa daerah. Suara kicauan yang dikeluarkan oleh burung Tuwu ini juga keras dan dapat terdengar sampai beberapa kilometer. Apalagi pada saat malam hari, banyak yang mengartikan juka burung ini sebagai pertanda buruk di lingkungan tersebut.

Keberadaan burung Tuwu di alam liar sudah sangat jarang dijumpai, bahkan juga makin langka. Walaupun sebenarnya tidak termasuk dalam jenis burung yang dilindungi. Mungkin disebabkan banyak warga yang menentang kehadirannya sebab terpengaruh oelh mitos. Dengan demikian banyak sekali orang yang memburunya. Terlebih lagi harga burung ini yang dikatakan lumayan tinggi.

Makanan Burung Tuwu

Tuwu juga merupakan jenis burung omnivora yang suka makan berbagai serangga, ulat, telur burung, dan vertebrata kecil. Akan tetapi, uniknya sesudah dewasa, burung ini justru lebih menyukai buah-buahan untuk dijadikan sebagai makanan yang dipokokkan sehari-hari. Sedangkan untuk yang serangga hanya dijadikan sebagai makanan selingan saja.

Perilaku burung Tuwu di alam liar, untuk burung dewasa sering menjaga pohon buah yang disukainya. Sesudah itu, burung ini akan mengusir burung lain yang mencoba mendekati pohon tersebut.

Perilaku Burung Tuwu

treknature.com

Sebab burung ini memiliki sifat parasit, burung Tuwu tidak pernah membangun sarang dan lebih suka menitipkan telur ke sarang burung lain. Perilaku burung Tuwu yang seperti inilah yang menjadikan penangkarannya menjadi lebih rumit.

Namun, untuk hal ini dapat disiasati dengan memakai telur palsu pada sarang burung. Setelah itu, telur yang dititipkan induk Tuwu betina dapat ditetaskan dengan menggunakan mesin tetas.

Perilaku burung ini biasanya akan dilakukan dengan berpasangan. Awalnya, salah satu indukan akan mengelabui burung gagak yang sudah dikenal licik.

Burung Tuwu yang berjenis kelamin betina akan berada di dekat sarang gagak. Sedangkan yang jantan akan mencoba memanggil gagak. Dengan demikian, burung gagak akan terusik.

Pada saat gagak mengejar Tuwu jantan, kesempatan ini bisa dipakai burung betina yang bersembunyi untuk masuk ke sarang gagak, dan selanjutnya bertelur di sana.

Burung Gagak tidak menyadari perilaku burung Tuwu yang licik itu, bahkan dia rela mengerami telurnya hingga menetas dan meloloh pakan setiap harinya hingga burung itu bisa mencari makan sendiri.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.