Mengenal Ciri Khas Burung Takur Tulung Tumpuk dan Habitatnya

Salah satu jenis burung kicauan yang juga bisa kita jumpai di Indonesia ini adalah burung Takur. Burung Takur merupakan salah satu dari jenis burung yang memiliki paruh yang besar dan juga kuat. Sebab, untuk jenis burung Takur ini memang masih kerabat dekat dengan burung Pelatuk.

Bahkan burung Takur dan burung Pelatuk ini memiliki kebiasaan yang sama, yaitu suka membuat lubang pada pohon untuk membuat sarang. Ciri khas dari burung Takur ini cukup unik jika kita amati. Sebab, burung takur mempunyai susunan jari yang janggal yaitu dua jari ke depan dan dua ke arah belakang.

Jenis burung Takur ini memang bervariasi, ada burung Takur Api, burung Takur Gedang, Takur Tutut. Namun, selain itu ada juga jenis burung takur yang bernama burung Takur Tulung Tumpuk. Ciri khas burung Takur Tulung Tumpuk ini juga mirip dengan burung Takur Api.

Ciri khas Burung Takur Tulung Tumpuk

hbw.com

Burung Takur Tulung Tumpuk (Megalaima javensis) ini merupakan jenis burung yang berasal dari keluarga Ramphastidae. Takur Tulung Tumpuk ini juga merupakan jenis burung endemik dari Indonesia. Jenis burung ini merupakan salah satu spesies burung yang termasuk burung endemik Jawa dan Bali yang sekarang ini berada dalam status hampir terancam.

Black-banded barbet atau Takur Tulung Tumpuk (Megalaima javensis) ini merupakan dalam keluarga Ramphastidae dan masih satu keluarga dengan Takur Bultok maupun Takur Api.

Ciri khas burung Takur Tulung Tumpuk ini memiliki tubuh yang ukurannya agak besar yaitu (26 cm). Yang paling menarik dari tubuhnya yaitu burung ini memiliki bulu yang terlihat berwarna-warni. Jadi sangat indah sekali saat dilihat.

Sedangkan untuk ciri khas burung Takur Tulung Tumpuk selanjutnya yaitu bulu yang usianya sudah memasuki dewasa pada umumnya berwarna hijau polos. Kemudian, untuk mahkotanya berwarna kuning.

Selain itu, pada bagian bawah mata burung Takur Tukung Tumpuk ini terdapat bintik yang berwarna kuning. Pada bagian tenggorokan tampak berwarna merah. Sedangkan di bagian sisi dada terdapat bercak merah.

Kerah hitam yang lebar juga tampak melewati dada pada bagian atas dan sisi kepala sampai pada bagian mata. Untuk setrip yang berwarna hitam yang kedua juga terlihat melewati pada bagian mata. Kemudian pada bagian iris berwarna coklat, paruh hitam, kaki-hijau zaitun suram.

Untuk jenis makanan dari burung Takur Tulung Tumpuk ini adalah buah-buahan, Ficus, dan juga serangga. Sarang burung ini juga berupa lubang yang ada pada pohon.

Untuk telur yang dihasilkan jenis burung ini yaitu berwarna putih, biasanya juga mengeluarkan telur dengan jumlah 2 butir. Lalu untuk berkembangbiaknya yaitu pada saat bulan April, Mei, dan juga pada bulan Desember.

Habitat Burung Takur Tulung Tumpuk

pratapapa81.wordpress.com

Habitat dari burung Takur tulung-tumpuk ini yaitu berada di hutan dataran rendah. Yang mana, daerah tersebut memiliki iklim tropis dan wilayah montane dengan iklim tropis. Ancaman yang paling besar untuk jenis burung ini yaitu burung ini punah karena kehilangan habitat.

Daerah Persebaran Burung Takur Tulung Tumpuk

Daerah persebaran jenis burung ini yaitu berada di kawasan Jawa dan juga di Bali . Takur Tulung Tumpuk juga suka dengan tempat lebih terang dan juga merupakan wilayah yang terbuka.

Burung ini juga tersebar hingga ketinggian 1.500 m dpl. Untuk penyebaran lokal terdapat di hutan primer, yaitu berada di kawasan Gunung Ungaran dan juga berada di Taman Nasional Baluran.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.