Ciri Khas Burung Takur Api dan Perilakunya Di Alam Liar

Burung takur api atau fire-tufted barbet memiliki nama latin Psilopogon pyrolophus memiliki penampilan yang menawan. Untuk warna bulunya sebagian besar didominasi oleh warna hijau. Yang mana pada tubuh bagian atas hijau tua dan kemudian pada bagian bawah berwarna hijau muda.

Ciri khas burung takur api pada bagian leher terdapat kalung kuning yang tampak cantik. Pada kedua pipinya juga berwarna kelabu, serta paruhnya berwarna hijau pupus dengan garis vertikal warna hitam. Yang paling unik yaitu keberadaan bulu–bulu kecil yang ada di atas paruhnya, yang jarang dijumpai pada jenis burung kicauan yang lainnya.

Ciri Khas Burung Takur Api

Ciri Khas Burung Takur Api
Ciri Khas Burung Takur Api

Ciri khas burung takur api selanjutnya yaitu pada kepalanya berhiaskan dengan warna hitam, hijau, abu-abu, dan juga warna ungu muda. Burung takur api yang berusia remaja memiliki warna lebih buram yaitu dengan mahkota zaitun.

Untuk bagian iris mata takur api berwarna cokelat. Penampilan burung ini memang tampak unik dengan bagian paruh berwarna hijau-krem dengan garis tengah berwarna hitam, kaki hijau kekuningan.

Pada umumnya ia akan mencari makan diantara tajuk pohon sebab menyukai hutan yang berpohon tinggi. Burung Takur api juga akan bergelantungan pada batang pohon vertikal yang berguna untuk memetik buah, biji serta bunga untuk dimakan.

Persebaran Burung Takur Api

Burung takur api ini juga hanya dapat dijumpai di wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia, dan juga tersebar di pulau Sumatera. Indonesia ternyata memiliki beberapa spesies takur atau burung barbet lainnya.

Diantaranya yaitu burung takur bubutut (Megalaima corvina) serta takur bultok (Megalaima lineata). Dan jenis jenis burung tersebut termasuk burung dilindungi di Indonesia.

Makanan Burung Takur Api

Makanan utama burung takur api yaitu berupa buah-buahan, biji-bijian, tunas, bunga, nektar serta berbagai jenis serangga. Burung barbet yang memiliki ukuran besar malah sering memakan katak pohon, kadal, dan juga memakan burung kecil.

Perilaku Burung Takur Api

Perilaku Burung Takur Api
Perilaku Burung Takur Api

Sama seperti halnya burung pelatuk, takur api akan membuat sarang dan juga akan bertelur dengan cara melubangi batang pohon yang sudah mati.

Pada lubang itulah induk jantan dan juga yang betina akan berkembang biak, sampai akan mengasuh anak-anaknya hingga besar nanti.

Walaupun burung ini termasuk burung yang berukuran kecil, akan tetapi takur api memiliki paruh yang besar dan juga kuat. Karena, burung ini memang kerabat dekat pelatuk dan memiliki kebiasaan yang sama yaitu mematuk matuk atau melubangi pohon untuk bersarang.

Kedua jenis ini juga memiliki susunan jari yang janggal, yaitu dua jari ke depan serta dua ke belakang. Jari tersebut berguna untuk bergantung pada batang pohon vertikal.

Perbedaannya yaitu jika burung pelatuk atau platuk menyukai makanan yang berupa serangga, burung takur memakan buah-buahan, biji, dan bunga, terutama menyukai buah ara yang kecil.

Suara Burung Takur Api

Suara burung ini terdengar sangat unik, jika didengarkan suaranya hampir sama dengan suara belalang pohon atau tonggeret. Kicauannya speed awal yang lambat, akan tetapi lama-lama makin cepat.

Apabila sudah gacor atau rajin bunyi, suaranya terdengar lebih cepat dan panjang sehingga cocok untuk dijadikan isian bagi burung kicauan seperti halnya burung murai batu, cucak hijau, dan juga burung pentet.

Itulah sedikit ulasan mengenai ciri khas burung takur api dan perilakunya di alam liar. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Tinggalkan Komentar